Qurban Berasal dari Bahasa Arab yang Artinya?

Qurban Berasal dari Bahasa Arab yang Artinya?, di bawah ini akan kami berikan jawaban dan definisi dari Qurban secara lengkap.

Qurban Berasal dari Bahasa Arab yang Artinya

Pertanyaan ini biasa di ajukan kepada pelajar SMP, SLTA, dalam pelajaran Bahasa Arab, yang tentu jawaban dari pertanyaan ini membutuhkan penjelasan yang rinci.

Qurban Berasal dari Bahasa Arab yang Artinya?

Qurban Berasal dari Bahasa Arab yang Artinya dekat, diambil dari kata qariba – yaqrabu – qurban wa qurbanan wa qirbanan.

Qurban dalam Islam juga biasa disebut dengan istilah al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang artinya binatang sembelihan, binatang yang dimaksud adalah unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan 3 hari tasyriq.

Definisi Qurban

Definisi Qurban adalah salah satu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui ritual penyembelihan hewan ternak yang di syariatkan yaitu berupa unta, sapi, kerbau atau kambing, yang di lakukan pada hari Idul Adha atau pada 3 hari tsriq.

Hukum Qurban

Hukum qurban adalah sunnah muakad, artinya sunnah yang paling di anjurkan untuk di lakukan dan bukan wajib.

Jadi siapa saja yang tidak melaksanakan Qurban maka tidak ada dosa baginya, cuma orang yang mempunyai kemampuan berqurban tapi tidak melaksanakannya akan mendapatkan kerugian yang besar karena terlepas darinya pahala yang sangat besar..

Keutamaan Qurban

Amalan ini adalah amalan yang sangat di cintai oleh Allah Subhana huwata ala pada hari raya idul Adha dan orang yang melakukannya akan mendapatkan keuntungan yang besar berupa pahala, hal ini sebagaimana hadits riwayat Tirmidzi dari Ibunda Aisyah radhiallahu anha sebagai berikut:

“Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Kurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu.” [HR Tirmidzi].

Demikian jawaban dari pertanyaan tentang apa arti qurban secara bahasa dan istilah atau definisi, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*