Pengertian Agama Islam Secara Umum Lengkap, Jelas dan Sesuai Dalil

Bahasan kali ini tentang pengertian Agama Islam secara umum lengkap dan jelas mudah di pahami berdasarkan dalil AL Quran dan Hadits di sertai juga dengan perumpamaan agar lebih mudah untuk di mengerti.

Agama islam adalah Agama dengan pemeluk terbesar ke 2 di dunia, berdasarkan Survei Pew Research Reports pada tahun 2020, artinya Agama Islam ini memang besar dan tersebar di berbagai penjuru dunia.

Tapi kebanyakan kita ketika di tanya Apa itu Islam?, malah bingung untuk menjelaskan Islam secara umum yang mudah untuk di cerna dan di terima oleh sang penanya.

Padahal, pertanyaan ini adalah pertanyaan dasar yang seharusnya setiap muslim bisa memberikan jawaban secara spontan dengan jelas dan mudah untuk di pahami.

Apa Itu Islam?

Arti Islam secara istilah adalah Agama samawi yang di turunkan oleh Allah Subhanahuwataala kepada para Nabi dan Rasul-Nya, dari Nabi Adam Alaihiwassalam sampai Nabi Muhammad Salallahu alaihi wassalam.

Semua Nabi dan Rasul di utus kepada kaumnya, kecuali Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam yang di utus untuk seluruh manusia dan jin.

Jadi agama yang di bawa oleh para nabi dan rasul adalah agama Islam, entah itu Nabi Adam, Nabi Musa, Nabi Isa alaihiwassalam sampai Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam yang di utus sebagai penyempurna ajaran Islam dan berlaku untuk seluruh manusia dan jin.

Pengertian Agama Islam Secara Umum

pengertian agama islam

Pengertian Agama Islam secara umum adalah, berserah diri, tunduk dan patuh kepada apa yang telah di turunkan oleh Allah (syariat Islam) kepada Nabi dan Rasul-Nya, melalui petunjuk yang ada pada kitab suci masing masing nabi dan Rasul tersebut.

Pengertian Islam Secara Khusus

Agama yang di turunkan oleh Allah azza wajalla kepada Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam dengan perantara Malaikat Jibril alaihissalam dan di ajarkan kepada umat manusia sebagai pedoman juga petunjuknya dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Mentauhidkan Allah, melaksanakan semua perintah baik ibadah juga muamalah sesuai dengan yang di contohkan dalam ilmu Syar’i juga meninggalkan larangan-Nya.

Arti Islam Secara Bahasa

Sedangkan arti islam arti Islam secara bahasa Arab adalah Assalmu = Damai, Kedamaian, Aslama = Taat, Berserah diri, Istaslama = Berserah diri, Saliim = Bersih, Suci, Salaam Selamat, Keselamatan.

Kesimpulan arti Islam secara bahasa adalah tunduk, patuh dan berserah diri.

Apa makna dari berserah diri, tunduk dan patuh tersebut?.

Maknanya kita harus mengikuti apapun yang di perintahkan dan meninggalkan apapun yang di larang tanpa bantahan dan tanpa mencari alasan untuk melanggarnya.

Perumpamaan

Di ibaratkan kita di dalam kondisi peperangan, saat kita tertangkap dan di tawan oleh musuh, maka kita pun akan menyerah dan melakukan apapun yang di perintahkan oleh musuh tersebut tanpa bantahan dan alasan.

Saat kaki atau tangan kita di borgol, apakah kita akan mengatakan, “jangan di borgol pak, tangan saya lagi sakit”, saat kita di suruh merangkak, ketika kita di suruh makan makanan dan pakaian tidak layak, apakah kita akan mengatakan sesuatu sebagai tanda kita protes?.

Tentu tidak, malah sebaiknya kita akan tunduk dan patuh kepada musuh yang menawan kita, karena kalau kita protes atau membangkang, maka kita akan mendapatkan perlakuan yang lebih keras lagi.

Begitupun kita dalam berislam, kita tunduk dan patuh kepada Allah “aturan syariat“, ketika ada perintah puasa, maka kita puasa, ketika ada perintah sholat, maka kita sholat ketika ada larangan memakan babi, maka kita jauhi, dan lain sebagainya.

