Siapakah Khalifah Harun Ar Rasyid?

Siapakah khalifah Harun Ar Rasyid?, pertanyaan ini adalah pertanyaan anak sekolah, mata pelajaran sejarah dan Agama tingkat SMP dan SLTA.

Tapi seharusnya orang dewasa pun mengetahuinya, karena ini adalah sejarah masa keemasan islam, yang jika kita membaca dan mengetahuinya, maka kita akan ada ghiroh atau semangat untuk mengamalkan ajaran islam.

Kita akan jawab pertanyaan ini dengan lengkap, dimulai dari siapa Beliau, siapa orang tua beliau dan jua siapa guru beliau lalu apa yang telah dilakukan beliau selama menjadi khalifah.

Siapakah Khalifah Harun Ar Rasyid?

siapakah khalifah harun ar rasyid

Harun Ar-Rasyid adalah kalifah Abbasiyah generasi ke 5, Beliau menjadi khalifah selama 17 tahun dari tahun 786 sampai tahun 803. Beliau lahir di daerah Khurasan tepatnya di kota Thus pada tahun 766 dan Beliau wafat tanggal 24 maret 809 masehi.

Orang Tua Harun Ar Rasyid

Ayahnya merupakan khlaifah Abbasiyah ke 3 yang bernama Muhammad Al-Mahdi, setelah ayahnya wafat maka khalifah Abbasiyah di gantikan oleh kakaknya khalifah ke 4, setelah kakaknya wafat Harun Ar Rasyid yang menjadi khalifah ke 5.

Nama Ibunya adalah Jurasyiyah mempunyai panggilan Khayzuran Beliau keturunan Yaman

Guru Harun Ar Rasyid

Harun Ar Rasyid sewaktu muda rajin menuntut ilmu agama, dan salah satu gurunya yang terkenal adalah Yahya ibn Khalid Al-Barmak yang berasal dari Iran (persia).

Yang Dilakukan Khalifah Saat Memimpin Muslimin

Masa khalifan Harun Ar Rasyid di kenal sebagai masa keemasan dan kejayaan islam, apa saja yang telah di lakukan khalifah Harun Ar Rasyid selama memimpin pemerintahan Abasyah?.

Beliau berhasil mewujudkan kesejahteraan rakyatnya, juga mewujudkan kedamaian dan keamanan yang lebih baik di bandingkan dengan pemerintahan sebelumnya.

Membangun kota Baghdad dengan bangunan yang megah, membangun banyak tempat ibadah membangun sarana pendidikan perdagangan dan juga kesehatan.

Pada masanya juga berdiri Baitul Hikmah yang berfungsi sebagai pusat pendidikan setara perguruan tinggi juga sebagai pusat penelitian dan perpustakaan.

Mendirikan banyak majelis ilmu baik di masjid di rumah maupun di istananya, sehingga ilmu agama tersebar dan banyak melahirkan ahli ilmu.

Dan pada masa kekhalifahannya juga tidak lepas dengan Qadhi atau penasihat, dan yang terkenal adalah Abu Nawas yang ceritanya banyak tersebar di masyarakat kita, tapi kami tidak punya referensi akan cerita Abu Nawas yang beredar, sehingga kami tidak tahu kesahihannya.

Kesimpulan

Untuk menjawab pertanyaan siapakah Khalifah Harun Ar Rasyid?, maka jawabannya adalah khalifah (pemimpin) ke 5 dari pemerintahan Abasyiah. Wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*