Teks Eksplanasi Adalah

Kali ini kami akan bahas tentang arti dari teks eksplanasi, ciri ciri, tujuan, struktur dan contohnya.


Untuk membantu pemahaman, silahkan jawab pertanyaan berikut, Pernahkah Anda membaca berita di media, baik online atau offline tentang bencana alam?.

Jika pernah, maka di dalam berita tersebut akan ada pembahasan tentang kenapa dan bagaimana bencana itu bisa terjadi.

Ya, itu adalah salah satu contoh dari teks eksplanasi, karena di berita itu disebutkan tentang sebab akibat dan proses bencana itu terjadi, untuk lebih lengkapnya simak pembahasan berikut.

Teks Eksplanasi Adalah

Teks atau tulisan yang dikembangkan berdasarkan kaidah ilmiah tentang proses sebab akibat atau mengapa dan bagaimana suatu kejadian atau peristiwa itu bisa terjadi.

Kejadian atau peristiwa ini bisa berupa kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

Karena sejatinya setiap kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat yang bisa di jelaskan secara ilmiah.

Hubungan sebab akibat dan proses suatu peristiwa inilah inti dari teks eksplanasi, yang mana semua kejadian ini bisa di jelaskan secara ilmiah.

Untuk bisa mengetahui suatu tulisan di sebut eksplanasi atau bukan, kita bisa tahu dari ciri ciri dan strukturnya berikut ini.

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah:

  • Berita yang dimuat berdasarkan fakta aktual di lapangan atau kronologis.
  • Penjelasan aspek kausalitas tentang bagaimana dan mengapa sebuah peristiwa itu bisa terjadi.
  • Sifatnya informatif belaka, bukan untuk mempengaruhi pembaca.
  • Hanya membahas hal umum yang tidak ada campur tangan dari manusia, misalnya tentang bencana alam.

Struktur Teks Eksplanasi

Secara umum struktur teks eksplanasi adalah:

  1. Gambaran Umum Suatu Kejadian
    Di pertama ini, berisi penjelasan tentang gambaran umum fenomena atau peristiwa yang akan dibahas. intinya adalah bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena itu bisa terjadi.
  2. Penjelasan Proses Sebab Akibat
    Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelasan sebab akibat.
  3. Interpretasi
    Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai ulasan atau penarikan kesimpulan. Bagian ini berisi komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

Jika sebuah artikel mempunyai struktur seperti di atas maka bisa di kategorikan sebagai teks eksplanasi, lalu apa tujuannya?.

Tujuan

  • Teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan sebuah fenomena baik itu alam, sosial, dan budaya dari sudut pandang ilmiah.
  • Dan bertujuan untuk menjelaskan mengenai langkah atau proses untuk melakukan sesuatu.

Langkah-langkah dalam menulis teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan peristiwa atau fenomena yang akan dijelaskan.
  2. Mencari informasi tentang fenomena yang akan dijelaskan.
  3. Menulis kerangka.
  4. Mengembangkan kerangka.
  5. Merevisi dan mengedit hasil pengembangan kerangka.

Pola Pengembangan

Pola pengembangan teks eksplanasi dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Pola Kronologis yang berarti disusun berdasarkan urutan waktu kejadian
  2. Pola Kausalitas yang merupakan pola dengan mengedepankan hubungan sebab akibat atas sebuah fenomena.

Untuk mengembangkan paragraf dari teks eksplanasi, kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan utama dari artikel tersebut berdasarkan pola pengembangan diatas.

Contoh Teks Eksplanasi

Dibawah ini kami berikan contoh teks eksplanasi banjir.

Banjir

Ketika musim hujan, selain suasana yang adem dan segar tapi ada juga suasana mencekam yang di alami oleh sebagian orang karena takut banjir.

Banjir sejatinya adalah bencana alam yang sangat merugikan kita, tidak hanya kerugian materi tapi juga ada kerugian psikis yang bisa membuat kita trauma.

Terjadinya banjir ini memang karena beberapa faktor, dan faktor faktor ini ada yang bisa kita kontrol dan ada juga yang tidak bisa kita kontrol.

Banjir karena hujan seharusnya tidak terjadi jika kita bisa mengontrol dengan cara menjaga lingkungan kita, seperti tidak buang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan, menjaga resapan air dan lain sebagainya.

Tapi hal itu sepertinya sulit terwujud karena pertumbuhan penduduk yang sangat cepat dan kebanyakan mereka tidak peduli terhadap lingkungan.

Penyebab Banjir

Ya penyebab banjir salah satunya adalah karena hujan, tentu hal ini dikarenakan adanya kondisi di suatu daerah yang lingkungannya tidak baik yang mengakibatkan aliran air terserap ke tanah ataupun menuju sungai ke laut jadi terhambat.

Penyebab banjir yang terjadi di banyak wilayah saat ini di karenakan karena lingkungan yang tidak baik, seperti membuang sampah sembarangan.

Sampah ini akan menutup saluran air atau got bahkan sungai, proses terjadinya banjir karena sampah adalah.

Sampah terbawa oleh air yang akan mengumpul menjadi satu sehingga ketika ada belokan sungai atau ada sungai yang menyempit, sampah tersebut akan mampet sehingga air akan naik ke permukaan dan menerjang apapun yang di lewatinya.

Menjaga Lingkungan

Sebagai pencegahan agar tidak terjadinya banjir di lingkungan kita adalah dengan menjaga lingkungan, terutama dalam hal membuang sampah, karena hal ini yang menjadi penyebab banjir di sekitar kali dan jalan umum.

Tanamkan kesadaran kepada diri sendiri dan masyarakat sekitar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, agar sampah bisa di kelola dengan baik dan tidak tercecer ke sembarang tempat.

Gerakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan kita paling tidak sebulan sekali, agar lingkungan kita terbebas dari banjir.

Demikian bahasan kali ini tentang pengertian dari teks eksplanasi, semoga bisa di pahami dan semoga bermanfaat.

arti teks eksplanasi adalah

Speak Your Mind

*