Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang terbukti di baca karena menarik dan sesuai kaidah penulisan lamaran yang baik dan benar.

Tidak semua perusahaan maupun instansi menerima surat lamaran kerja dalam bentuk ketikan, tapi masih banyak juga yang menentukan syarat agar lamaran di tulis secara manual menggunakan pulpen.

Tentu ada maksud tertentu kenapa kita harus menulis sendiri surat lamaran pekerjaan tersebut, inilah pentingnya kita mengetahui bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Alasan Surat Lamaran Kerja Harus Tulisan Tangan

Sebelum kami memberikan cara membuat dan contoh surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, kami akan jawab terlebih dahulu kenapa suatu perusahaan atau instansi memberikan syarat tersebut, agar kita bisa paham dan bisa membuatnya dengan baik dan benar.

Alasan perusahaan memberikan syarat tulis tangan adalah.

  • Tanda kita serius mau bekerja di perusahaan yang kita lamar.
  • Tulisan tangan yang kita buat bisa di gunakan oleh HRD untuk melihat karakter kita, karena ada ilmu tersendiri yang bernama Graphologi untuk mengetahui karakter orang dari tulisannya.
  • Ini menunjukan bahwa kita seorang yang profesional, karena mengikuti prosedur atau instruksi yang ada di lowongan pekerjaan dengan membuat lamaran kerja tulis tangan.

Dari ketiga alasan tersebut, untuk melihat karakter melalui tulisan adalah alasan yang utama, dan ini dilakukan agar lebih efisien, karena perusahaan sudah mempunyai kriteria karakter seperti apa yang diinginkan.

Sehingga HRD hanya memanggil untuk tes selanjutnya hanya berdasarkan isi dari surat lamaran dan karakter pelamar, ibaratnya menyelam sambil minum air atau lebih efisien waktu.

Cara Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Pertama yang harus kita pahami juga adalah, isi dari surat lamaran kerja ini sama saja antara tulis tangan dan ketikan, yang membedakannya adalah dari media tulisnya saja.

Jadi kami tidak akan mengulangi lagi bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, karena kami sudah membuatnya pada artikel tersendiri, silahkan baca disini.

Yang akan kami tekankan disini adalah tentang tulisan yang akan kita buat, yaitu bentuk dan karakter tulisan yang akan kita buat, diantaranya adalah:

  1. Tulisan harus bisa dibaca, jangan menulis surat lamaran dengan tulisan yang hanya kita saja yang paham, tapi pastikan tulisan kita bisa di baca oleh orang lain, caranya suruh teman atau kerabat anda untuk membacanya.
  2. Tulisan harus rapi, maksud rapi disini adalah tata letak tulisan sebisa mungkin simetris, misal penulisan Nama : … dibawahnya tempat tanggal lahir: …, nah penulisan titik dua : harus sejajar antar yang atas dan yang bawah, nanti kita lihat di contoh yang akan kami berikan.
  3. Tulisan harus konstan, maksud konstan adalah penulisan antara huruf dengan huruf karakternya sama, misal kita menuliskan huruf a di nama dan a dialamat, maka harus sama, jangan menuliskan a di nama dengan a dialamat berbeda dalam arti yang satu miring yang satu tegak, dan ini memang susah untuk di rubah kalau penulisan kita sudah biasa tidak sama, dan inilah point karakter bisa dilihat disini.
  4. Perhatikan penulisan huruf besar dan kecil, seperti penulisan Nama seseorang harus diawali huruf besar, awal paragraf harus huruf besar dll.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Untuk lebih memahami, kita langsung saja lihat bagaimana contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar, dan kami berikan dalam bentuk gambar, karena harus sesuai dengan yang aslinya.

Contoh Yang Baik dan Benar

Di bawah ini adalah surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar, perhatikan tulisannya, konstan, rapi dan enak di baca.

[gambar sementara kami hapus, karena melanggar hk cipta, sebagai gantinya kami lampirkan gambar di bawah]

Di bawah ini juga baik dan benar, cuma karakter tulisannya yang berbeda dari yang atas, tapi inilah yang kita tidak bisa berbohong tentang karakter tulisan kita, dan itu  sebenarnya tidak masalah, tulis saja seperti apa tulisan kita, tapi usahakan bisa di baca dan rapi.

contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik

contoh surat lamaran kerja yang salah

Contoh Tulisan yang Kurang Rapi

Contoh dibawah ini adalah contoh yang kurang baik, walaupun karakter tulisan kita tidak bisa dirubah, tapi setidaknya buatlah tulisan yang rapi dan simetris, jangan buat seperti yang di bawah ini.

lamaran kerja tulis tangan kurang bagus

Kesimpulan

  • Buatlah tulisan yang rapi dan mudah dibaca.
  • Kalau tulisan kita memang tidak bagus atau sering di sebut seperti ceker ayam, tapi setidaknya buat yang rapi dan bisa di baca.
  • Tulisan kita rapi atau tidaknya juga karakternya yang konstan atau tidak akan di lihat sebagai karakter kepribadian kita berdasarkan ilmu Graphologi, jadi usahakan tulislah lamaran kerja dengan konstan dan rapi.
  • Intinya rapi dan mudah di baca.

Demikian pembahasan tentang alasan, cara membuat dan contoh surat lamaran kerja tulis tangan, semoga bisa di pahami dan di praktikan.

Speak Your Mind

*