Jelaskan Keutamaan Orang yang Menyebarkan Ilmu?

Jelaskan keutamaan orang yang menyebarkan ilmu?, Keutamaan orang yang menyebarkan ilmu adalah:

  1. Akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkan ilmu tersebut tanpa dikurangi sedikitpun.
  2. Akan menjadi amalan yang tidak terputus, walaupun kita sudah meninggal dunia
  3. Menjadi pewaris para Nabi
  4. Akan mendapatkan doa dari malaikat dan semua mahluk dilangit dan di bumi
  5. Akan di berikan sakinah atau ketenangan oleh Allah

Pembahasan Lengkap tentang, Jelaskan Keutamaan Orang yang Menyebarkan Ilmu?

jelaskan keutamaan orang yang menyebarkan ilmu

Pembahasan disini adalah tentang dalil keutamaan orang yang menyebarkan ilmu dan penjelasannya, kami urutkan berdasarkan jawaban di atas.

1. Akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkan ilmu tersebut tanpa dikurangi sedikitpun.

Dalilnya adalah hadits riwayat Imam Muslim yang artinya;

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” [HR. Muslim no. 1893].

Penjelasan:

Kata “menunujuki” disini bisa berarti mengajarkan ilmu atau memberi contoh suatu amalan kebaikan, maka orang yang menunjuki tersebut akan mendapatkan pahala seperti orang yang kita ajarkan tersebut, jika orang tersebut mengamalkan apa yang kita ajarkan.

2. Akan menjadi amalan yang tidak terputus, walaupun kita sudah meninggal dunia

Dalilnya adalah hadits riwayat Imam Muslim yang artinya;

“Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya, kecuali tiga hal. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan do’a anak yang sholeh atau sholehah.” [HR. Muslim]

Penjelasan:

Jika kita meninggal maka semua amalan kita akan terputus, tapi ada tiga amalan yang akan tetap mengalirkan pahala kepada kita, salah satunya adalah Ilmu yang bermanfaat.

Maksud Ilmu yang bermanfaat disini adalah ilmu yang kita ajarkan kepada orang lain dan mendatangkan manfaat untuk orang tersebut dan orang lain.

Dan di saat kita meninggal orang tersebut masih mengamalkannya, bahkan mengajarkannya kepada orang lain lagi, maka pahala tersebut akan terus mengalir kepada kita.

3. Menjadi pewaris para Nabi

Dalilnya adalah hadits riwayat Imam At-Tirmidzi, Ahmad, Abu dawud dan Ad-Darimi yang artinya;

“Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu, maka barangsiapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.” [HR At-Tirmidzi, Ahmad, Abu dawud dan Ad-Darimi]

Penjelasan:

Para ulama yang menyebarkan ilmu agama adalah pewaris para Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena merekalah yang menggantikan tugas para Nabi dan Rasul ‘alaihis salam, yaitu menyebarkan petunjuk Allah Ta’ala dan menyeru manusia ke jalan yang diridhai-Nya, serta bersabar dalam menjalankan semua itu, maka merekalah orang-orang yang paling mulia kedudukannya di sisi Allah Ta’ala setelah para Nabi dan Rasul ‘alaihis salam.

4. Akan mendapatkan doa dari malaikat dan semua mahluk dilangit dan di bumi

Dalilnya adalah hadits riwayat Imam At-Tirmidzi dan Ath-Thabrani yang artinya;

“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat, serta semua makhluk di langit dan di bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan di lautan, benar-benar bershalawat ‘mendoakan’ kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia” [HR At-Tirmidzi dan Ath-Thabrani].

Penjelasan:

Makna shalawat dari Allah Ta’ala kepada hamba-Nya adalah mendoakan dengan limpahan rahmat, ampunan, pujian, kemuliaan dan keberkahan dari Allah.

Ada juga Ulama yang mengartikannya dengan taufik dari Allah Ta’ala untuk mengeluarkan hamba-Nya dari kegelapan (kesesatan) menuju cahaya (petunjuk-Nya).

Ibnul qayim menjelaskan tentang alasan mengapa semua mahluk mendoakan orang yang mengajarkan ilmu, Beliau mengatakan bahwa orang yang mengajarkan ilmu agama kepada manusia berarti Ia telah menyebarkan petunjuk dari Allah Ta’ala yang merupakan penyebab utama akan terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan di alam semesta beserta isinya.

Maka semua makhluk di alam semesta ini berterima kasih kepada orang yang mengajarkan Ilmu dan mendoakan kebaikan baginya, sebagai balasan kebaikan yang sesuai dengan perbuatannya tersebut.

5. Akan di berikan sakinah atau ketenangan dan Rahmat oleh Allah

Dalilnya adalah hadits riwayat Imam Muslim yang artinya;

 “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah atau ketenangan, dinaungi rahmat, dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” [HR. Muslim]

Penjelasan:

Ini adalah hadits tentang menuntut ilmu yang menerangkan tentang turunnya sakinah di naungi rahmat dan malaikat berbangga terhadap orang yang berada di majelis ilmu, di dalam majelis ilmu tersebut tentu ada yang mengajarkan ilmu dan ada yang menuntut ilmu, kesemua orang di dalam majelis ilmu akan mendapatkan sakinah dan rahmat dari Allah subhana hu wataala.

Demikian jawaban dan penjelasan secara lengkap tentang pertanyaan, Jelaskan keutamaan orang yang menyebarkan ilmu?

Baca juga jawaban dari pertanyaan lainnya tentang:

Speak Your Mind

*