Mengapa Hari Kiamat Disebut Juga Hari Pembalasan?

Kita masih membahas tentang pertanyaan hari kiamat, seperti biasa kita akan jawab setiap pertanyaan dengan dalil sahih dari Al Qur’an maupun hadits, pertanyaan untuk kali ini adalah, Mengapa hari kiamat disebut juga hari pembalasan?.

Untuk pertanyaan ini kita akan jawab, pertama dengan uraian secara dalil Aqli atau akal, kedua akan kita tuliskan dasar pijakan atau dalil Naqli dari Ayat Al Quran dan hadits yang sesuai.

Perlu di perhatikan juga, pertanyaan ini adalah berkaitan dengan aqidah yang mana semua muslim tanpa terkecuali harus mengimani dan meyakini akan kebenaran datangnya hari kiamat, Baik berikut jawabannya secara lengkap dan ringkas.

Mengapa Hari Kiamat Disebut Juga Hari Pembalasan?

  1. Karena Untuk Menegakan Keadilan. Alasannya, Selama kita hidup di dunia ini manusia terbagi menjadi 2, yaitu manusia yang berbuat dosa atau zalim dan manusia yang berbuat kebaikan atau terzalimi. Agar adil maka semua perilaku kita di dunia ini pada hari kiamat akan di mintai pertanggung jawaban dengan membalas pelaku dosa dengan siksa neraka dan yang taat dengan surga.
  2. Karena sesuai dengan janji Allah, Banyak dalil dari Al Quran dan hadits yang menerangkan bahwa kelak diakhirat setelah hari kiamat Allah akan memberikan adzab yang pedih kepada manusia yang berbuat dosa dan memberikan nikmat bagi siapa saja yang taat, dan Allah tidak mungkin mengingkari janjinya.

Jawaban ini sesuai dengan Firman Allah di dalam Al Quran berikut:

وَأَنْذِرْهُمْ يَوْمَ الْحَسْرَةِ إِذْ قُضِيَ الأمْرُ وَهُمْ فِي غَفْلَةٍ وَهُمْ لا يُؤْمِنُونَ

“Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputuskan, sedang mereka dalam keadaan lalai dan tidak beriman.” (QS. Maryam: 39).

Dalam surat Maryam ayat 39 ini Allah mengabarkan kepada kita bahwa hari itu banyak orang menyesal (karena lalai dan tidak beriman kepada hari kiamat) setelah di lakukan pengadilan atas apa yang pernah di lakukan selama hidup di dunia, dan ini menandakan balasan yang Allah janjikan kepadanya.

مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ

“Yang menguasai di Hari Pembalasan.” (QS. Al-Fatihah: 4).

Dalam Surat Al Fatihah ayat ke 4 Allah mengabarkan bahwa hari kiamat dan akhirat sebagai hari pembalasan dan hanya Allah Subhana hu wataala sajalah yang berkuasa pada saat itu.

Jawaban Ringkas

Di atas adalah jawaban yang sedikit panjang, karena di sertai dengan argumen dan dalil, tapi untuk menjawab pertanyaan ini secara ringkas adalah:

Karena Untuk Menegakkan Keadilan dan sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Fatihah ayat ke 4 yang berbunyi: مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ artinya “Yang menguasai di Hari Pembalasan.”

Bisa juga di jawab dengan:

“Karena hari itu adalah hari dimana semua manusia mempertanggung jawabkan atas apa yang pernah dilakukannya di dunia, yang berdosa di balas neraka dan yang alim akan di balas surga”

mengapa hari kiamat disebut juga hari pembalasan

Itulah jawaban atas pertanyaan, Mengapa hari kiamat disebut juga hari pembalasan secara lengkap dan ringkas.

Baca Juga Pertanyaan dan Jawaban Berikut:

Speak Your Mind

*