Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Jujur?

Mengapa kita harus memiliki sifat jujur?, ini adalah pertanyaan yang terlihat mudah tapi untuk menjawabnya pertanyaan ini terasa sulit dalam merangkai katanya.

Akan kami berikan jawaban dari pertanyaan ini dengan singkat dan jelas, tidak lupa kami tuliskan juga dalil atau landasan atas jawaban mengapa kita harus jujur?.

Sebelum menjawabnya akan kami uraikan terlebih dahulu tentang apa arti sifat jujur itu sendiri agar mudah dalam menjawab pertanyaan ini.

Rangkaian tulisan ini di buat tidak lain agar kita bisa menjawabnya dengan tepat, yakin dan mudah untuk menerangkan kembali kepada orang lain.

Arti Sifat Jujur

Sifat adalah tabiat atau tindakan yang biasa kita lakukan tanpa perlu kita berfikir lagi, sifat melekat pada diri seseorang dan terjadi secara otomatis.

Jujur adalah tidak berbohong dalam artian kita berkata apa yang sebenar-benarnya kita ketahui dan melakukan apapun yang sudah menjadi kesepakatan, jadi jujur terbagi dua yaitu dalam perkataan dan dalam perilaku atau tindakan.

Dari dua definisi tersebut maka bisa di simpulkan sifat jujur adalah tabiat atau suatu tindakan yang biasa kita lakukan sesuai dengan yang kita yakini dan ketahui.

Singkatnya, “kita biasa untuk berkata dan bertindak sesuai dengan yang kita ketahui dan niatkan”

Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Jujur?, Karena…

Pertama kita jawab dengan poin poin umum, setelahnya kita jawab secara singkat berdasarkan dalil hadits tentang jujur agar mudah untuk di pahami, berikut alasannya:

  • Karena jujur adalah perintah Allah dan Rasulnya Sallalahu alaihi wassalam
  • Karena dalam syariat Islam jujur adalah kewajiban
  • Karena tidak jujur (berbohong) sama dengan bermaksiat dan dosa
  • Karena tidak jujur (berbohong) berarti kita akan di azab oleh Allah didunia maupun kelak di akhirat
  • Karena dengan jujur hidup kita akan tenang
  • Karena dengan jujur hidup kita akan berkah
  • Karena dengan jujur kita akan terhindar dari sifat munafik
  • Karena dengan jujur kita akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat
  • Karena dengan jujur kita akan di sukai oleh orang lain
  • Karena dengan jujur kita akan mendapatkan surga yang telah di janjikan oleh Allah azza wajalla

mengapa kita harus memiliki sifat jujur

Jawaban singkat-nya, karena jujur adalah perintah Allah dan Nabi-Nya sallalahu alaihi wassalam yang wajib untuk di ikuti dan jujur juga adalah sifat baik, yang mana sifat baik akan mengantarkan kita ke surga.

Dalil atas jawaban ini adalah hadits riwayat. Ahmad, Bukhari dan muslim dari sahabat Abdullah bin Masud, berikut:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْد رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِيْ إِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيْقًا ، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إِلَى الْفُجُوْرِ ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا

Artinya: Dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhuma, ia berkata: “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).’ [HR Bukhari dan Muslim].

Kesimpulan Mengapa Kita Harus Jujur

Jawaban dari mengapa kita harus memiliki sifat jujur adalah dengan jawaban umum seperti jawaban dengan poin di atas, dan jawaban singkat mengapa kita harus jujur adalah  karena jujur itu sendiri adalah kewajiban yang harus kita lakukan dan jujur sangat baik dan kebaikan tersebut akan mengantarkan kita ke dalam surga. Wallahu a’lam.

Speak Your Mind

*