Rancangan Anggaran Biaya Renovasi Rumah

Bagaimana cara membuat Rancangan Anggaran Biaya Renovasi Rumah yang tepat dan mudah?, dalam artikel ini kami akan jelaskan caranya yang sederhana, dan bisa di aplikasikan kepada renovasi yang lebih komplek lagi.

Biaya dalam merenovasi rumah adalah hal yang sangat krusial, kalau memang sultan yang banyak uang mungkin tidak masalah, tapi yang bukan sultan, maka harus menghitung dengan cermat. Agar ketika proses pelaksanaan tidak berhenti karena kehabisan biaya, itulah perlunya kita menghitung rencana anggaran biaya ketika akan renovasi rumah.

Di bawah ini kami akan jelaskan secara garis besar yang sangat sederhana apa yang harus kita lakukan ketika akan merenovasi rumah, lalu kami berikan contoh dalam file exel untuk RAB yang lebih komplek.

Rancangan Anggaran Biaya Renovasi Rumah Sederhana

Tahap Pertama

Sebelum melangkah ke Rancangan Anggaran Biaya, ada hal yang harus di pahami, dan ini sangat penting, jadi jangan di remehkan, apa saja hal tersebut.

  • Tentukan bagian rumah yang mana yang akan di renovasi, lalu tentukan juga akan seperti apa gaya atau bentuk bagian tersebut setelahnya.
  • Tentukan bahan yang akan di gunakan, baik dari segi kualitas maupun modelnya.
  • Tentukan mau pakai sistem apa dalam pengerjaannya, apakah sistem harian atau borongan, apakai pekerja lepas atau kontraktor.
  • Konsisten dengan apa yang sudah kita rencanakan dari awal, jangan ada perubahan ketika sudah jalan, karena ini akan mengacaukan anggaran yang sudah kita buat.

Setelah kita menentukan semua hal di atas, maka untuk merancang anggaran biaya akan lebih mudah, sekarang masuk ke tahap kedua.

Tahap Kedua

Misal kita akan merenovasi kamar mandi agar lebih luas, dan perhitungan yang di dapat adalah:

  • Luas kamar mandi saat ini 1.5 meter persegi, dan akan kita perluas menjadi 2 meter persegi.
  • kita akan ganti keramik di lantai dan di dinding.
  • Kita akan ganti closet dan sower.

Hitung Biaya Bahan Bangunan

Kita hitung kebutuhan keramik terlebih dahulu, misal kita sudah menentukan type dan jenis keramiknya, keramik lantai kita butuh 4 meter dan harga keramik permeternya 50.000, berarti 4×50.000 = 200.000.

Untuk keramik dinding misal tinggi 1 meter, maka butuh keramik sebanyak 6.5 meter meter, sudah di kurangi dengan pintu. harga keramik dinding 50.000×6.5= 325.000.

Semen untuk kamar mandi seluas 2 meter persegi membutuhkan 3 sak semen dan 1/2 kubik pasir, dengan harga 240.000+50.000= 290.000

Closet yang akan kita gunakan merk toto dengan harga 1.000.000 dan shower merk knee harga 200.000.

Total biaya bahan adalah= 200.000+325.000+290.000+1.000.000+200.000= 2.015.000

Hitung Biaya Pekerja

Misal kita sudah tentukan untuk menyewa pekerja harian, yaitu 1 tukang dan 1 kenek, dengan biaya tukang 1 hari 200.000 dan kenek 150.000, biaya tukang ini sudah All in, artinya kita tidak perlu mengeluarkan biaya makan dan rokok.

Setelah konsultasi dengan tukang tersebut, maka di sepakati waktu yang di butuhkan adalah 5 hari, 1 hari untuk membongkar kamar mandi dan 4 hari untuk memasang kembali keramik dan closet.

Maka total biaya untuk tukang dan kenek adalah 5×350.000= 1.750.000.

Total Biaya

Biaya bahan bangunan 2.015.000 + biaya pekerja 1.750.000 = 3.765.000.

Dengan paham alur dan apa yang harus kita lakukan, maka renovasi rumah yang akan kita lakukan akan terarah dan tersusun rapih.

Contoh RAB Renovasi Rumah yang Komplek

Lalu bagaimana kalau misal kita akan renovasi tapi dengan menambah luas rumah?, maka ini perlu perhitungan yang lebih banyak lagi, seperti berapa luas tanah yang akan kita beli kalau tanah tersebut belum kita miliki, berapa biaya besi, batu kali untuk pondasi dan lain lain.

Jika RAB yang sederhana di atas sudah kita pahami, maka membuat RAB yang komplek bukan masalah lagi karena kita sudah paham.

Untuk contoh Rancangan Anggaran Biaya renovasi rumah yang komplek kita langsung ke contoh saja, dan anda bisa lihat di dalam file Exel, silahkan download file tersebut disini.

Baca Juga: Rencana Anggaran Biaya Adalah

Rancangan Anggaran Biaya Renovasi Rumah

Speak Your Mind

*