Orang Yang Mengumandangkan Adzan Disebut?, “Penjelasan Lengkap”

Orang yang mengumandangkan adzan disebut dengan muadzin, berikut ini penjelasan lengkap tentang adzan, dari sejarah sampai keutamaan muadzin dalam Islam

Orang Yang Mengumandangkan Adzan Disebut

Adzan adalah panggilan untuk melaksanakan sholat di masjid, walau kadang kita menyebutnya sebagai tanda waktu masuk sholat wajib.

Sejarah Adzan

Umat muslim pada tahun ke 2 hijriah semakin banyak, biasanya para sahabat Nabi menunggu di masjid tatkala akan di dirikan sholat berjamaah.

Karena umat Muslim semakin banyak dan mereka tersebar di berbagai tempat yang jauh dari masjid, sehingga banyak yang tidak sadar kalau sudah masuk waktu sholat sedangkan mereka asik melakukan aktifitasnya.

Para sahabat akhirnya mengusulkan kepada Nabi Muhammad agar mengadakan suatu panggilan atau tanda akan masuknya sholat.

Para sahabat mengusulkan menggunakan lonceng seperti yang di perbuat orang nasrani, ada yang mengusulkan dengan meniup terompet sebagaimana orang yahudi.

Semua usulan tersebut di tolak oleh Rasullullah, hingga akhirnya ada sahabat yang bernama Abdullah bin Zaid bermimpi bertemu orang berjubah hijau dan mengajarkan tentang adzan, beliau bercerita.

“Semula Abdullah bin Zaid berniat membeli lonceng yang dibawa orang berjubah hijau tersebut untuk memanggil orang-orang untuk shalat di masjid. Tapi orang berjubah tersebut menyarankan kepada Abdullah bin Zaid untuk mengucapkan serangkaian kalimat sebagai penanda waktu shalat telah datang.

Serangkaian kalimat yang dimaksud adalah: Allahu Akbar Allahu Akbar, Asyhadu alla ilaha illallah, Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah, Hayya ‘alash sholah hayya ‘alash sholah, Hayya ‘alal falah hayya ‘alal falah, Allahu Akbar Allahu Akbar, dan La ilaha illallah.”

Setelah mendengar cerita dari Abdullah bin Zaid, Rasullullah setuju untuk menggunakan adzan sebagai penanda dan panggilan waktu sholat.

Lalu memerintahkan Adullah mengajarkan Bilal bin Rabah untuk mengumandangkan adzan.

Orang Pertama Yang Mengumandangkan Adzan

Bilal adalah orang pertama yang mengumandangkan adzan dan terkenal dengan muadzin rasullullah, karena Bilal mempunyai suara yang lantang, keras dan merdu.

Keutamaan Muadzin

  • Mendapatkan pahala yang besar, rasul menceritakan kalau saja orang tahu akan pahalanya yang besar maka kita akan berebut untuk mengumandangkannya.
  • Semua makhluk yang mendengar suara adzan yang kita kumandangkan maka akan menajadi saksi kebaikan kelak di akhirat.
  • Akan mendapatkan pahala sholat orang-orang yang mendatangi seruan adzan yang dikumandangkannya.
  • Mendapatkan janji surga dari Allah.
  • Di ampuni dosa dosa kita.

Orang Yang Mengumandangkan Adzan Disebut?

Jawaban dari pertanyaan orang yang mengumandangkan adzan disebut dengan apa?, maka jawabannya adalah di sebut dengan Muadzin.

Siapa orang yang pertama mengumandangkan adzan?

Jawabannya adalah sahabat Bilal bin Rabbah.

Mengapa Bilal bin Rabbah dipilih sebagai Muadzin Rasullullah?

Karena suara Bilal bin Rabbah adalah yang paling kencang dan merdu.

Demikian jawaban tentang pertanyaan seputar adzan, semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*