Kisah Nabi Muhammad “Pendahuluan”

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Segala puji hanya untuk ALLAH Azza wa Jalla, yang telah memberikan kepada kita nikmat iman, islam dan berbagai nikmat yang tidak akan habis jika di tuliskan seluruhnya, shalawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi MUHAMMAD ﷺ kepada keluarganya, sahabatnya dan pengikutnya sampai hari kiamat Amma Ba’du.

Dalam kesempatan ini, saya akan menuliskan sirah nabawiyah, sirah manusia agung, sirah manusia sempurna dan sirah manusia yang sangat patut untuk di tiru, dari ucapan, tingkah laku (ahlak), pandangan dan jalan hidupnya.

Tidak ada manusia di bumi ini sampai hari kiamat yang akan menyerupai beliau ﷺ, karna beliau ﷺ adalah manusia sempurna yang ALLAH Azza wa Jalla ciptakan untuk membawa risalahnya.

Pentingnya Mempelajari Sirah Nabawiyah

Sirah nabawiyah-pendahuluan

Kewajiban setiap muslim untuk mengetahui dan mengenal Nabi yang mulia ini ﷺ, di tengah jaman fitnah yang sangat kuat di zaman ini, susahnya mencari teladan yang baik, karena informasi saat ini lebih banyak kepada masalah dunia yang tidak ada habisnya.

Untuk mencintai seseorang maka kita harus mengenalnya, begitupun dengan pembawa risalah agung ini ﷺ, dengan mengenalnya maka mudah mudahan hati kita di berikan oleh ALLAH Azza wa Jalla kecintaan kepada Beliau ﷺ lebih dari cinta kepada keluarga, anak, harta bahkan kepada diri sendiri, Karena hanya ALLAH sajalah yang maha membolak-balikan hati.

Tujuan Penulisan Sirah Nabawiyah

Dengan mengetahui perjalanan beliau ﷺ dalam mengemban risalah yang sangat besar ini, mengetahui tentang sejarah beliau ﷺ yang pada akhirnya bertujuan untuk menambah keimanan dan ketaatan kepada ajaran yang beliau ﷺ bawa.

Sebagai rangkuman atau pencatatan ilmu yang saya dapat agar tidak mudah lepas seperti lepasnya hewan buruan yang telah saya dapat dari hasil berburu.

Sumber Tulisan

  1. Dari Wa group yang membahas tentang sirah
  2. Dari ceramah atau kajian Ustadz Khalid Basalamah Hafizahullaah
  3. Dari kitab sirah

Metode Penulisan

Tulisan Sirah nabawiyah ini pasti akan sangat panjang, untuk menyiasatinya maka akan saya buat berseri.

Untuk memudahkan pembaca akan saya buatkan halaman daftar isi.

Dan untuk update tulisan saya usahakan paling lama 1 kali dalam seminggu, Setiap seri yang sudah saya tulis akan saya masukan ke dalam halaman daftar isi, berupa link.

Untuk melihat daftar isi silahkan anda klik:

Daftar Isi SIrah Nabawiyah

Semoga ALLAH Azza wa Jalla memudahkan saya dalam proses penulisan sirah manusia agung ini ﷺ dan semoga para pembaca mendapatkan manfaat dari penulisan ini.

Leave a Reply