Soal Psikotes PDF

Paket lengkap soal Psikotes PDF ini kami ambil dari berbagai macam sumber, jumlahnya ada 5 dokumen file, sangat cocok untuk Anda yang ingin berlatih mengerjakan contoh soal psikotes guna tes kerja, ataupun tes masuk polisi dan lainnya.

Karena Artikel ini sangat panjang karena mencakup semua keterangan dan contoh soal psikotes, dan jika Anda hanya butuh file PDF yang berisi contoh soal psikotes lengkap atau paket lengkap soal psikotes pdf, Anda bisa langsung menuju link downloadnya di bawah artikel ini, atau bisa Anda klik disini.

soal psikotes PDF

Saat kita akan masuk kerja di suatu perusahaan ataupun instansi, maka kita akan mengikuti serangkaian tes, dan salah satunya adalah tes psikologi atau di kenal dengan istilah Psikotes.

Bagi orang yang senang akan permainan logika dan penalaran, maka psikotes adalah sesuatu yang menyenangkan, dan biasanya orang seperti ini mudah dalam mengerjakan soal psikotes.

Tapi tetap, latihan dan mengetahui apa saja soal yang akan keluar saat psikotes sangat penting untuk dilakukan, karena ini akan mempersiapkan mental kita sebelum tes dilakukan.

Dan ternyata bukan hanya saat kita akan masuk kerja saja, tapi psikotes juga kerap dilakukan saat kita akan masuk ke perguruan tinggi, walaupun tentu tidak semua perguruan tinggi mensyaratkan adanya psikotes.

Sebelum kami memberikan beberapa contoh soal psikotes dan juga paket lengkap soal psikotes dalam file PDF untuk keperluan masuk kerja dan untuk keperluan lainnya, kami akan bahas sedikit tentang apa itu psikotes, jenis soal apa saja yang ada di psikotes dan lainnya.

Apa Itu Psikotes

Psikotes adalah suatu tes yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana psikologi seseorang, psikologi ini mencakup, kepribadian, mental, sikap kita jika mengalami kondisi tertentu, ketelitian, ketenangan dan semua hal terkait perilaku seseorang.

Kalau diartikan secara bahasa, maka psikotes terdiri dari 2 kata, yaitu physico dan tes, physico  sendiri artinya adalah mental atau kejiwaan seseorang dan Tes artinya adalah pengujian.

Dalam tes ini akan di ketahui bagaimana bakat, kepribadian, sikap, mental, visi misi hidupnya, ketelitiannya, ilmu nalarnya, kecakapan atau ketangkasan, bagaimana memecahkan masalah atau problem solving dari seseorang.

Dan psikotes ini tidak sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, antara satu fakultas dengan fakultas lainnya, karena kebutuhan mental atau psikologi nya tentu berbeda anatar perusahaan atau instansi tersebut.

Katakanlah ketika kita akan masuk kerja yang membutuhkan ketelitian dengan seseorang yang akan masuk kerja di perusahaan yang membutuhkan kecapakan, atau ketika akan masuk akademi polisi dengan yang akan masuk ke fakultas kedokteran, tentu soal tes akan berbeda.

Siapa Yang Bisa Mengadakan Psikotest

Tentu tidak semua individu ataupun perusahaan bisa mengadakan tes ini, karena untuk mengadakan atau jadi penyelenggara psikotes harus orang yang ahli di bidah tersebut, dan mereka adalah para Psikolog.

Maka tidak sedikit pihak perusahaan atau instansi menggunakan pihak ketiga untuk melakukan psikotes ini, kecuali Universitas, karena di Universitas akan ada ahlinya sendiri yaitu dari fakultas Psikolog.

Jenis dan Bentuk Psikotes?

Seperti sudah disinggung diatas bahwa psikotes antar perusahaan, instansi dan mahasiswa berbeda beda, karena menyesuaikan dengan kebutuhan atau sumber daya manusia yang akan di rekrutnya.

Dan perbedaan ini ada pada jenis dan bentuk dari soalnya tersebut, sebenarnya sangat banyak jenis dari psikotes, tapi yang umum dan sering kita jumpai adalah seperti berikut.

