Tanda Tanda Hari Kiamat dalam Bentuk Cerita Berdasarkan Hadits Sahih

Tanda tanda hari kiamat terbagi menjadi dua, yaitu tanda kiamat kecil dan tanda kiamat besar, untuk tanda kiamat kecil maka ini terus berlangsung sampai semuannya terjadi.

Jika tanda kiamat kecil (sugro) sudah terjadi semuanya maka akan datang tanda kiamat besar  (kubro), yang mana tanda kiamat kubro ini menandakan tidak lama lagi akan terjadinya hari kiamat yang kita semua lari darinya.

Tidak ada dalil yang jelas tentang berapa lama waktu terjadinya tanda kiamat sugro dari tanda satu ke tanda berikutnya, begitupun dengan kiamat kubro, tapi yang jelas tanda kiamat kecil ini waktunya lebih lama yaitu dari di utusnya Nabi Muhammad Sallalahu Alaihi Wassalam, sampai detik sekarang ini dan masih berlangsung.

Untuk tanda kiamat kubro, setelah satu tanda terjadi maka tidak akan lama lagi akan keluar tanda berikutnya secara berurutan, dan urutannya sudah jelas, dari pertama keluar sampai terakhir.

15 Tanda Tanda Kiamat Kecil

Tanda tanda kiamat kecil ini banyak sekali, kami akan sebutkan 15 tanda saja, dan untuk dalilnya silahkan anda baca di artikel hadits tentang hari kiamat, berikut tanda kiamat sugro:

  1. Di utusnya Nabi Muhammad Sallalhu alaihi wassalam
  2. Banyaknya fitnah yang terjadi sepeninggal Nabi Muhammad
  3. Penaklukan baitul maqdis
  4. Bermegah megahan dalam membangun masjid
  5. Para sahabat Radhiallahu anhum di cari kesalahannya, seperti orang mencari barang yang hilang
  6. Di halalkannya minuman keras atau khamer
  7. Di halalkannya musik
  8. Praktik riba yang semakin masif
  9. Wanita yang berpakaian tapi telanjang
  10. Perzinahan merebak dimana-mana
  11. Di wafatkannya ahli ilmu dan diangkatnya Ilmu
  12. Munculnya Nabi palsu
  13. Terjadi bencana secara terus menerus
  14. Banyaknya orang kaya dengan harta berlimpah
  15. Munculnya api besar di hijaz

Dan masih banyak lagi, tapi kami cukupkan hanya 15 tanda saja, untuk selanjutnya kita akan tuliskan tanda kiamat besar.

10 Tanda Tanda Hari Kiamat Besar

tanda tanda hari kiamat

Pada artikel ini akan kami tuliskan tentang tanda tanda hari kiamat besar berdasarkan hadits sahih, tapi dalam bentuk cerita, agar kita lebih paham dan menghayati bagaimana dasyatnya tanda kiamat ini.

Tanda kiamat besar ini terdapat di dalam hadits sahih riwayat Imam Muslim yang berbunyi:

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya: “Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” [Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178].

Urutan Tanda Kiamat Besar

Hadits diatas dan hadits lain yang menerangkan tentang hari kiamat tidak menerangkan urutannya, sehingga ulama mengurutkan kejadian berdasarkan ilmu yang dimilikinya, dan urutan kiamat besar adalah:

  1. Munculnya dajjal
  2. Keluarnya Imam Mahdi
  3. Keluarnya Nabi Isa Alaihi wassalam
  4. Terbunuhnya dajjal
  5. Nabi isa berkuasa
  6. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj
  7. Datangnya dukhon (kabut)
  8. Terbitnya matahari dari barat
  9. Keluarnya binatang melata (ad-dābbah)
  10. Keluarnya api yang mengumpulkan manusia

1. Munculnya Dajjal

Dajal adalah manusia seperti kita pada umumnya, dia pria, mata satunya buta dan di dahinya tertulis huruf Kaf, Fa dan Ro, yang artinya kafir, semua orang bisa membaca tulisan tersebut walaupun tidak bisa bahasa arab.

Dajjal di berikan kelebihan oleh Allah, seperti bisa menghidupkan orang mati, bisa menurunkan hujan, bisa membuat suatu daerah gersang dan bisa membuat suatu daerah subur juga banyak kelebihan lainnya yang dengannya dajal di ikuti oleh kebanyakan orang dan di anggap sebagai tuhan.

