Kondisi Jenazah Setelah 40 Hari

Bagaimana Kondisi jenazah setelah 40 hari?, ada yang ingin tahu jawabannya, simak jawaban berikut yang berdasarkan riset dan penelitian terkini.

Kondisi Jenazah Setelah 40 Hari

Kematian pasti akan datang dan kita sebenarnya sadar atau tidak sadar meyakini dan tahu akan hal ini, cuma banyak dari kita menghindar membicarakan tentang kematian, karena bagi sebagian orang ini adalah hal yang sangat menakutkan.

Sebelumnya sudah kami bahas tentang keadaan roh setelah kematian berdasarkan dalil dari Al Quran dan Hadis sahih, sekarang kita akan tuliskan keadaan jenazah ketika orang meninggal dunia.

Kondisi Jenazah Setelah 40 Hari

Seperti kita ketahui jika manusia meninggal dunia, maka jasad dan ruhnya akan berpisah, roh akan melakukan perjalanannya sendiri, sedangkan jasad atau tubuh akan hancur sampai menjadi tulang belulang.

Terkait kondisi jenazah setelah 40 hari maka jenazah sudah membusuk dan sedang di makan oleh bakteri dan belatung.

Baca juga: Roh Orang Meninggal Sebelum 40 Hari

Lalu bagaimana tahap demi tahap tubuh atau jasad dari jenazah menjadi tulang belulang?. Di kutip dari portal berita theguardian.com bahwa kondisi jenazah setelah kematian mengalami hal hal berikut:

  1. Otak Berhenti Bekerja
    Dalam hitungan detik otak kita akan tersentak dan berhenti atau tidak berfungsi lagi, meskipun aktivitas listrik masih ada sampai kira kira 15 menit setelah tidak berfungsinya otak.
  2. Suhu Tubuh Turun
    Suhu tubuh dari jasad akan menurun sebesar 10 derajat celsius per jam sampai mencapai suhu ruangan, inilah alasan kenapa suhu tubuh orang yang meninggal terasa dingin.
  3. Sel Sel Mati
    Dalam hitungan menit satu per satu sel sel di dalam tubuh akan mati, ini disebabkan karena tidak ada suplai oksigen sehingga sel sel kekurangan oksigen dan mati lalu hancur, dan inilah proses pertama dari pembusukan tubuh atau jenazah.
  4. Tubuh Kaku
    Dalam hitungan jam tubuh jasad akan kaku, ini terjadi karena kalsium yang terbentuk di dalam otot, kakunya tubuh ini akan berlangsung selama kurang lebih 36 jam.
  5. Tubuh Kembali Lemas
    Setelah 36 jam, tubuh jasad akan kembali lemas atau rileks, dan pada tahap ini akan keluar semua sisa kotoran dan urin dari tubuh.
  6. Kulit Mengering dan Menyusut
    Dalam hitungan jam, kulit jenazah akan mengering dan menyusut seiring dengan mengeringnya kulit, dan akan terlihat kuku serta rambut seperti sedikit memanjang, ini menjadi alasan kenapa seorang yang meninggal terlihat rambut dan kukunya tumbuh.
  7. Darah Mengalir Kebawah
    Jika masih hidup aliran darah mengalir ke semua bagian tubuh, maka setelah meninggal karena jantung berhenti memompa maka dalam hitungan jam darah akan berkumpul di bagian bawah sesuai dengan gaya gravitasi. Pada tahap ini kulit jenazah akan terlihat pucat dan di penuhi dengan bercak merah.
  8. Tubuh Menghijau
    Dalam hitungan hari, tubuh dari jenazah akan berwarna kehijauan, ini di sebabkan karena enzim dalam organ mulai mencerna diri mereka sendiri dengan di bantu oleh bakteri yang ada di dalam enzim tersebut.
  9. Tubuh Membusuk
    Dalam hitungan hari tubuh akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap, ini terjadi karena jenazah telah membusuk dan mengeluarkan zat kimia yang bernama putrescine atau cadaverine.
  10. Belatung Memakan Tubuh
    Dalam hitungan minggu, belatung akang mulai memakan sedikit demi sedikit tubuh jenazah, dan tahukah kalau dalam waktu satu minggu belatung dapat menghabiskan 60% dari tubuh jenazah.
  11. Tubuh Berwarna Keunguan
    Dalam hitungan minggu tubuh jenazah akan berwarna keunguan dan setelahnya akan berwarna hitam, ini akibat dari bakteri yang menggerogoti tubuh jenazah secara terus menerus.
  12. Rambut Rontok
    Dalam hitungan minggu rambut jenazah akan mulai rontok, ini karena rambut tidak mendapatkan nutrisi yang di butuhkannya, sehingga akar rambut menjadi lemah dan menahan beban dari rambut jenazah.
  13. Menjadi Kerangka
    Dalam hitungan bulan, tubuh jenazah tinggal kerangka saja atau tulang belulang, jika jenazah di diamkan di suhu 10 derajat celsius maka butuh waktu setidaknya 4 bulan untuk menjadi kerangka atau tengkorak.

Jenazah Setelah 7 Hari

Berdasarkan penelitian di atas maka jenazah setelah 7 hari kita ketahui sudah berwarna hijau karena di gerogoti oleh bakteri, dan sudah mulai tercium bau busuk akibat dari keluarnya zat kimia yang bernama putrescine atau cadaverine.

Baca: 7 hari setelah kematian menurut Islam

Kondisi Mayat Setelah 100 Hari

Kalau kita lihat tahapan riset dari theguardian tersebut di atas maka dalam 100 hari kondisi mayat sudah menjadi tulang belulang.

Tapi jika didiamkan di suhu 10 derajat celsius atau kurang maka mayit belum sepenuhnya berbentuk tulang, tapi masih ada serat serat otot lembut yang akan menjadi bagian terakhir sebelum menjadi kerangka secara utuh.

Gambar Pembusukan Mayat

Gambar di bawah ini bagi sebagian orang akan sangat menjijikan, maka kami sembunyikan “hiden” dan hanya yang ingin melihatnya saja yang di persilahkan untuk membukanya.

Untuk membukannya silahkan klik yang di bawah ini:

Buka Gambar Pembusukan Mayat
Maaf gambar kami hapus karena banyak yang protes dan memang tidak layak untuk di lihat

Demikian tahapan dan proses dan kondisi jenazah setelah 40 hari dan prosesnya menjadi tengkorak atau tulang belulang, semoga di sisa kehidupan kita bisa diisi dengan amal kebaikan, sehingga jasad kita boleh hancur tapi ruh kita bahagia di alam kubur.

Speak Your Mind

*