1. Psikotes Wartegg

Kami awalnya mengira ini adalah warteg “Warung Tegal”, ternyata bukan, nama ini diambil dari penemu jenis psikotes ini yaitu Ehrig Wartegg Ingat g nya ada 2. Beliau adalah seorang psikolog kebangsaan jerman.

Jenis tes psikologi wartegg ini menampilkan soal dengan gambar kotak, dan setiap kotak mempunyai gambar atau pola yang mempunyai arti tersendiri, seperti pola titik titik yang mengidentifikasikan tentang kelincahan atau sental dari sesuatu, pola garis lurus, pola melengkung dll.

Lebih jelasnya nanti anda Download soal psikotes dalam bentuk PDF di akhir artikel, dan lihat bagaimana soalnya dan cara mengerjakannya.

2. Psikotes Matematika

Psikotes matematika, seperti namanya matematika identik dengan perhitungan, dan tes ini akan mengetahui bagaimana nalar seseorang dengan melakukan perhitungan yang sederhana  sampai yang rumit.

Karena dalam tes ini akan ada psikotes matematika dasar, Aritmetika, Geometri, Soal cerita, deret angka, angka dalam kotak dan lain lain.

Kami tidak akan membahas psikotes matematika ini lebih lanjut, karena kami sudah membuat postingan tersendiri terkait ini, silahkan klik Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya, di artikel tersebut sudah kami jelaskan secara rinci dan juga contoh soal dengan jawabannya juga cara mengerjakannya, tersedia juga versi file PDF yang bisa Anda Download.

3. Psikotes Gambar Orang

Dikenal juga dengan Tes Psikologi DAM Tes (Draw A Man), seperti namanya gambar orang, maka dalam tes ini kita di haruskan menggambar seseorang dan mendeskripsikan tentang gambar orang tersebut.

Deskripsikan apa jenis kelaminnya, apa pekerjaaannya, berapa usianya, pekerjaan atau aktifitas apa yang sedang di kerjakan oleh orang tersebut.

Tes ini tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana kepercayaan diri kita, bagaimana tanggung jawabnya, bagaimana kesetiannya, dan juga bagaimana kestabilan kita ketika bekerja.

Sedikit tip untuk mengerjakan psikotes gambar orang adalah gambar seseorang yang sedang melakukan aktifitas, misal orang sedang menebang pohon, gambar orang tersebut secara lengkap, dalam arti kita jangan hanya menggambar sebagian tubuhnya saja dan jangan lupa perhatikan detail dari wajah seperti mata, hidung, mulut dll.

4. Gambar Pohon Psikotes

Psikotes gambar pohon ini seperti namanya, kita di haruskan menggambar pohon, setelahnya kita akan di suruh untuk menuliskan pohon apa yang kita gambar tersebut.

Tujuan dari tes psikotes gambar pohon adalah untuk mengetahui bagaimana kepercayaan diri, tanggung jawab, ketahanan dan kestabilan seseorang.

Beberapa tips sederhana dalam menjalani psikotes gambar pohon adalah.

  • Gambar pohon yang berkambium atau berbuah seperti pohon mangga, pohon nangka, pohon apel, pohon durian dan pohon lainnya, tapi jangan pohon kelapa, bambu dan pisang.
  • Gambar dengan jelas dan dengan garis tegas, maksudnya bentuk daun, ranting dahan dan juga buahnya dalam bentuk yang jelas.
  • Gambar pohon harus simetris dalam artian ada di tengah tengah kertas gambar, tidak di kiri, tidak di kanan dan tidak di atas atau dibawah.
  • Gambar pohon dengan ukuran atau bentuk yang proposional, maksudnya daun tidak lebih besar dari batang, ranting yang kecil, buah yang ukurannya tidak terlalu besar.
  • Semua itu bisa kita lakukan dengan berlatih, maka mulai sekarang latih dan tentukan akan menggambar pohon apa kita nantinya, dengan begitu, saat tes di jalankan kita tinggal mengeksekusi apa yang telah kita latih tersebut.

5. Psikotes Analog Verbal Test

Tes ini akan berbentuk kata analogi, antonim, sinonim dan korelasi makna, dibutuhkan konsentrasi dan penalaran logika yang tinggi dalam mengerjakan soal ini.

