Berdasarkan sifatnya, iklan program wajib belajar termasuk jenis iklan?

Kita bahas jawaban dari pertanyaan: Berdasarkan sifatnya, iklan program wajib belajar termasuk jenis iklan?…

Kami akan berikan jawaban dan penjelasan dari jawaban tersebut, agar kita lebih paham tentang topik bahasannya.

Berdasarkan sifatnya iklan program wajib belajar termasuk jenis iklan

Berdasarkan sifatnya iklan program wajib belajar termasuk jenis iklan?

  • A. Non niaga
  • B. Pengumuman
  • C. Media cetak
  • D. Niaga

Jawaban:

A. Non niaga


Penjelasan dan Bahasan

Kita tahu bahwa iklan program wajib belajar adalah iklan layanan masyarakat yang di buat oleh pemerintah dengan tujuan agar semua lapisan masyarakat bisa mengenyam pendidikan minimal selama 9 tahun.

Jika kita lihat dari tujuan di atas, maka iklan ini bukan bertujuan untuk memperoleh keuntungan berupa materi, tapi lebih kepada edukasi pentingnya pendidikan.

Sehingga iklan ini masuk kepada jenis iklan non niaga.


Sekilas Tentang Program Wajib Belajar

  1. Wajib belajar adalah program pendidikan minimal yang harus diikuti oleh warga negara Indonesia atas tanggung jawab Pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
  2. Pendidikan dasar adalah jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah, berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat.
  3. Sekolah Dasar yang selanjutnya disebut SD adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar.
  4. Madrasah Ibtidaiyah yang selanjutnya disebut MI adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar, di dalam pembinaan Menteri Agama.
  5. Sekolah Menengah Pertama yang selanjutnya disebut SMP adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar sebagai lanjutan dari SD, MI, atau bentuk lain yang sederajat.
  6. Madrasah Tsanawiyah yang selanjutnya disebut MTs adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar sebagai lanjutan dari SD, MI, atau bentuk lain yang sederajat, di dalam pembinaan Menteri Agama.
  7. Program paket A adalah program pendidikan dasar jalur nonformal yang setara SD.
  8. Program paket B adalah program pendidikan dasar jalur nonformal yang setara SMP.

Fungsi dan Tujuan Program Wajib Belajar

Wajib belajar berfungsi mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara Indonesia.

Wajib belajar bertujuan memberikan pendidikan minimal bagi warga negara Indonesia untuk dapat mengembangkan potensi dirinya agar dapat hidup mandiri di dalam masyarakat atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Demikian jawaban dari pertanyaan Berdasarkan sifatnya, iklan program wajib belajar termasuk jenis iklan apa? dan sedikit penjelasan singkat tentang program wajib belajar, semoga bermanfaat.

Sumber dan penjelasan lengkap tentang  wajib belajar silahkan klik link berikut, https://www.bphn.go.id/data/documents/08pp047.pdf

Baca Juga:

Speak Your Mind

*