Jika kita tidak mematuhi atau melanggar apapun yang di perintah dan di larang, maka Allah akan murka dan kita akan mendapatkan balasan yang sangat pedih, di dunia maupun di akhirat.

Sebaliknya jika kita tunduk, patuh dan berserah diri melaksanakan semua perintah-Nya juga meninggalkan semua larangan-Nya, maka kita akan suci dan selamat dari keburukan di dunia maupun di akhirat.

Dalil Tentang Pengertian Islam

Al Quran

Surat Ali Imran Ayat 19 Allah ta’ala Berfirman:

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

Artinya: “Sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam.” [QS. Ali Imran: 19].

Surat Ali Imran ayat 52 Allah ta’ala Berfirman:

فَلَمَّا أَحَسَّ عِيسَى مِنْهُمُ الْكُفْرَ قَالَ مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللَّهِ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللَّهِ آَمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

Artinya: Maka tatkala Isa mengetahui kekufuran mereka (Bani lsrail) berkatalah dia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?” Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: “Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri. [QS. Ali Imran: 52].

Surat Ali Imran Ayat 67 Allah ta’ala Berfirman:

مَا كَانَ إِبْرَاهِيمُ يَهُودِيًّا وَلَا نَصْرَانِيًّا وَلَكِنْ كَانَ حَنِيفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Artinya: Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri dan bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik. [Q.S. Ali Imran: 67].

Surat Ali Imran Ayat 85 Allah ta’ala Berfirman:

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآَخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Artinya: “Dan siapa saja yang mencari agama selain Islam, maka tidak akan diterima darinya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi.” [Q.S. Ali Imran: 85].

Surat Al-Maidah Ayat 3 Allah ta’ala Berfirman:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Artinya: “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu “ [Q.S. Al-Maidah: 3].

Itulah dalil tentang arti islam yang terdapat dalam AL Quran, selanjutnya apa arti islam menurut hadits.

Hadits

Ada hadits sahih riwayat Imam Muslim tentang rukun Islam, yang di kenal dengan hadits jibril, karena di dalam hadits ini Nabi jibril menjelma sebagai manusia dan mengajarkan tentang rukun Islam kepada Nabi.

Hadits Riwayat Imam Muslim

Dari Umar radhiyallahu ta’ala ‘anhu berkata, “Ketika kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba muncul seorang lelaki yang pakaiannya sangat putih, rambutnya sangat hitam, pada dirinya tidak terlihat tanda-tanda seorang musafir, namun tidak ada satu pun di antara kami yang mengenalnya.

Hingga ia duduk di dekat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dia menempelkan lututnya ke lutut Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan meletakkan telapak tangannya di atas paha Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dan ia berkata, ‘Wahai Muhammad, jelaskan padaku tentang islam? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Islam adalah engkau bersyahadat bahwasanya tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhan, dan melaksanakan haji ke Baitullah jika engkau mampu melaksanakannya.” [H.R. Muslim].

Kesimpulan

Arti Islam secara bahasa adalah, Assalmu = Damai, Kedamaian, Aslama = Taat, Berserah diri, Istaslama = Berserah diri, Saliim = Bersih, Suci, Salaam Selamat, Keselamatan.

Arti Islam secara istilah adalah, agama samawi yang di turunkan kepada semua Nabi dan Rasul dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad Salallahu alaihi wassalam, yang mengharuskan pemeluknya untuk tunduk, patuh dan berserah diri dengan mentauhidkan Allah, melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Pengertian Islam secara khusus hari ini adalah, Agama yang di turunkan oleh Allah azza wajalla kepada Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam dengan perantara Malaikat Jibril alaihissalam dan di ajarkan kepada umat manusia sebagai pedoman juga petunjuknya dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Tunduk dan patuh serta berserah diri terhadap apapun hukum yang telah di turunkan Allah, itulah islam yang benar, dan pahami ini dengan baik, ingat kita seperti tawanan yang seharusnya menuruti apa saja perintah dari sang Maha Kuasa “Allah azza wa jalla”.

Demikian bahasan kali ini tentang pengertian Islam di tinjau dari bahasa, istilah dan juga pengertian khusus, semoga bisa di pahami dan islam bisa di aplikasikan dalam kehidupan kita sehari hari. Wallahu a’lam.

Baca juga:

Speak Your Mind

*