Tes ini dilakukan untuk mengetahui atau menilai kemampuan seseorang dalam mengartikan makna, fungsi, dan pemakaian kata yang memiliki padanan analogi, dan juga untuk mengukur sejauh mana kemampuan seseorang dalam memahami sebab-akibat.

Di bawah akan kami berikan beberapa soal dari analog verbal tes.

6. Psikotes Pauli Edwards Personal Preference Schedule Test (EPPS)

Edwards Personal Preference Schedule Test (EPPS), tes ini hanya memilih jawaban A atau B saja, pilihan A atau B ini bukan suatu jawaban benar atau salah, tapi hanya berisi tentang nilai kepribadian seseorang.

Jika di antara pilihan tersebut sepertinya tidak ada yang menggambarkan kepribadian kita, tetap kita harus memilih salah satunya, karena nanti yang akan menilai adalah tim penyelenggara tes.

Tes ini bertujuan untuk menilai bagaimana kepribadian kita secara tepat walau tentu tidak akan 100 persen tepat, dan ini akan memudahkan pihak perekrut tenaga kerja memilih orang yang tepat sesuai dengan kepribadian yang di inginkannya.

Tips untuk mengerjakan tes pauli ini adalah kejujuran, ya benar…, kita harus jujur dalam memberikan pilihan, karena kalau tidak jujur nanti akan ketahuan letak ketidak jujuran kita, dari mana tahunya?.

Karena didalam tes ini akan ada beberapa pertanyaan yang di ulang ulang, entah di nomor berapanya, karena soal tes ini lumayan banyak bisa sampai 225 soal, jika kita tidak jujur maka akan terlihat dari tidak sesuainya jawaban jawaban yang sama tersebut.

7. Tes Kraepelin

Tes ini akan berupa deretan angka yang terangkai dari atas kebawah dalam satu lembar soal, jumlahnya sangat banyak, dan tugas kita adalah menjumlahkan antara angka yang paling bawah dengan angka di atasnya secara terus menerus dengan waktu yang telah di tentukan.

Panitia tes akan memberikan ketukan sebagai tanda kalau kita harus beralih menjumlahkan angka di baris sebelahnya, tes ini akan terus seperti ini sampai ke baris terakhir.

Dari tes ini nanti akan di dapatkan grafik hasil pekerjaan kita, naik, menurun atau konstan.

Tujuan dari tes ini adalah untuk menilai bagaimana tingkat ketelitian, penyesuaian, ketahanan, kecepatan dan konsistensi kita ketika melakukan suatu pekerjaan.

Dibutuhkan konsentrasi tinggi dalam mengerjakan tugas ini, hindari melakukan sesuatu yang sia sia karena akan sangat merugikan kita untuk mencapai hasil akhir.

Contoh Tes Psikotes

Untuk bisa mudah dan lulus dari tes psikotes tidak ada cara lain adalah dengan berlatih secara terus menerus sampai kita mahir, karena sejatinya tes psikotes akan berisi soal soal yang sama, walau bilangan atau angka serta narasi dari soal berbeda.

Dibawah ini akan kami berikan sebagian contoh soal dari tes psikotes yang telah kami tulis di atas, dan pada bagian akhir akan kami berikan link download soal psikotes dalam bentuk PDF, agar anda bisa lebih leluasa dalam berlatih.

1. Contoh Soal Psikotes Wartegg

Perhatikan gambar di bawah ini

contoh soal psikotes wartegg

Keterangan dan apa yang harus kita kerjakan dari gambar soal diatas adalah (dimulai dari kotak kiri atas:

Kotak 1 terdapat titik di tengah kotak, makna dari titk ini adalah melambangkan tentang hal hal yang terkait dengan adaptasi dan cekatan atau dinamisnya seseorang. Maka kita bisa menggambar seekor hewan yang mempunyai karakter dan berkaitan dengan lingkungan.

Kotak 2 terdapat sebuah gambar kecil menyerupai huruf S, maksudnya adalah tentang kebebasan, kita bisa menggambar hewan seperti burung atau apapun yang menggambarkan tentang kebebasan.

