Jenis Jenis Buku Fiksi

Jenis jenis buku fiksi – Kali ini kita akan mengenal tentang apa saja jenis dari buku fiksi?, ada berapa jenisnya dan apa saja contohnya, berikut bahasannya.

Jenis Jenis Buku Fiksi dan contohnya

Seperti yang sudah kita ketahui tentang apa itu buku fiksi, yaitu suatu buku yang berisikan tulisan fiktif atau imajinasi saja yang bukan suatu kejadian nyata.

Sekarang kita akan bahas tentang jenis dari buku fiksi beserta contohnya dengan tulisan yang sederhana agar mudah di pahami.

Jenis-Jenis Buku Fiksi

Jenis buku fiksi ada 5 yaitu:

  1. Buku Cerita Pendek (Cerpen)
  2. Novel
  3. Komik
  4. Buku Kumpulan Dongeng
  5. Buku Cerita Bergambar (Cergam)

Kita bahas satu persatu jenis buku fiksi tersebut, berikut ini.

1. Buku Cerpen (Cerita pendek)

jenis buku fiksi cerpen mereka mengeja larangan mengemis

Cerita pendek atau cerpen adalah cerita singkat yang isinya merupakan karangan fiksi dari penulisnya yang tidak nyata, sehingga cerpen masuk kepada jenis buku cerita fiksi.

Walaupun ada juga cerpen yang di tulis dengan mengambil tema kisah nyata atau kejadian nyata, tapi isi dari cerita tersebut masih dikembangkan dengan mengandalkan imajinasi penulisnya, dan hanya sedikit kisah nyata yang di tuliskan.

Cerpen menggunakan gaya tulis yang sifatnya naratif dengan menampilkan intrik dan konflik pada setiap tokoh sehingga cerpen menjadi lebih menarik untuk di baca. Cerpen biasanya ditulis kurang dari 10.000 kata.

Contoh Cerpen

Contoh buku cerpen adalah, Cerpen Pilihan Kompas 2019 – Mereka Mengeja Larangan Mengemis, Sejarah Nyeri karya Yuditeha, Dunia dalam mata yang merupakan kumpulan cerpen fiksi mini karya Agus Noor , dan masih banyak buku cerpen lainnya.

Baca Juga: Unsur Buku Fiksi dan Ciri Ciri Buku Fiksi

2. Buku Novel

Jenis novel fiksi sadena dan sandra

Novel merupakan karya tulis yang masuk ke dalam jenis buku fiksi, karena isi dari novel merupakan hasil dari karangan imajinatif penulisnya.

Novel sendiri adalah sebuah buku yang isinya adalah rangkaian cerita yang menonjolkan seorang tokoh dengan berbagai intrik dan permasalahan dengan ending yang biasanya membagongkan…he..he.

Novel tentu tidak sama dengan cerpen karena novel terdiri dari banyak kata yang menjadikan novel sebuah buku yang lumayan tebal dan tidak bisa dibaca sebentar layaknya cerpen, membaca novel membutuhkan waktu berjam jam.

Sebuah novel juga mempunyai unsur intrinsik dan ekstrinsik, yaitu tema yang diangkat, alur cerita, latar, tokoh, gaya bahasa dan amanat, juga unsur ekstrinsik berupa latar belakang dari penulis dll. 

Ciri Ciri Novel adalah kata-katanya yang banyak sampai 30 ribu kata lebih, ditulis dengan gaya bahasa naratif dan deskriptip sehingga lebih jelas dan menarik, alur cerita yang sangat komplek dengan ending yang menghasilkan antiklimaks.

Contoh Novel

PS I LIKE YOU karya Kasie West, buku novel SADENA DAN SANDRA karya Wulansadi, BUKU NOVEL CERITA GLEN ANGGARA karya ari Luluk Hf , buku Aroma Karsa karya Dee Lestari dan masih banyak lainnya.

3. Buku Komik

komik fiksi one piece

Sepertinya kita tidak asing dengan yang namanya komik, kalau dahulu ada komik Si Petruk yang hampir seluruh orang Indonesia mengenalnya dan sekarang ada One Piece, Doraemon, dan rata rata orang suka membaca komik karena memang menampilkan gambar yang menarik.

Komik sendiri adalah buku karangan atau cerita fiksi yang isinya berupa gambar dengan teks dan mempunyai alur cerita.

Tentu pembuatan komik berbeda dengan buku fiksi lainnya, karena di samping alur cerita berupa teks, kita juga harus membuat gambar sesuai dengan tema dan alur cerita yang kita buat.

Unsur-unsur dalam komik meliputi penokohan, alur, tema dan moral, hingga gambar dan bahasa.

Contoh Komik

Contoh buku fiksi komik yang sekarang terkenal adalah One Piece, Detective Conan, Dora emon, si petruk, danmasih banyak lainnya. 

4. Buku Kumpulan Dongeng

buku fiksi kumpulan dongeng malin kundang si anak durhaka

Dongeng identik dengan bacaan anak anak, walaupun orang dewasapun tidak sedikit yang menyukainya, dan buku kumpulan dongeng ini isinya berupa cerita rakyat atau cerita zaman dahulu.

Kalau kita baca kisah malin kundang, kisah sangkuriang dan yang sering di baca anak anak seperti si kancil, timun mas, itu adalah cerita dongeng.

Dongeng sendiri sebenarnya adalah karangan fiksi belaka bukan suatu kejadian nyata, walau di kaitkan dengan nama suatu objek tertentu, karena sejatinya dongeng adalah hasil dari imajinasi penulisnya.

Dan dongeng tidak hanya ada di Indonesia saja, tapi di mancanegara juga banyak dongeng yang terkenal seperti Dongeng Putri Salju, Pinokio dan lainnya.

5. Buku Cerita Bergambar (Cergam)

contoh cergam fiksi paman gober

Cerita bergambar atau Cergam sebenarnya mirip dan banyak orang menyebutnya sebagai komik, karena memang buku ini menampilkan gambar seperti komik.

Tapi sebenarnya cergam dan komik berbeda, karena cergam adalah cerita yang di lengkapi dengan gambar, artinya gambarnya tidak semasif komik.

Lihat saja, kalau komik dominan gambar dengan kata kata yang minim, sedangkan cergam dominan atau sama saja kuantitasnya antara gambar dan kalimat dengan kata lain cergam tersusun atas cerita dan narasi sedangkan gambarnya hanya sebagai pelengkap saja.

Contoh Cergam adalah donal bebek, kisah hidup paman gober yang merupakan kumpulan cerita bergambar paman gober yang terkenal pelit, Cergam Rintintin, Karung mutiara AL Ghazali, dan masih banyak lagi.

Demikian pembahasan kali ini tentang jenis buku fiksi dan contohnya, semoga bisa di pahami.

Ingin tahu apa saja buku fiksi dan cerita fiksi, silahkan baca artikel lainnya tentang contoh buku fiksi dan Non Fiksi dan contoh cerita fiksi.

Speak Your Mind

*