Jelaskan Pengertian Halalan Tayyiban?, Ini Jawaban Yang Tepat.

Jelaskan pengertian halalan tayyiban?, Berikut jawaban yang tepat dan lengkap disertai dengan arti kata, definisi, makna, dalil dan contohnya.

jelaskan pengertian halalan tayyiban

Kadang kita sering mendengar kata halalan thayyiban, tapi sebenarnya kita tidak mengetahui secara jelas apa makna dari kata tersebut.

Dan biasanya kita akan menganggap bahwa arti dari kata itu dalah halal dan baik sehingga boleh kita memakannya jika makanan dan boleh meminumnya jika meminum.

Dan pertanyaan seperti ini juga ada pada pelajaran sekolah, khususnya pelajaran Agama Islam, baik, sekarang kita akan masuk ke jawaban dari pertanyaan jelaskan arti halalan toyyiban.

Jelaskan Pengertian Halalan Tayyiban?

Arti kata Halalan Toyyiban

Arti kata halalan adalah boleh atau tidak terlarang untuk memakan jika makanan, boleh meminum jika minuman dan boleh dipakai jika itu suatu benda yang bisa di pergunakan.

Arti kata Tayyiban adalah baik, tidak membahayakan, tidak menjijikan dan bermanfat untuk tubuh.

Definisi Halalan Toyyiban

Suatu makanan atau minuman yang boleh dan tidak terlarang kita makan atau minum, dan makanan tersebut mempunyai manfaat untuk tubuh kita.

Makna Halalan Toyyiban

Semua makanan atau minuman yang halal secara syar’i dan jika kita memakannya atau meminumnya maka akan membuat tubuh kita sehat dan tidak menimbulkan bahaya di kemudian hari.

Jadi halalan toyiban disini adalah berkenaan dengan makanan atau minuman yang halal dan baik.

Dalil Halalan Toyyiban

Dalilnya ada di surat AL Baqoroh ayat 168, yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَات الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Artinya: “Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi kalian” [QS al-Baqarah: 168].

Contoh Makanan Halalan Thoyyiban

Misal kita memakan nasi dengan lauk pauknya berupa tempe dan ikan, jika di lihat secara dhohir makanan tersebut adalah makanan yang halal dan tayib.

Tapi kita perlu perinci lagi, apakah nasi tersebut di dapat dengan cara yang halal, misal nasi tersebut hasil dari pemberian teman, maka nasi tersebut adalah makanan yang halalan thoyiban.

Lalu bagaimana dengan ikan dan tempenya, misal ikan dan tempenya kita mengoreng sendiri, maka ikan dan tempe tersebut halal dan thoyib.

Contoh Minuman Yang Halalan Tapi Tidak Tayyiban

Misal kita membuat minuman es teh manis dengan gula 1 sendok makan, secara dhohir es teh manis tersebut halalan dan thoyiban, tapi jika kita lihat lebih teliti lagi ternyata kita mempunyai penyakit gula darah yang sudah parah, maka minuman es teh manis ini halal tapi tidak tayyib, karena dengan meminum es teh manis tersebut bisa membahayakan tubuh kita.

Contoh Makanan Yang Tidak Halal Tapi Toyyiban

Misal kita memakan nasi bungkus hasil dari menipu, maka makanan tersebut haram dan tidak halal, tapi makanan tersebut tayiban atau baik untuk tubuh kita.

Contoh Makanan Yang Tidak Halal dan Tidak Baik

Contoh makanan atau minuman ini adalah semua yang diharamkan oleh Allah, seperti daging babi, darah, bangkai, khamer, narkoba dan yang sejenis.

Kesimpulan

halalan tayyiban adalah semua makanan dan minuman yang halal atau tidak terlarang untuk dimakan atau di minum dan makanan atau minuman tersebut baik dan bermanfaat bagi kita juga tidak mendatangkan bahaya di kemudian hari.

Demikian jawaban lengkap tentang pertanyaan jelaskan pengertian halalan thayyiban, semoga bermanfaat, wallahu a’lam.

Baca juga jawaban soal berikut:

Comments

  1. Nurul fajar hidayat says

    Assalamu alaikum terimakasih kak sangat bermanfaat, Alhamdullilah.

Speak Your Mind

*