Pengertian Teks Deskripsi Adalah

Apa pengertian teks deskripsi, apa ciri cirinya, apa strukturnya dan bagaimana contohnya?, dalam artikel ini akan kami jelaskan secara detail semua pertanyaan diatas dengan bahasa yang mudah di pahami.

***

Mungkin kita sudah sedkit tahu tentang deskripsi, karena kalimat ini sering kita dengar, tapi kalau teks deskripsi sendiri apa yah…?.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan deskripsi yang sudah kita pahami. Baik, langsung saja kita simak penjelasan berikut agar tidak penasaran.

Pengertian Teks Deskripsi Adalah

Teks deskripsi adalah teks yang berisi pemaparan atau penggambaran suatu objek, baik makhluk hidup, benda, tempat, atau peristiwa secara terperinci, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami sendiri hal yang digambarkan oleh penulis.

Berikut referensi lain terkait pengertian teks deskripsi berdasarkan KBBI dan penjelasannya, yang akan bermuara sama seperti pengertian di atas.

Deskripsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah: Pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Apa yang di deskripsikan? yang di deskripsikan disini adalah suatu yang disebut dengan objek, dan objek yang di gambarkan disini adalah objek yang bisa di tangkap oleh panca indra.

Kata deskripsi berasal dari bahasa latin yaitu describere yang artinya menggambarkan atau memberikan suatu hal. Dalam bahasa Inggris kata description berkaitan kata to describe yang bermakna melukiskan.

Sekarang setelah tahu apa pengertiannya, maka perlu kita ketahui juga tentang ciri cirinya.

Ciri Ciri Teks Deskripsi

  • Menggambarkan atau menjelaskan sesuatu objek
  • Penjelasan secara mendetail dengan melibatkan panca indera
  • Berusaha membuat pembaca merasakan keadaan, adegan atau peristiwa di dalam teks
  • Melibatkan panca indera agar yang membaca teks ini paham dan merasakan objek yang kita tulis
  • Kalimatnya terfokus pada satu hal yaitu penjelasan

Di atas adalah ciri ciri umum dari teks deskripsi. Selain ciri-ciri umum diatas, ada ciri ciri khusus terkait tujuan, objek dan isinya, berikut penjelasannya.

  1. Ciri dari segi tujuan:
    Ciri teks deskripsi dari segi tujuan adalah bertujuan untuk menggambarkan suatu objek serinci dan semirip mungkin dengan yang sebenarnya dari sudut pandang penulis.
  2. Ciri dari segi objek:
    Ciri objek yang digambarkan adalah bersifat khusus. Maksudnya, penggambarannya hanya berfokus pada tiap bagian yang benar-benar ada di objek tersebut.
    Contohnya, objek yang kita pilih adalah Iguana, maka hal yang dibicarakan khusus pada Iguana serta keistimewaannya yang membuatnya berbeda dengan binatang lainnya. Jadi, teks ini akan menggambarkan ciri fisik dan karakteristik dari iguana tersebut.
  3. Ciri dari segi isi:
    Ciri dari isinya, yaitu teks ini akan menggambarkan tiap bagian objek serinci dan semirip mungkin berdasarkan pengamatan penulisnya. Artinya, teks didasarkan pada pendapat personal (subjektif), sehingga akan ditemukan penggunaan kata-kata emosi kuat untuk memberikan kesan lebih.

Itulah penjelasan tentang ciri dari teks deskripsi.

Setelah kita tahu cirinya, dalam dunia tulis menulis kita juga harus tahu bagaimana struktur tulisan itu di buat, sehingga selaras dengan tema yang akan kita tulis, sekarang akan kami tuliskan tentang struktur dari teks deskripsi.

Struktur Teks Deskripsi

Ada 3 bagian struktur teks deskripsi, yaitu identifikasi, deskripsi, dan kesimpulan atau kesan, berikut rincian dan penjelasannya:

  1. Identifikasi
    Struktur identifikasi adalah tahapan awal yang berisi gambaran umum terhadap objek yang ingin disampaikan oleh penulis. Misalnya, mencari objek berdasarkan lokasi, sejarah, makna nama, dan gambaran umumnya.
  2. Deskripsi
    Struktur deskripsi adalah bagian yang menggambarkan kondisi objek dari sudut pandang penulis secara rinci. Penulis menggambarkan apa yang telah ia lihat, dengar, dan rasakan selama mengamati objek pilihannya tersebut.
  3. Kesimpulan atau Kesan
    Struktur kesimpulan atau kesan adalah bagian yang berisi kesimpulan atau kesan dari hasil pengamatan penulis terhadap objek. Namun, bagian ini bersifat opsional, yaitu bisa di tuliskan ataupun tidak

Contoh Teks Deskripsi

Setelah semua kami tuliskan agar lebih memahami materi ini, maka di butuhkan contoh dari teks deskripsi ini, berikut kami berikan contoh teks deskripsi singkat tentang wisata alam beserta strukturnya.

Indahnya Air Terjun Maja

Identifikasi
Wisata alam air terjun maja yang letaknya di Kecamatan Solong, Kabupaten Pandeglang Banten saat ini sudah banyak di ketahui oleh masyarakat sekitar karena keindahannya. Bahkan jika hari minggu atau hari libur air terjun ini akan di kunjungi oleh wisatawan dari luar kota.

Sayangnya pihak Pemda setempat tidak menaruh perhatian terhadap fenomena ini, sehingga saat ini kondisi sekitar air terjun menjadi kotor, ditambah dengan akses jalan yang hanya bisa di lewati oleh kendaraan roda dua.

Deskripsi
Bayangkan air selebar 10 meter jatuh dari ketinggian 200 meter ke sungai yang lebarnya lebih dari 15 meter, suara air yang menderu dan pepohonan yang ada di sekitar sungai menambah indahnya pemandangan ini.

Memang air yang ada tidak sejernih air yang ada di sungai swiss yang menewaskan anak Ridwan Kamil, tapi tidak keruh dan kotor layaknya sungai saat banjir, dan ini masih bisa di tolerir. Sehingga banyak dari wisatawan mandi di bawah air terjun ini.

Tapi bagi yang tidak bisa berenang, jangan mendekati tempat jatuhnya air terjun, karena tempat itu sangat dalam. Bagi yang tidak bisa berenang bisa mandi di pinggiran sungai yang terdapat batu batu besar nan indah.

Kesimpulan
Terlepas dari kurang perhatiannya Pemda setempat yang menjadikan lokasi wisata ini tidak terurus, tapi air terjun ini benar benar indah.

Ok, kami sudah tuliskan semua hal terkait teks deskripsi, dari mulai pengertian, ciri ciri, struktur dan contohnya.

Kami harap Anda bisa membuat teks deskripsi sesuai dengan penjelasan pada artikel ini, semoga membantu dan bermanfaat.

Pengertian Teks Deskripsi Adalah

Baca Juga:

Speak Your Mind

*