Dajjal keluar dan melakukan kerusakan di muka bumi selama 40 hari. Tetapi sehari seperti setahun, sehari seperti sebulan dan sehari seperti seminggu. Seluruh hari-hari yang dilaluinya seperti hari-hari yang kita lalui sekarang. Demikianlah yang dituturkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Semua tempat di muka bumi akan di lalui dajjal, kecuali Mekah dan Madinah saja, karena kedua tempat ini tidak bisa di masuki dajjal sebabnya adalah kedua kota ini di jaga oleh malaikat.

Jika dajjal muncul di suatu tempat maka menjauhlah, jangan mengatakan iman saya kuat, saya akan menghadapinya, karena bisa jadi kita akan menjadi pengikutnya.

Dajjal terus melakukan kerusakan di muka bumi seraya mengumpulkan pengikutnya, hingga akhirnya dajjal membuat markas di Palestina sekarang sudah berubah menjadi israel di suatu kota yang bernama Bab Lud atau gerbang lod. Disanalah dia berdiam bersama pasukannya.

2. Munculnya Imam Mahdi

Imam mahdi adalah orang biasa yang tidak sholeh, tapi oleh Allah di jadikan sholeh hanya dalam waktu 1 hari saja, fisik beliau sama seperti fisik Rasullullah sallalahu alaihi wassalam, tapi tidak dengan akhlaknya, karena mustahil ada manusia yang akhlaknya sesempurna Rasullullah sallalhu alaihi wassalam.

Nama beliau adalah Muhammad dan nama ayahnya adalah Abdullah, jadi nama beliau sama dengan nama Nabi Muhammad dan masih keturunan Nabi Muhammad dari Fathimah Radhiallahu anha.

Imam mahdi di desak oleh sebagian kaum muslimin di mekah untuk memimpin pasukan muslimin guna melawan dajjal, awalnya beliau enggan, lalu setelah beliau tawaf beliau menerimanya.

Imam mahdi berangkat dengan rombongan kaum muslimin untuk memerangi dajjal, hingga dalam pengejarannya sampai ke masjid putih di damaskus, beliau dan pasukannya hendak melaksanakan sholat ashar, lalu sebelum sholat ashar turunlah Nabi Isa alaihissalam.

3. Turunnya Nabi Isa Alaihiwassalam

Nabi Isa turun dari langit dengan memegang dua sayap malaikat dan rambut beliau dalam keadaan basah, saat itu pasukan kaum muslimin paham bahwa inilah Nabi Isa yang di tunggu.

Sebelum sholat di mulai, Imam Mahdi mempersilahkan Nabi Isa untuk mengimami sholat Ashar, tapi Nabi Isa enggan dan mempersilahkan Imam Mahdi untuk menjadi Imam.

Nabi isa turun tidak membawa syariat baru tapi Beliau mengikuti syariat yang di bawa oleh Nabi Muhammad sallalahu alaihi wassalam.

Setelah sholat Ashar, Nabi Isa ikut dalam pasukan kaum muslimin untuk memerangi dajjal, karena di sebutkan dalam hadits bahwa nanti yang akan membunuh dajjal adalah Nabi Isa.

4. Terbunuhnya Dajjal

Setelah perjalanan dengan pasukan muslimin seraya mengumpulkan lebih banyak lagi pasukan, pasukan muslimin akhirnya sampai ke pintu gerbang markas dajjal.

Salah satu pasukan dajjal yang mengintai dari atas istana dajal  melihat pasukan muslimin datang ke arah istana dajjal dan melaporkan kejadian ini kepada dajjal.

Nabi Isa Sampai Di Istana Dajal

Sampailah pasukan muslimin di pintu gerbang lod tempat istana dajal, seraya pasukan dajjal berkata kepada dajjal, “di depan gerbang ada pasukan asing” maka dajjal memerintahkan pasukannya untuk membukakan gerbang.

Dajjal tidak tahu bahwa yang datang adalah Nabi Isa beserta pasukan muslimin, “buka gerbang, siapa tahu mereka akan gabung dengan kita, atau kalau hendak menyerang, maka kita lawan” dengan penuh kesombongan dajal berkata kepada pasukannya.

Setelah pintu gerbang dibuka, alangkah terkejutnya dajjal bahwa yang ada di depannya adalah Nabi Isa, dajal tahu Nabi Isa dan setelah melihatnya diapun sadar bahwa waktu kematiannya sudah dekat, lalu dajjal lari dan di kejar Nabi Isa.

Setelah itu Nabi Isa melemparkan tombak yang terbuat dari emas ke arah dajjal, dan mengenai dahinya, maka seketika itu dajjal mati dengan penuh kehinaan.

