Penjelasan Aqidah Islam

Pernah mendengar seorang ustadz mengatakan, “Aqidahnya sesat”, “Aqidahnya menyimpang” atau “Aqidahnya rusak”, Maksudnya apa sih dengan ungkapan atau vonis tersebut, sepertinya kok menyeramkan.

Apakah Anda belum begitu paham dengan namanya Aqidah, apakah anda mengaanggap Aqidah hanya tauhid, cukup mengesakan ALLAH سبحانه و تعالى saja.

Apakah anda bingung dengan istilah “Ngaji Tauhid dulu sampai tuntas”, lalu dalam kepala anda berputar dan bertanya dengan membantahnya,”Bukankah tauhid cukup hanya mengesakan AllAh سبحانه و تعالى dan beribadah hanya kepadaNYA” Mengapa seribet ini.

Karena kebingungan dan kemalasan anda untuk belajar, Anda malah mengacuhkan masalah Aqidah ini, Jangan ya Saudaraku…, karena Aqidah ini adalah masalah yang sangat pokok dan penting yang harus di ketahui dan di yakini oleh hatikita serta di amalkan dengan prilaku kita.

Baik, In Sya ALLAH pembahasan kali ini akan mengenai Aqidah Ahlu Sunah Wal Jamaah dengan pembahasan sederhana agar mudah di pahami oleh orang awam, seperti penulis ini, semoga ALLAH سبحانه و تعالى mudahkan.

Apa Itu Aqidah?

aqidah islam

gambar dari youtube

Aqidah adalah:

Keimanan yang kuat kepada Allâh, dan hak-Nya yang berupa tauhid, keimanan kepada malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para nabi-Nya, hari akhir, serta keimanan kepada takdir baik maupun buruk. Dan perkara lainnya yang bercabang dari pokok-pokok ini dan termasuk padanya adalah ushuludin (pokok-pokok agama). [Risâlah al-‘Aqîdah ash-Shahîhah, karya Syaikh Abdul ‘Aziz bin Bâz, hlm. 3-4; dan Risâlah Mujmal Ushûl Aqîdah Ahlis Sunnah wal Jamâ’ah, hlm.5]

Bisa diringkas menjadi: “Keyakinan yang kuat tanpa ragu terhadap rukun Iman dan perkara lain yang berkenaan dengan cabang dari rukun Iman tersebut”.

Aqidah secara bahasa itu sendiri diambil dari kata al-‘aqd dalam bahasa Arab yang mempunyai arti: ikatan, kuat, kokoh, mengokohkan. [Lihat: Lisânul ‘Arab, bab ‘aqada]

Jika anda bertanya apakah aqidah sama dengan tauhid?, jawabannya bisa anda lihat dari definisi di atas, bahwa  Tauhid merupakan cabang dari Aqidah.

Cabang Cabang Aqidah

Cabang Aqidah tentu banyak sekali karena ini berkaitan dengan keyakinan kita yang benar sesuai tuntunan sunah dan AL Quran, dan ulama sudah banyak membahas dalam kitab-kitabnya.

Sebagai contoh: “Kaum liberal menyatakan bahwa nikah sesama jenis boleh” ini merupakan Aqidah yang rusak, karena Aqidah yang benar sesuai dengan sunah dan Al-Quran adalah haram.

Syaikh DR. Sholeh Al Fauzan dalam kitabnya Min Ushul Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah menerangkan tentang 9 prinsip pokok dalam Aqidah. Yaitu:

  1. Rukun Iman (bahasan inilah yang paling sering menjadi perselisihan, yaitu bahasan tentang Tauhid)
  2. Iman mencakup perkataan, perbuatan dan keyakinan, iman bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan sebab kemaksiatan.
  3. Perbuatan dosa selain syirik dan kekufuran tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam.
  4. Wajibnya taat kepada pemerintah Muslim dalam hal yang bukan maksiat.
  5. Larangan memberontak kepada pemerintah selama pemerintah masih muslim.
  6. Larangan mencela para sahabat Nabi saw
  7. Mencintai Ahli Bait Nabi saw
  8. Membenarkan adanya karomah para wali
  9. Berdalil dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah dan mengikuti apa-apa yang dijalankan oleh para sahabat Nabi saw

Pokok atau cabang akidah di atas di ambil dari Al quran dan Hadist menurut pemahaman para sahabat dan ulama salaf, sehingga di sebut juga sebagai Aqidah Ahlus Sunah Wal Jamaah.

Dan memang pembahasan Aqidah yang paling meruncing adalah masalah Aqidah Tauhid yang merupakan bagian dari rukun iman. Dan in Sya Allah nanti akan saya tulis tentang Aqidah tauhid yang benar menurut Al quran dan As sunah. Semoga ALLAH mudahkan.

Kesimpulan Arti Aqidah

  • Aqidah merupakan keyakinan yang kuat di dalam hati kita terhadap pokok agama islam yang bersumber dari Al Quran dan As Sunah menurut pemahaman para ulama salaf.
  • Jika keyakinan kita terhadap pokok agama tidak bersumber dari AL Quran dan As Sunah maka bisa di katakan Aqidah sesat.
  • Walaupun Aqidah kita bersumber dari Al Quran dan As Sunah tapi tidak sesuai dengan pemahaman dari ulama salaf maka Aqidah ini juga di katakan Aqidah yang rusak.
  • Pembahasan Aqidah lebih banyak kepada Rukun Iman terutama masalah Tauhid, Al quran (mahluk atau bukan), dan takdir.

Mohon koreksi dan nasehatnya tentang pembahasan Aqidah ini di kolom komentar, semoga yang mengoreksi dan menasehati di balas oleh ALLAH سبحانه و تعالى dengan pahala yang besar.

Baca kelanjutan dari seri aqidah ini tentang Arti kalimat taulhid Laa Ilaha Ilallaah sesuai dengan AL quran dan sunah, Karena pemahaman kita terhadap kalimat Laa Ilaha Ilallaah selama ini banyak yang tidak sesuai dengan pemahaman para salaf.

Lalu pembahasan tentang syarat-syarat kalimat tauhid Laa Ilaha Ilallaah yang harus di penuhi agar syahadat yang kita ikrarkan sempurna, lalu yang tidak kalah pentingnya adalah pembahasan tentang pembagian tauhid Rububiyah,Uluhiyah dan Asma wa Shifat.

Wallahu A’lam

Leave a Reply