Perbedaan Ceramah dan Pidato Lengkap dari Berbagai Sisi

Perbedaan ceramah dan pidato lengkap dari sisi definis, isi, tujuan, tempat dan siapa yang berhak melakukan, juga tips agar pidato atau ceramah jelas dan terstruktur juga tidak grogi.

perbedaan ceramah dan pidato

Seperti terlihat sama antara cermah dan pidato, padahal ada beberapa sisi yang menjadi perbedaan di antara keduanya, perbedaan tersebut bisa kita lihat dari berbagai sisi diantarannya adalah sebagai berikut.

Perbedaan Ceramah dan Pidato dari Sisi Definisi

Pidato

Pidato adalah suatu kegiatan berbicara dengan suara nyaring atau terdengar secara luas yang di lakukan di depan umum untuk mengemukakan pendapatnya, atau memberikan penjelasan tentang suatu hal yang sifatnya umum.

Pidato juga bisa di katakan sebagai orasi di depan umum.

Ceramah

Ceramah adalah suatu kegiatan berbicara di depan para pendengar dengan isi yang berkenaan dengan agama berupa nasehat dan petunjuk-petunjuk Ilmu Agama

Beda pidato dan ceramah dari sisi definisi adalah: Berbeda dari sisi pendengar dan isi yang di sampaikan.

Perbedaan Ceramah dan Pidato dari Sisi Tema atau Isi

Pidato

Isi dari pidato adalah tentang masalah umum yang sedang di hadapi atau memberikan gambaran tentang suatu masalah yang sifatnya pemberitahuan.

Ceramah

Isi dari ceramah adalah tentang nasihat agama berupa hukum hukum syar’i dan ajakan agar kita bisa mengamalkan agama sesuai dengan petunjuk dari Allah dan Rasul-Nya sallallahu alaihi wassalam.

Beda ceramah dan pidato dari segi isi, adalah tentang tema bahasan, kalau pidato temanya umum, sedang ceramah tema isinya khusus tentang nasihat agama.

Perbedaan Dari Sisi Tujuan

Pidato

Tujuannya adalah untuk menyampaikan gagasan pribadi atau golongan, dan sifatnya baru hasil pemikiran sendiri ataupun hasil dari pemikiran bersama.

Ceramah

Tujuan ceramah adalah untuk menyampaikan nasihat agama juga hukum halal haram, dan sifatnya khusus untuk kaum muslimin berdasarkan dalil dari Al Quran, hadits, ijma ulama dan qiyas.

Beda ceramah dan pidato dari sisi tujuan adalah kalau pidato berkenaan tentang penyampaian gagasan pribadi yang sifatnya baru hasil pemikiran sendiri atau kelompok, sedangkan ceramah tujuannya adalah menyampaikan nasihat agama berdasarkan dalil dan bukan hasil pemikiran sendiri.

Di Lihat Dari Sisi Siapa Yang Menyampaikan

Pidato

Yang bisa menyampaikan pidato adalah siapapun berhak dan bisa berpidato asalkan mempunyai ilmu tentang yang akan di sampaikannya.

Ceramah

Yang bisa menyampaikan ceramah adalah orang yang berkompeten dibidang Agama,seperti ustadz, kiyai ataupun Ulama, tidak semua orang bisa berceramah.

Perbedaan dari sisi yang menyampaikan adalah kalau pidato siapapun berhak dan bisa berpidato asalkan memahami tentang apa yang akan di sampaikan dalam pidatonya tersebut.
Sedangkan ceramah tidak semua orang bisa, tapi harus ahlinya dan biasannya yang berceramah adalah seorang Ustadz,kiyai atau Ulama.

DI Lihat dari Sisi Tempat

Pidato

Bisa di adakan di semua tempat kecuali di masjid, karena di masjid dilarang membicarakan masalah duniawi.

Ceramah

Bisa di lakukan di mana saja, dan bahkan di anjurkan di masjid.

Perbedaan dari sisi tempat adalah kalau pidato tidak bisa dilakukan di masjid sedangkan ceramah lebih utama di lakukan di masjid.

Kesimpulan Perbedaan Ceramah dan Pidato

  • Pidato adalah menyampaikan gagasan ide hasil pemikiran pribadi atau kelompok kepada khalayak umum yang mana gagasan tersebut sifatnya baru yang tujuannya adalah untuk memberi tahu tentang gagasannya tersebut.
  • Ceramah adalah menyampaikan nasihat dan ilmu agama oleh seorang yang berkompeten, seperti ustad kepada umat Islam yang mau menjadi pendengarnya, yang di sampaikan adalah perkara yang sudah ada di dalam Al Quran, Hadits, Ijma Ulama dan qiyas, bukan hasil pemikiran pribadi, dan tujuannya adalah agar pendengar mau mengamalkan agama secara sempurna dan menjadi insan yang bertaqwa.

Demikian uraian dan penjelasan perbedaan ceramah dan pidato secara lengkap, semoga bermanfaat, wallahu a’lam.

Tips Agar Pidato atau Ceramah Terstruktur

Ini adalah tambahan yang penting untuk kita ketahui, karena kebanyakan kita akan kesulitan jika di beri tugas untuk pidato di depan umum.

Pertama dan yang paling penting adalah tanamkan dalam diri kita kalau kita bisa, jadilah orang yang percaya diri pada saat akan berpidato.

Kedua adalah membuat struktur dan kalimat dalam pidato, secara sederhana struktur dari pidato atau ceramah adalah.

  1. Pendahuluan
    Berikan salam dan kalau bisa ucapkan mukadimah ceramah secara singkat, lalu Sampaikan gagasan awal secara garis besar
  2. Isi Pidato
    Tambahkan data pendukung dan sampaikan gagasan kita secara terperinci dan detail, tujuannya agar audiens paham tentang apa yang kita sampaikan.
  3. Penutup
    Sampaikan kesimpulan dari gagasan kita, dan beri penekanan tentang apa yang kita inginkan dari para audien, lalu tutup dengan salam, dan permohonan maaf jika ada sesuatu yang keliru.

Dengan persiapan yang matang dan kepercayaan diri yang tinggi maka kita akan bisa menyampaikan gagasan kita secara baik dan terstruktur.

Ini adalah tambahan dari pembahasan utama tentang pertanyaan apa perbedaan ceramah dan pidato?, yang sudah kami tuliskan diatas.

Ingin mengetahui contoh naskah ceramah atau khutbah silahkan anda baca contoh teks ceramah singkat

Speak Your Mind

*