Pasukan Dajal Melarikan Diri

Setelah melihat matinya dajjal maka pasukan dajjal yang merupakan kaum yahudi berlarian menyelamatkan diri, mereka tidak percaya bahwa dajjal yang dianggapnya sebagai tuhan telah mati.

Mereka berlarian dan bersembunyi di setiap benda yang bisa untuk sembunyi, tapi pada waktu itu, setiap benda yang menjadi tempat persembunyian dajal bisa bersuara dan memberitahukan kepada pasukan muslim dengan berkata ” hai muslimin ini ada yahudi maka bunuhlah”.

Pohon Ghorkot Tempat Persembunyian Kaum Yahudi

Semua benda akan berkata demikian terkecuali satu pohon yang bernama ghorkot, pohon inilah yang tidak bicara dan menjadi tempat persembunyian kaum yahudi yang merupakan pasukan dajal.

Dan kaum yahudi mempercayai ini, kalau kita lihat saat ini di israil dan khususnya di gerbang lod kaum yahudi banyak menanam pohon ini.

5. Nabi Isa Berkuasa

Singkat cerita semua pasukan dajal yang merupakan kaum yahudi terbunuh seluruhnya, dan selanjutnya Nabi Isa menjadi pemimpin kaum muslimin, dan memimpin dengan keadilan serta kemakmuran selama 40 tahun.

Nabi Isa akan menjadi hakim yang adli, menghancurkan salib, membunuh babi dan menghapuskan upeti atau pajak, dan akan menjadikan kaummuslimin makmur, seperti hadits riwayat Bukharidan Muslim berikut.

وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ، لَيُوْشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيْكُمُ ابْنُ مَرْيَمَ عَليهِ السَّلام حَكَمًا عَدْلاً، فَيَكْسِرَ الصَّلِيْبَ، وَيَقْتُلَ الْخِنْزِيْرَ، وَيَضَعَ الْجِزْيَةَ، وَيَفِيْضَ الْمَالُ حَتَّى لاَ يَقْبَلَهُ أَحَدٌ.

Artinya:  “Dan demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sudah dekat saatnya di mana akan turun pada kalian (‘Isa) Ibnu Maryam Alaihissallam sebagai hakim yang adil. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah (upeti/pajak), dan akan melimpah ruah harta benda, hingga tidak ada seorang pun yang mau menerimanya.” [HR Bukhari & Muslim].

Untuk dalil dalil terkait turunnya Nabi isa silahkan baca Hadits tentang Nabi Isa.

6. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Di saat Nabi isa berkuasa, keluarlah mahluk Allah yang bernama Ya’juj dan Ma’juj, mereka adalah suatu kaum yang di penjara di suatu gunung oleh Nabi Dzulkarnain, yang mana gunung tersebut terbuat dari besi atau tembaga yang di lelehkan.

kaum yajuz dan majuz saat ini sudah ada dan menunggu keluar dari penjara gunung tersebut, jumlah mereka sangat banyak, di ceritakan bahwa merekaakan mati setelah mempunyai 1000 keturunan, dan di ceritakan juga mereka bisa melihat keluar dari lubang kecil dan mereka berusaha menggali untuk keluar gunung, tapi usaha mereka sia-sia belaka. Hingga Allah Azza wajalla izinkan mereka untuk keluar, dan waktunya adalah saat Nabi Isa berkuasa.

Fitnah Yajuz Majuz

Setelah keluar, Ya’juj dan Ma’juj melakukan kerusakan di muka bumi, mereka membunuh dan memakan semua mahluk yang di lewatinya, saking banyaknya mereka, diceritakan bahwa sungai efrat habis di minum oleh mereka padahal mereka belum meminum semuanya.

Mereka memanah ke langit, dan setelahnya turun hujan darah, dan mereka berkata dengan sombongnya, bahwa tuhan telah mereka bunuh.

Dalam suatu hadits dikatakan jika mendengar ada yajuz dan majuz di suatu tempat maka menghindarlah dengan menaiki gunung, karena yajuz majuz tidak akan menaiki gunung untuk mengejar, dan mereka tidak bisa di kalahkan.

Matinya Ya’juj dan Ma’juj

Setelah Nabi Isa melihat semua kerusakan yang di lakukan oleh kaum yajuz majuz di bumi dan tidak bisa melawannya, maka Nabi Isa berdoa kepada Allah Azza wajalla untuk memusnahkannya.

Doa Nabi Isa terkabul, dan matilah seluruh kaum yajuz dan majuz seketika, lalu meninggalkan bangkai yang sangat banyak, lalu Nabi isa berdoa kembali kepada Allah agar menyingkirkan bangkai bangkai tersebut, lalu Allah turunkan hujan yang menghilangkan mereka seluruhnya.

