Jelaskan Penyebab Keragaman Agama di Indonesia?

Penyebab keragaman agama di indonesia adalah, karena Adanya para pendakwah dari negara lain yang datang ke Negara Indonesia untuk meyebarkan paham Agamanya kepada penduduk setempat di Indonesia.

Berikut penjelasan serta uraian dari pertanyaan, Jelaskan penyebab keragaman agama di indonesia?.

jelaskan penyebab keragaman agama di indonesia

Jelaskan Penyebab Keragaman Agama di Indonesia dan Faktor Utamanya?

Negara Indonesia adalah negara luas yang terdiri dari banyak pulau, dan tentu banyak penduduknya.

Karena keadaan Negara Indonesia yang sedemikian luasnya tersebut, akibatnya menarik para pendakwah untuk menyebarkan Agama yang mereka anut kepada penduduk Indonesia.

Ada satu jawaban lagi yang beredar di masyarakat kita, bahwa penyebab keragaman agama di negara kita adalah karena adanya para pedagang yang datang dari negara lain ke indonesia dan mereka tidak saja berdagang, tapi juga menyebarkan Agama yang mereka anut.

Jawaban inilah yang dianggap benar dan tepat, karena jawaban ini yang diajarkan di sekolah sekolah kita, dan di lihat dari historis, bahwa negara indonesia adalah negara tujuan dagang bagi negara lain.

Jadi ada dua faktor utama tentang penyebab keragaman agama di indonesia, faktor tersebut adalah:

  1. Adanya pendakwah, yang mendakwahkan agama yang mereka anut ke indonesia, dan untuk menghidupi mereka, mereka melakukannya dengan berdagang.
  2. Adanya pedagang, yang berdagang di indonesia untuk mencari keuntungan dengan berdagang, dan di samping berdagang mereka juga menyebarkan Agama yang mereka yakini kepada penduduk Indonesia.

Ringkasnya 2 faktor tersebut adalah adanya pendakwah dan adanya pedagang yang datang ke indonesia sesuai dengan tujuan uatama nya masing-masing.

Kalau pendakwah, tujuan utamanya adalah mendakwah-kan Agama sedangkan berdagang adalah sampingan untuk penghidupan mereka.

Sedangkan pedagang, tujuan utamanya adalah untuk mencari keuntungan harta dan menyebarkan agama adalah tujuan sampingan, bahkan di katakan sebagai akibat dari ahlak mereka yang baik yang pada akhirnya masyarakat setempat tertarik dengan agama yang mereka anut.

Kesimpulan Jawaban

Jadi bisa disimpulkan bahwa keragaman agama di Indonesia adalah, karena adanya para pendakwah dan pedagang dari negara lain yang datang ke Indonesia, dan mereka menyebarkan Agama yang mereka yakini kepada penduduk setempat.

Demikian jawaban dan uraian lengkap dari pertanyaan, Jelaskan penyebab keragaman agama di indonesia?, semoga bisa dipahami, wallahu a’lam.

Baca juga jawaban dari pertanyaan:


Speak Your Mind

*