Jelaskan Pengertian Hari Kiamat?, Ini Jawaban Yang Tepat dan Mudah

Jelaskan pengertian hari kiamat? jika ada yang bertanya seperti itu kepada kita, apakah kita bisa menjawabnya?, seharusnya sebagai seorang muslim bisa dan paham juga mengerti tentang hari kiamat, karena ini adalah termasuk aqidah islam.

Jika anda masih bingung untuk menjelaskan arti dari hari kiamat, jangan khawatir, akan kami tuliskan jawabannya yang ringkas dan mudah di sertai dengan dalil sahih dari Al Quran dan Hadits.

Pengertian Hari Kiamat

Jelaskan Pengertian Hari Kiamat

Untuk memperjelas, kita perinci dahulu dari arti katanya.

Dalam bahasa Arab hari kiamat adalah يوم القيامة  bacaannya ‘Yaummul Qiyamah’ yang mempunyai arti “Hari Kebangkitan“.

Ada lagi arti Kiamat yang di ambil dari Al Quran yaitu السَّاعَةَ bacaannya ‘Assaa’ah’ yang maknanya adalah ‘Hari kehancuran’.

Jadi pengertian hari kiamat secara ringkas adalah: hari kehancuran alam dunia ini

Arti lengkap hari kiamat adalah:

Hari di hancurkannya alam semesta dan mematikan semua mahluk hidup, kecuali apa yang di kehendaki olehNya, lalu membangkitkan kembali manusia di padang mahsyar untuk menjalani hari pembalasan, yang mana orang dengan amal baik akan mendapatkan keberuntungan dan orang yang beramal buruk akan mendapatkan kerugian .’

Dalil Tentang Hari Kiamat

Setiap jawaban mengenai syariat islam harus berdasarkan dalil yang sahih, apalagi tentang masalah aqidah, dan hari kiamat adalah salah satu aqidah islam yang harus disertai dalil,berikut dalil tentang hari kiamat berdasarkan AlQuran.

Dalil Kehancuran Alam Semesta Pada Hari Kiamat

Quran surat Al-Zalzalah Ayat 1

Berkata Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, seorang pakar tafsir abad 14 H dalam buku tafsirnya  tentang Surat Al Zalzalah Ayat ke 1.

Allah Azza wajalla mengabarkan bahwasanya akan terjadi suatu peristiwa besar di bumi ini setelah sebelumnya ketenangan dan kehidupan yang aman meliputinya, akan datang padanya zaman ketika itu bumi terguncang dengan sangat dahsyat, yaitu ketika kiamat tiba dengan segala kehancuran yang di tetapkan untuk bumi serta semua penghuninya, yaitu pada hari berakhirnya kehidupan didunia ini.

Allah Azza Wa Jalla berfirman dalam surat Al-Zalzalah ayat 1 yang berbunyi:

 إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا

Artinya: ‘Apabila bila bumi ini digoncangkan dengan goncangan sangat dahsyat’.

Semua bagian-bagian bumi akan digoncangkan tanpa pengecualian, bukan goncangan yang terjadi saat sekarang ini ketika terjadi gempa di sebagian dari belahan bumi, walaupun demikian goncangan yang kecil itu memporak-porandakan wilayah yang terkena gempa tersebut, lalau bagaimana dengan goncangan yang akan menghancurkan seluruh bagian dari bumi, peristiwa yang sangat dahsyat, oleh karena itu Allah Azza Wa Jalla berfirman dalam surat Al-Hajj ayat 1-2 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ إِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيمٌ , يَوْمَ تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّا أَرْضَعَتْ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكَارَىٰ وَمَا هُمْ بِسُكَارَىٰ وَلَٰكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ

Artinya: ‘Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya goncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat) , (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat goncangan itu, lupalah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang di susuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya. [ Al-Hajj : 1-2 ]

Di surat Al-Muzzammil ayat 14 Allah berfirman yang berbunyi:

يَوْمَ تَرْجُفُ الْأَرْضُ وَالْجِبَالُ وَكَانَتِ الْجِبَالُ كَثِيبًا مَهِيلًا

Artinya: ‘Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan, dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang beterbangan. ) [ Al-Muzzammil : 14 ]

Dan Allah berfirman dalam surat An Nazi’at ayat 6-7 yang berbunyi:

يَوْمَ تَرْجُفُ الرَّاجِفَةُ , تَتْبَعُهَا الرَّادِفَةُ

Artinya: Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan) pada hari ketika tiupan pertama menggoncang alam , Tiupan pertama itu diiringi oleh tiupan kedua. ) [ An Nazi’at : 6-7 ]

Ayat-ayat diatas bermaksud satu makna yang sama walaupun lafazh nya berbeda. Bumi akan tergoncang pada hari kiamat dengan goncangan yang sangat dahsyat dan mengahcurkan segala isinya,

Dalil Matinya Semua Mahluk Hidup Kecuali Apa Yang DikehendakiNya

Quran Surat Az-Zumar Ayat 68

َنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Artinya: Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).

Tafsir Al-Muyassar Surat Az-Zumar Ayat 68 

َنُفِخَ فِى الصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِى السَّمٰوٰتِ وَمَن فِى الْأَرْضِ

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi) Ini merupakan tiupan yang pertama. Arti dari sangkakala adalah tanduk yang ditiup oleh malaikat Israfil yang mematikan penduduk laingit dan bumi akibat kekagetan dan kerasnya suara yang dikeluarkan.

Makna (الصعق) yakni mati pada saat itu juga.

إِلَّا مَن شَآءَ اللهُ ۖ

( kecuali siapa yang dikehendaki Allah) Yang dikecualikan adalah malaikat Israfil itu sendiri, kemudian dia akan mati setelah itu.

ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ

( Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi) Yakni tiupan yang kedua.

فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

(maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu) Yakni seluruh makhluk berdiri diatas kaki mereka (di padang mahsyar) seraya menunggu apa yang akan dikatakan kepada mereka. Ini juga dalil tentang dibangkitkannya manusia dari kubur di padang mahsyar.

Dalil Orang yang Beruntung dan Merugi Pada Hari Kiamat

Al Quran Surat. ‘Ali `Imran ayat 185, yang berbunyi:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدْخِلَ ٱلْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلْغُرُورِ

Artinya: Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. [Ali `Imran ayat 185]

Kesimpulan Jawaban, Jelaskan Pengertian Hari Kiamat?

Sekarang anda bisa menjelaskan dengan ringkas maupun panjang tentang pertanyaan, Jelaskan pengertian hari kiamat, yaitu:

Hari kiamat adalah hari kehancuran alam semesta

Rinciannya, Hancurnya alam semesta dan matinya semua mahluk hidup kecuali yang di kehendaki oleh Allah untuk tetap hidup, yaitu Malaikat israfil sendiri, yang mana malaikat Israfil pun akan mati setelah selesai meniup sangkakala yang terakhir, lalu manusia akan di bangkitkan dari kubur di padang mahsyar untuk menghadapi hari penghitungan amal dan pembalasan atas amal yang telah di lakukan didunia.

Semoga dengan uraian ini kita lebih kuat iman dan aqidahnya dan bisa menghadapi hari akhirat dengan keberuntungan yang banyak.

Referensi:

  • Tafsir Abdurahman As Sa’di
  • Artikel Al Manhaj.or.id

Baca Juga:


Speak Your Mind

*