Jelaskan Pengertian Zina?, Ini Jawaban Yang Tepat dan Lengkap

Jelaskan Pengertian zina?, berikut jawaban lengkap secara definisi bahasa, istilah, dalil, dan yang berhubungan dengan perzinahan.

jelaskan pengertian zina

Zina seperti kita tahu adalah perbuatan dosa besar, lalu apa makna zina tersebut secara istilah dan bahasa, apakah semua yang kita lakukan zina jika sekedar melihat aurat wanita, mendengar perkataan yang tidak senonoh termasuk zina,berikut kami uraikan penjelasannya secara lengkap.

Jelaskan Pengertian Zina?, Ini Jawaban Yang Tepat

Zina secara bahasa atau arti kata adalah di ambil dari bahasa Arab (الزنا) yang artinya berbuat fajir (nista, keji).

Pengertian zina secara istilah adalah melakukan hubungan badan antara pria dan wanita dengan tidak adanya pernikahan secara sah antara keduanya.

Hubungan badan disini secara tegas artinya adalah masuknya alat kelamin pria kedalam alat kelamin wanita, walaupun hanya sebagian kecil saja yang masuk, itu sudah di kategorikan sebagai zina.

Melihat dari definisi ini, apakah jika tidak sampai masuknya alat kelamin dikatakan tidak termasuk ke dalam perbuatan zina?.

Jawabannya benar, jika seperti itu tidak masuk kategori zina, tapi tetap sebagai bagian dari dosa. Sekarang kita lihat definisi menurut Ulama Mazhab.

Pengertian Zina Menurut Ulama

Ulama Syafi’iyah

Menurut Asy Syafi’i, zina adalah masuknya ujung kemaluan pria ke dalam kemaluan wanita yang tidak halal baginya, dan pria tersebut sudah baligh, tamyiz dan berakal.

Ulama Mazhab Al-Hanafiyah

Ulama Hanafiyah mengartikan zina sebagai hubungan badan di antara lelaki kepada perempuan di kemaluannya, yang wanita ini bukan budaknya dan bukan istrinya.

Ulama Maliki

Ulama Maliki mendefinisikan zina sebagai hubungan badan yang dilakukan oleh seorang Muslim yang mukallaf pada kemaluan manusia yang merupakan lawan jenisnya, yang bukan budak miliknya, tanpa ada syubhat dan dilakukan dengan sengaja.

Penjelasan

Dari definisi menurut mazhab maliki, berarti jika hanya batas cium, pegang-pegang tangan dll, dan tidak sampai masuknya kemaluan, maka tidak dikatakan zina.

Dilakukan oleh Muslim, berarti kalau bukan muslim tidak di sebut dengan zina, (dalam hal ini kaitannya dengan hukuman, jika pelakuknya bukan muslim, maka tidak ada hukuman di dunia, seperti cambuk dan rajam).

Mukallaf artinya orang yang sudah balig dan terkena beban syariat, berarti anak kecil atau orang gila tidak di sebut zina.

Kesimpulan Tentang Arti Zina

Pengertian zina secara lengkap adalah masuknya alat kelamin pria ke dalam alat kelamin wanita sebagian atau seluruhnya (persetubuhan) sedangkan diantara pria dan wanita tersebut tidak terikat pernikahan yang sah dan sang wanita bukan budak miliknya, dilakukan oleh orang muslim, sudah baligh dan berakal.

Zina adalah dosa besar, dalilnya Al Quran Surat AL Isra ayat 32.

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلً

Bacaan Latin: Wa lā taqrabuz-zinā innahụ kāna fāḥisyah, wa sā`a sabīlā

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk” [QS. Al Isra ayat 32].

Demikian jawaban dari pertanyaan, jelaskan pengertian zina?, semoga memberikan manfaat, dan semoga kita dijauhkan dariperbuatan zina.

Baca juga: Hadits Tentang Zina dan Hukumannya di Dunia.


Speak Your Mind

*