Kotak 3 berupa garis dari pendek ketinggi, ini isyarat akan kemauan dan tekad untuk memperbaiki diri dan ambisi, kita bisa gambar pagar atau lainnya.

Kotak 4 berupa gambar kotak hitam yang berada di sebelah kanan atas ini menunjukkan tentang bagaimana cara kita dalam menghadapi sebuah kesulitan. Kita bisa gambar sebuah bangunan atau yang semisalnya.

Kotak 5  berupa gambar seperti hurut T yang terpisah dan miring, ini adalah tentang  bagaimana cara kita berpikir dalam memecahkan suatu masalah. kita bisa gambar sebuah kontruksi atau bangunan.

Kotak 6 berupa gambar garis horizontal dan vertikal yang terpisah iniadalah tentang kesederhanaan tapi tetap menampilkan realitas yang ada. Kita bisa menggambar televisi, komputer atau kamera.

Kotak 7 adalah gambar atau suatu titik kurva yang menunjukkan tentang perasaan kita, gambar saja sebuah bunga atau apapun yang bisa kita buat.

Kotak 8 berupa garis melengkung ini tentang bagaimana hubungan sosial kita terhadap lingkungan sekitar gambar ini juga bisa menunjukan tentang kebijaksanaan, wibawa dan kebesaran kita.

Poin pentingnya adalah apa makna atau tentang apa gambar tersebut, dan untuk menggambar tidak harus seperti yang kami sebutkan di atas, anda bisa berkreasi semau kita. Berikut contoh jawaban atau gambar yang telah jadi.

jawaban soal psikotes wartegg

2. Contoh Soal Psikotes Matematika

Kami sudah membuat secara lengkap tentang psikotes matematika lengkap dengan jawaban dan cara mengerjakannya atau pembahasan penyelesaian soal, silahkan baca pada artikel Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya.

Disini akan kami tuliskan sebagian kecil saja (5 Soal), yang sejatinya tes psikotes matematika ini sangat komplek dan banyak, berikut beberapa contoh soal psikotes matematika dasar, disini kami tidak membahas cara penyelesainannya.

Soal 1: 1 3 6 10 15 21 ….., Isi titik titik dengan angka yang tepat.

A. 25
B. 26
C. 28
D. 32
E. 35

Jawabannya: C

Soal 2: 4.096  2.048  1.024  512  256 ….. Isi titik titik dengan angka yang tepat.

A. 128
B. 132
C. 135
D. 143
E. 140

Jawaban: A

Soal 3: 50 40 31 23 16 ….. Isi titik titik dengan angka yang tepat.

A. 14
B. 12
C. 10
D. 8
E. 7

Jawaban: C

Soal 4: 100 4 90 7 80 ….. ….., Isi titik titik tersebut dengan angka yang tepat.

A. 20 dan 60
B. 10 dan 70
C. 30 dan 40
D. 14 dan 74
E. 24 dan 96

Jawaban: B

Soal 5: 3  7  15  31 ….. …..

A. 30 dan 46
B. 38 dan 54
C. 46 dan 84
D. 56 dan 128
E. 63 dan 127

Jawaban: E

3. Contoh Soal Psikotes Gambar Orang

Ingat Tes Psikotes Gambar Orang ini harus jelas kelaminnya, pekerjaan, usia dan tampilkan gambar orang yang sedang melakukan aktifitas.

Dalam gambar di bawah adalah pria, usia 25 th, pekerjaan kantoran, Anda bisa membuat gambar orang apapun yang Anda inginkan, dan berlatihlah.

contoh psikotes gambar orang

4. Contoh Gambar Pohon Psikotes

paket lengkap soal psikotes pdf gambar pohon

5. Contoh Soal Psikotes Analog Verbal Test

Pilih jawaban yang tepat (a, b, c atau d) untuk persamaan di bawah ini.

