Jelaskan Pengertian Jujur?, Berikut Jawabannya Yang tepat

Masih membahas seputar kejujuran, yang sebelumnya kami tuliskan hadits tentang jujur, sekarang muncul pertanyaan terkait hadits tersebut, yaitu pertanyaan Jelaskan pengertian jujur?.

Disini akan kami jabarkan pengertian dari jujur secara lengkap dari arti jujur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan juga pengertian secara umum apa yang dimaksud dengan jujur berdasarkan Al Quran.

Apa Yang Dimaksud Dengan Jujur?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) jujur artinya 3, yaitu:

  1. Lurus hati; tidak berbohong (misalnya dengan berkata apa adanya)
  2. Tidak curang (misalnya dalam permainan, dengan mengikuti aturan yang berlaku)
  3. Tulus dan Ikhlas

Jadi yang di maksud dengan jujur menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah Lurus hati, tidak berbohong, tidak curang, tulus dan ikhlas.

Uraian Arti Jujur Secara Istilah

Jujur secara istilah adalah mengatakan atau melakukan tindakan sesuai dengan kebenaran yang kita yakini, maksudnya lisan kita mengatakan apa yang kita tahu saja, jadi tidak berbohong dengan mengatakan sesuatu yang kita tidak tahu, termasuk di dalamnya adalah janji.

Begitu-pun dengan tindakan, kita hanya melakukan tindakan sesuai dengan apa yang kita niat-kan dalam hati atau-pun apa yang kita ikrarkan kepada orang lain.

Jika kita mengikrarkan bahwa saya akan memberikan uang ini kepada Budi, maka kita benar benar melakukan tindakan sesuai dengan perkataan kita tersebut, yaitu memberikan uang kepada budi.

Singkatnya, Jujur itu tidak bohong, dan tidak bohong disini dalam segala hal, baik ucapan, tindakan maupun dalam janji.

Kalau ada pertanyaan, apa yang dimaksud dengan jujur, maka jawabnya singkat saja yaitu Jujur sama dengan tidak berbohong, jika ada pertanyaan lanjutan tentang maksudnya, maka kita jabar-kan seperti di atas.

Jelaskan Pengertian Jujur Menurut Islam

jelaskan pengertian jujur

Sebenarnya arti jujur secara istilah dan menurut islam tidak jauh berbeda, seperti yang Allah firmankan dalam Al Quran  Surat AL Ahzab Ayat 70 dan 71.

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا (70) يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا (71) }

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar (Jujur), niscaya Allah memperbaiki bagimu amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar”. [Al Ahzab Ayat 70-71]

Dalam ayat di atas kita di perintahkan untuk berkata yang benar (tidak bohong) yang sebelumnya di perintahkan untuk bertakwa, jika kita bisa menggabungkan ini berarti kita masuk kedalam golongan orang beriman yang akan mendapatkan kemenangan besar berupa nikmat surga.

Imam Al Ghazali menuliskan jujur menurut Islam menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Jujur dalam niat atau Berkehendak. Maknanya adalah perbuatan yang kita lakukan ikhlas hanya karena Allah semata.
  2. Jujur dalam Perkataan. Kita hanya mengatakan yang sesuai dengan kenyataan yang kita ketahui saja, tidak melebih lebihkan dan tidak menguranginya.
  3. Jujur dalam Perbuatan. Berbuat sesuatu dengan bersungguh sungguh, sehingga kita akan mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha kita tersebut dan dalam usaha tersebut kita tidak melakukan kecurangan.

Demikian uraian jawaban dari pertanyaan, apa yang dimaksud dengan jujur dan jelaskan pengertian jujur?, semoga kita bisa memahaminya dan semoga kita termasuk kedalam golongan orang yang jujur.

Speak Your Mind

*