7. Datangnya Dukhon (kabut/asap)

Setelah musnahnya yajuj dan majuj maka nabi isa kembali berkuasa dengan keadilan dan kemakmurannya, tapi setelah yajuz majuz musnah, banyak juga dari kaum muslimin kembali kafir dan berbuat dosa.

Setelah itu keluarlah Dukhon atau kabut yang menyelimuti bumi, sifat dari kabut ini jika mengenai orang muslim maka akan terjadi seperti sakit pilek dan jika mengenai orang kafir akan merasakesakitan dan tersiksa.

إنَّ ربَّكم أنذرُكم ثلاثًا : الدُّخانُ يأخذُ المؤمِنُ كالزُّكْمَةِ ، ويأخذُ الكافرُ فينتفخُ حتَّى يخرُجَ من كلِّ مَسْمَعٍ منهُ ، والثَّانيةُ الدابَّةُ ، والثَّالثةُ الدَّجَّالُ

“Sesungguhnya Rabb kalian memperingatkan kalian dari tiga hal: asap yang jika mengenai orang Muslim maka mereka merasakan seperti pilek, sedangkan jika mengenai orang kafir maka mereka akan sesak nafas dan keluar cairan dari kuping mereka, kemudian yang kedua munculnya dabbah dan yang ketiga munculnya dajjal” [HR. Thabrani, dihasankan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya, 7/235].

8. Terbitnya Matahari dari Barat

Setelah dukhon menyelimuti bumi lalu matahari terbit dari barat dan saat inilah pintu taubat di tutup, yang muslim akan bahagia dan yang kafir akan sengsara.

لاَ تَقُوْمُ السَّاعَةَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنَ الْمَغْرِبِ، فَإِذَا طَلَعَتْ، فَرَآهَا النَّـاسُ؛ آمَنُوا أَجْمَعُوْنَ، فَذَلِكَ حِيْنَ لاَ يَنْفَعُ نَفْسًا إِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِيْ إِيْمَانِهَا خَيْرًا.

Artinya: “Tidak akan terjadi Kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat, jika ia telah terbit, lalu manusia menyaksikannya, maka semua orang akan beriman, ketika itu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.”[HR Bukhari Muslim]

9. Keluarnya Binatang Melata (ad-dābbah)

Setelah matahari terbit dari barat dan manusia yang kafir semakin parah kekafirannya dengan melakukan semua maksiat dan dosa, maka keluarlah binatang melata yang di sebut Ad dabbah, untuk memberi cap kepada manusia bahwa ia kafir atau muslim.

Seperti hadits riwayat Imam Ahmad dan Tirmidzi dari sahabat Abu Hurairah,

تَخْرُجُ الدَّابَّةُ وَمَعَهَا عَصَا مُوْسَـى q وَخَاتَمُ سُلَيْمَانَ q، فَتَخْطِمُ الْكَـافِرَ -قَالَ عَفَّانُ (أَحَدُ رُوَاةِ الْحَدِيْثِ): أَنْفَ الْكَافِرِ- بِالْخَاتَمِ وَتَجْلُوْ وَجْهَ الْمُؤْمِنِ بِالْعَصَا، حَتَّى إِنَّ أَهْلَ الْخِوَانِ لَيَجْتَمِعُوْنَ عَلَى خِوَانِهِمْ فَيَقُوْلُ هَذَا: يَا مُؤْمِنُ! وَيَقُوْلُ هَذَا: يَا كَافِرُ!

Artinya: “Seekor binatang akan keluar dengan membawa tongkat Musa, dan cincin Sulaiman Alaihissallam, lalu dia akan memberikan tanda (cap sebagai tanda pengenal) kepada seorang kafir -Affan [9] (salah seorang perawi hadits) berkata, ‘Pada hidung seorang kafir- dengan cincin, dan menjadikan bercahaya serta memutihkan wajah seorang mukmin dengan tongkat, se-hingga orang-orang yang sedang berkumpul pada hidangan makanan akan saling menyeru, maka yang ini berkata, ‘Wahai mukmin!’ Sementara yang lain berkata, ‘Wahai Kafir!’” [HR Ahmad dan Tirmidzi]

Maka pada waktu itu jelaslah antara manusia kafir dan muslim.

10. Keluarnya Api Yang Mengumpulkan Manusia

وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَْخْرُجُ مِنَ الْيَمَنِ، تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ.

Artinya: “Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul.” [HR. Muslim].