  1. Mobil – Bensin = Pelari – …. a. Makanan b. Sepatu c. Kaos d. Lintasan
  2. Dingin – Selimut = Hujan – …. a. Air b. Payung c. Dingin d. Basah
  3. Semir – Sepatu = Sikat – …. a. Kuku b. Rambut c. Televisi d. Gigi
  4. Kepala – Pusing = Perut – …. a. Batuk b. Pilek c. Mules d. Gemuk
  5. Bugil – Pakaian = Gundul – …. a. Botak b. Kepala c. Cukur d. Rambut
  6. Kayu – Pohon = Emas – …. a. Tambang b. Perhiasan c. Mahal d. Logam
  7. Saya – Kami = Dia – …. a. Kamu b. Mereka c. Anda d. Kita
  8. Kumis – Kucing = Belalai – …. a. Ular b. Harimau c. Gajah d. Hidung
  9. Reguler – Senin = Karyawan – …. a. Selasa b. Rabu c. Minggu d. Jumat
  10. Busur – Panah = Senapan – …. a. Peluru b. Senjata c. Berbahaya d. Tembakan

6. Contoh Soal Psikotes Edwards Personal Preference Schedule Test (EPPS)

  1.  A. Saya suka menolong teman-teman saya, bila mereka berada dalam
    kesulitan.
    B. Saya ingin melakukan pekerjaan apa saja ;eoaik mungkin.
  2. A. Saya ingin mengetahui bagaimana pandangan orang-orang besar
    mengenai berbagai masalah yang menarik perhatian saya.
    B. Saya ingin menjadi seorang ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan atau
    sedang khusus.
  3. A. Saya ingin agar setiap pekerjaan tulisan saya teliti, rapi, dan tersusun
    dengan baik.
    B. Saya ingin menjadi seorang ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan,
    jabatan atau bidang khusus.
  4. A. Saya suka menceritakan cerita-cerita lucu dan lelucon-lelucon waktu
    pesta.
    B. Saya ingin menulis roman atau sandiwara hebat.
  5. A. Saya ingin dapat berbuat sekehendak hati saya.
    B. Saya ingin bisa mengatakan bahwa saya telah melakukan dengan baik suatu
    pekerjaan yang sulit.
  6. A. Saya ingin dapat memecahkan teka-teki dan persoalan-persoalan yang
    sukar bagi orang lain.
    B. Saya suka mengikuti petunjuk-petunjuk dan melakukan apa yang diharapkan
    orang dari diri saya.
  7. A. Saya ingin mengalami hal-hal yang baru dan perubahan-perubahan
    dalam kehidupan saya sehari-hari.
    B. Saya suka menyatakan pada atasan-atas-an saya, bahwa mereka telah
    melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik, bila me-mang demikian hanya
    menurut pikiran saya.
  8. A. Saya suka merencanakan dan mengatur detail-detail dari setiap
    pekerjaan yang harus saya lakukan.
    B. Saya suka mengikuti petunjuk-petunjuk dan melakukan apa yang
    diharapkan orang dari diri saya.
  9. A. Saya ingin orang-orang memperhatikan dan memberikan komentar mengenai penampilan saya di depan umum.
    B. Saya suka mengelakkan keadaan-keadaan di mana saya diharapkan akan berlaku secara konvensional (kebiasaan umum).
  10. A. Saya ingin menjadi seorang ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan atau bidang khusus.
    B. Saya ingin agar pekerjaan saya diatur dan direncanakan sebelum dimulai.

7. Contoh Soal Tes Kraepelin

Perhatikan deretan angka angka di bawah, inilah contoh soal tes kreapelin, karena ini hanya contoh maka angkanya tidak terlalu banyak, tapi untuk tes yang sebenarnya angka angka ini sangat banyak.

1 3 4 3 6 4 2 1 5 7 9 5 7 9 5
5 7 9 3 4 3 6 4 7 9 5 7 9 5 9
3 4 3 6 4 4 2 1 5 7 9 5 1 3 4
9 5 7 9 5 7 9 5 7 9 5 7 9 2 1
1 5 7 9 2 1 5 7 9 5 9 5 7 9 5
3 6 4 7 9 5 7 9 5 6 4 2 1 4 2
1 3 4 4 3 6 4 2 1 5 7 9 5 7 9
4 2 1 5 1 3 4 3 6 7 9 2 1 5 7
1 3 4 3 6 4 2 5 7 9 5 1 4 2 1
3 6 4 2 1 5 1 5 7 3 6 4 4 2 1
5 7 9 5 7 9 5 6 4 2 1 5 7 9 6
1 3 4 3 6 4 7 9 5 7 9 4 3 6 4
7 9 2 1 5 7 9 5 9 5 7 9 5 7 9
3 4 3 6 4 4 2 1 5 7 9 5 1 3 4
1 3 4 4 3 6 4 2 1 5 7 9 5 7 9

