Pengertian Pendidikan Agama Islam

Pengertian pendidikan agama Islam yang kami kutip dari kurikulum PAI, 3: 2002 adalah, suatu upaya secara sadar dengan rencana yang pasti untuk mengajarkan para siswa untuk memahami, mengetahui, merenungkan dan mempercayai “mengimani” ajaran syariat Agama Islam, lalu di ikuti juga dengan mempelajari bagaimana cara menghormati pemeluk agama lain agar tercipta kerukunan antar umat beragama yang pada akhirnya terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.

pengertian pendidikan agama islam

Pengertian Pendidikan Agama Islam Menurut Para Ahli

Menurut Zakiyah Dradjat, pendidikan agama islam adalah salah satu usaha pembinaan dan pengasuhan para siswa siswi supaya memahami ajaran Islam secara menyeluruh “kafah” yang pada akhirnya adalah agar para siswa dapat mengamalkan agama dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai panduan hidup.

Dan menurut Dr. Armai Arief, M.A yang mengartikan pendidikan agama Islam adalah sebagai sebuah proses yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menjadikan manusia yang utuh dan benar, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah azza wajalla serta mampu mewujudkan eksistensinya sebagai khalifah allah di muka bumi, berdasarkan dalil Al Quran dan Sunnah yang pada akhirnya manusia tersebut akan menjadi sebagai insan kamil.

Fungsi dan Tujuan Pendidikan Agama Islam

Di atas sebenarnya sudah terkandung fungsi dan tujuan dari pendidikan agama Islam itu sendiri, tapi belum rinci, dan berikut akan kami rincikan tentang maksud atau tujuan serta fungsi di adakannya pendidikan islam.

Fungsi Pendidikan Agama Islam

Fungsi dari pengajaran Agama Islam adalah sebagai sarana siswa atau manusia pada umumnya untuk lebih memahami esensi ajaran Islam secara benar berdasarkan AL Quran dan Hadits sahih yang di contohkan oleh para Ulama salaf terdahulu.

Tujuan Pendidikan Islam

Tujuan dari pendidikan Agama Islam adalah agar siswa dan manusia pada umumnya bisa mengetahui dengan benar apa saja rincian dari ajaran agama Islam yang harus di ketahui dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai individu kepada Allah “Hablummin Allah” dan juga individu kepada Masyarakat “Hablumminannas“.

Tujuan Pendidikan Islam Menurut Cendikiawan Muslim dan Ulama

Menurut Abdul Rahman Shaleh yang menjelaskan bahwa tujuan pendidikan islam adalah untuk membentuk kepribadian sebagai khalifah di muka bumi, minimalnya untuk mempersiapklan diri kepada tujuan akhir yaitu beriman kepada Allah dan tunduk, berserah diri patuh secara total kepada sang Pencipta.

Menurut Imam Al-Gazali tujuan dari pendidikan dien islam adalah untuk membentuk manusia menjadi insan kamil agar bisa mendekatkan diri kepada Allah azza wajalla yang pada akhirnya adalah akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Rujukan Pendidikan Islam

Rujukan atau panduan dalam mengajarkan pendidikan Agama Islam adalah Al Quran, Hadits dan pendapat juga keterangan dari para Ulama.

Ingat satu hal, pelajaran Agama bukan hanya berdasarkan terjemahan AL Quran dan Hadits saja, tapi harus sesuai dengan pemahaman yang telah di ajarkan oleh Ulama salaf terdahulu, karena merekalah yang lebih paham tentang esensi dari ajaran Islam.

Tidak Cukup di Bangku Sekolah

Menuntut ilmu sejatinya tidak cukup jika hanya mengandalkan pelajaran saat di bangku sekolah, karena kurikulum yang ada sangat terbatas dan waktu pembelajaran yang sangat sedikit.

Bayangkan 1 pekan hanya mendapatkan jatah 2-4 jam saja, itupun tidak mengajarkan pondasi yang kuat sehingga agama di pandang sebagai pelajaran tambahan saja, padahal belajar agama adalah suatu kewajiban bagi seorang muslim.

Seperti yang di jelaskan pada hadits tentang menuntut ilmu riwayat Imam Ibnu Majah berikut:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Tholibul ilmi faridhotan a’la kulli muslimin”

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” [HR. Ibnu Majah no. 224], dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam [Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913]

Maka selayaknya kita di samping belajar agama islam di sekolah hendaknya di tambah juga dengan menuntut ilmu di majelis majelis ilmu terdekat di kota kita, agar tujuan dari pelajaran agama yang kita cita citakan bisa tertanam dan tercapai.

Demikian ringkasan dari pengertian pendidikan agama islam, fungsi dan tujuannya yang bisa kami tuliskan, semoga bermanfaat dan semoga kita menjadi orang yang giat menuntut ilmu serta mudah dalam mengamalkan ilmu. Wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*