Api ini akan keluar dan mengumpulkan manusia sebelum di tiupnya sangkakala oleh malaikat Israfil.

Dan golongan manusia yang di giring oleh api ini terbagi 3 yaitu, golongan yang senang dan gembira, golongan yang ketakuatan dan kelompok yang menunggangi kendaraan dengan terbatas, dan api ini akan terus bersama mereka dimanapun mereka berada, hal ini de sebutkan di dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim berikut.

يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى ثَلاَثٍ: طَرَائِقَ رَاغِبِيْنَ وَرَاهِبِيْنَ، وَاثْنَانِ عَلَى بَعِيْرٍ، وَثَلاَثَةٌ عَلَـى بَعِيْرٍ، وَأَرْبَعَةٌ عَلَى بَعِيْرٍ، وَعَشْرَةٌ عَلَى بَعِيْرٍ، وَيَحْشُرُ بَقِيَّتُهُمُ النَّـارُ، تَقِيْلُ مَعَهُـمْ حَيْثُ قَالُوا، وَتَبِيْتُ مَعَهُمْ حَيْثُ بَاتُوْا، وَتُصْبِحُ مَعَهُمْ حَيْثُ أَصْبَحُوْا، وَتَمْسِي مَعَهُمْ حَيْثُ أَمْسَوا.

Artinya: “Manusia itu dikumpulkan menjadi tiga kelompok: kelompok orang yang bersuka ria, kelompok yang merasa takut, dan kelompok di mana dua orang di atas unta, tiga orang di atas unta, empat orang di atas unta, dan sepuluh orang di atas unta, dan selebihnya digiring oleh api, api ini akan selalu bersama mereka di saat mereka istirahat, di saat mereka bermalam, di waktu pagi, dan di waktu sore hari.” [HR Bukhari dan muslim]

Setelah peristiwa api yang menggiring manusia ini maka terjadilah hari kiamat dengan di tiupkannya sangkakala oleh Malaikat Israfil, maka hancurlah semua alam semesta beserta isinya kecuali apa yang Allah kehendaki untuk tetap ada.

Renungan Tanda Tanda Hari Kiamat

Hari kiamat dan terjadinya harikiamat juga tanda tanda yang mengikutinya, baik tenda kecil maupun besar semua ini adalah Aqidah kita sebagai seorang muslim, dan kita wajib untuk mempercayainya dan meyakininya dengan keyakinan yang tanpa ragu sedikitpun. Barangsiapa mengingkarinya maka ia telah murtad dan kafir.

Pertanyaannya adalah, apakah anda percaya atau sedikit percaya atau ragu-ragu, karena sepertinya hal tersebut tidak masuk akal dan di luar logika?.

Maka ingatlah akan banyak keajaiban dari Al Quran dan Sunnah yang mana di era sekarang banyak di temukan kesesuaian antara Al Quran dan fakta di lapangan, yang sebelumnya di anggap mustahil.

Seperti adanya sungai di dalam laut, adanya api di dalam laut, dan proses terjadinya bayi di dalam rahim juga masih banyak hal lainnya yang kalau di fikir secara logika, mustahil orang di zaman dahulu dan keadaan Beliau adalah buta huruf tahu akan ini semua.

Ini tidak lain adalah karena Wahyu dang di turunkan kepada Nya, dan tanda tanda kiamat ini di ceritakan oleh Beliau salallahu alaihi wassalam tidak lain adalah sebagai peringatan akan kerasnya akhir zaman menjelang kiamat yang pada akhirnya mengharuskan kita untukmemperkuat iman dan memperbanyak amal agar selamat pada hari tersebut.

Sumber Artikel

Artikel ini kami tulis berdasarkan Ceramah tentang akhir zaman oleh Ustadz Khalid Basalamah Hafizahullah, dan beliau hafizahullah membawakan cerita ini di sertai dengan dalil dalil yang sahih, kami tidak tuliskan dalilnya karena kami kesulitan untuk mencari tulisannya dan juga agar cerita yang di maksud bisa mudah di cerna.

Dan sumber lainnya adalah artikel dari website almanhaj.or.id yang menjelaskan semua tentang kumpulan tanda tanda hari kiamat, semoga bermanfaat dan semoga kita di jadikan sebagai muslim yang taat dan mempunyai keimanan yang kuat sehingga kita termasuk orang yang di selamatkan oleh Allah pada hari akhirat. Wallahu A’lam.

Artikel Yang Berkaitan:

  • Hadits Tentang Dajjal
  • Hadits Tentang Imam Mahdi
  • Hadits Tentang Nabi Isa


Speak Your Mind

*