Tugas kita dalam mengerjakan soal ini adalah menjumlahkan angka angka tersebut dari bawah ke atas, di mulai dari pojok kiri yang kami beri warna merah, hasil penjumlahan di tulis di antara angka yang kita jumlahkan.

Ingat, ketika kita mengerjakan lajur 1, nanti akan ada tanda untuk berpindah ke lajur selanjutnya, begitu seterusnya, jadi ikuti tanda dari panitia untuk pindah lajur.

Contoh hasil dari soal di atas:

3 6 4 7 9 5 7 9 5
2
1 3 4 4 3 6 4 2 1
5 4 9
4 2 1 5 1 3 4 3 6
5 5 5 8 7 7
1 3 4 3 6 4 2 5 7
4 9 8 5 7 9
3 6 4 2 1 5 1 5 7
8 3 3 7 8 4
5 7 9 5 7 9 5 6 4
6 0 3 8 3 3
1 3 4 3 6 4 7 9 5
8 2 6 4 1 1
7 9 2 1 5 7 9 5 9
0 3 5 7 9 1
3 4 3 6 4 4 2 1 5
4 7 7 0 7 0
1 3 4 4 3 6 4 2 1

Keterangan: yang warna merah adalah hasil penjumlahannya, 1+3=4 taruh di tengah samping angka 1 dan 3, begitu seterusnya.

Jika kita sudah menyelesaikan tugas ini, maka nanti akan kelihatan grafik kita seperti ini (dilihat dari atas hasil pekerjaan kita).

paket lengkap soal psikotes pdf

Download Soal Psikotes PDF Lengkap

Diatas sudah kami jelaskan semua hal tentang tes psikotes dari pengeritan, jenis dan contoh soal serta jawabannya, sekarang untuk versi lengkapnya dari contoh soal tes psikotes lengkap kami berikan dalam bentuk PDF agar mudah untuk Anda berlatih.

Berikut ini  paket lengkap soal psikotes pdf kami bagi berdasarkan sub bahasan di atas, tapi khusus untuk psikotes gambar tidak kami sertakan file PDF nya karena kami rasa tidak di perlukan.

1. Soal Psikotes Wartegg PDF

Silahkan download soal psikotes PDF Wartegg di bawah ini

2. Soal Psikotes Matematika PDF

Silahkan download soal psikotes PDF Matematika di bawah ini

3. Soal Psikotes Gambar Orang PDF

Untuk tes ini tidak perlu file PDF jadi anda hanya berlatih saja seperti yang kami bahas di atas, dan kami rasa tidak perlu di masukan kedalam paket lengkap soal psikotes pdf ini.

4. Soal Gambar Pohon Psikotes PDF

Sama seperti psikotes gambar orang, untuk gambar pohon juga sama, anda tinggal berlatih menggambar pohon seperti yang sudah kami jelaskan di atas, jadi tidak kami masukan dalam paket lengkap soal psikotes pdf.

5. Soal Psikotes Analog Verbal Test PDF

Silahkan download soal psikotes PDF Analog Verbal di bawah ini

6. Soal Psikotes Pauli Edwards Personal Preference Schedule Test (EPPS) PDF

Silahkan download soal psikotes PDF EPPS di bawah ini

7. Soal Tes Kraepelin PDF

Silahkan download soal psikotes PDF Kreapelin di bawah ini

Sebaiknya anda print soal psikotes pdf kreapelin pauli atau tes koran ini, lalu kerjakan menggunakan pensil.

Demikian Artikel kali ini tentang Tes Psikotes dan paket lengkap soal psikotes pdf, semoga bermanfaat dan semoga di mudahkan ketika menjalani tes psikotes ini.

Baca Juga:

Comments

  1. medical university says

    Terimakasih mas, sangat bermanfaat.

Speak Your Mind

*