Jelaskan Fungsi Iman Kepada Hari Kiamat? Ini Jawaban Yang Tepat

Jelaskan fungsi iman kepada hari kiamat? ini adalah pertanyaan anak sekolah, tapi sebenarnya tidak hanya untuk anak sekolahan saja, seharusnya semua muslim wajib paham apa fungsi dari salah satu rukun iman ini.

Dalam artikel ini kita akan jawab dengan jawaban yang ringkas dan lengkap beserta dalil-dalilnya agar kita bisa paham tentang manfaat dari mengetahui hari kiamat tersebut.

Iman Kepada Hari Akhir

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu hari kiamat, untuk mengetahuinya silahkan anda baca artikel yang membahas tentang jelaskan Pengertian Hari Kiamat?. Dalam artikel tersebut sudah kami jelaskan secara rinci beserta dalilnya, sebaiknya baca terlebih dahulu artikel tersebut sebelum melanjutkan membaca.

Setelah tahu apa pengertian hari kiamat, maka kita rinci lagi apa arti dari iman itu sendiri, agar jawaban dari pertanyaan ini menjadi mudah.

Iman artinya adalah mempercayai dan meyakini akan kebenaran yang disampaikan oleh Allah dan Rasulnya Sallalahualaihi wassalam dengan hati dan amal perbuatan.

Jadi iman kepada hari kiamat adalah:

“Mempercayai dan meyakini dengan hati dan perbuatan bahwa bumi dan alam semesta ini akan hancur dan setelahnya semua mahluk akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat”.

Apa Fungsi Iman Kepada Hari Kiamat?

jelaskan fungsi iman kepada hari kiamat

Setelah mengetahui arti tentang iman kepada hari kiamat, sekarang pertanyaan lanjutannya adalah, apa fungsinya?, kita akan tuliskan beberapa point.

  1. Sebagai penyempurna iman kita, karena ini adalah salah satu dari rukun iman, jika kita tidak mengimani hari kiamat maka keimanan bahkan keislaman kita menjadi batal.
  2. Sebagai pemberitahuan dari Allah, bahwa nanti akan terjadi hari yang mana seluruh alam semesta ini hancur binasa.
  3. Sebagai peringatan dari Allah, agar kita bersiap untuk menghadapi hari tersebut yang mana persiapan menghadapinya adalah dengan keimanan dan amal sholeh.
  4. Sebagai penggugah kita untuk giat beramal guna menghadapi hari yang setelahnya tidak ada kematian lagi, karena setelah hari kiamat maka tujuan kita hanya 2, ke surga atau ke neraka.

Dalil Dalil Fungsi Iman Kepada Hari Kiamat

Dalil dalil tentang fungsi iman kepada hari kiamat kami urutkan berdasarkan no diatas.

Dalil sebagai penyempurna iman

Terdapat dalam Al Quran Surat An Nisa ayat 136, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا

Artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian (hari kiamat dan akhirat), maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh”. [An nisa 136]

Penjelasan:

“Tersesat sangat jauh” dalam ayat di atas maknanya adalah kafir dan keluar dari islam, karena iman kepada hari akhir yang mana hari kiamat adalah salah satunya termasuk aqidah islam, yang setiapmuslim wajib mengimaninya.

Dalil Sebagai pemberitahuan dari Allah

Terdapat dalam Al Quran Surat Al-‘Araf ayat 187, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya:

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,”. [QS. Al-‘Araf: 187].

Penjelasan:

Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa hari kiamat pasti terjadi dengan mengatakan bahwa Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tapi tidak menjelaskan tentang waktu terjadinya, hanya menjelaskan tentang tanda-tandanya saja. Dan tidak ada yang tahu akan waktunya, hanya Allah sendirilah yang mengetahuinya.

Dalil Sebagai peringatan dari Allah

Masih sama dalam QS Al A’raf di atas yang dalam penggalan ayat, artinya “Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi” ini menjelaskan tentang beratnya hari kiamat tersebut.

Dalil Sebagai penggugah kita untuk giat beramal

Terdapat dalam Qs Al Maidah ayat 69, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱلَّذِينَ هَادُوا۟ وَٱلصَّٰبِـُٔونَ وَٱلنَّصَٰرَىٰ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَعَمِلَ صَٰلِحًا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, Shabiin, dan orang-orang Nasrani, siapa saja diantara mereka yang beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran untuk mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati” (QS Al-Ma’idah [5]: 69).

Penjelasan

Dalam ayat diatas Allah subhana huwataala menjelaskan siapa saja yang beriman kepada hari akhir lalu beramal sholeh maka tidak ada kekhawatiran dan tidak juga bersedih hati, maksudnya kelak orang-orang ini akan mendapatkan surga dan dijauhkan dari adzab neraka.

Tentang orang yahudi, shabiin dan orang nasrani, ini adalah sebelum datangnya Nabi Muhammad, tapi setelah di utusnya nabi Muhammad maka mereka kafir dan tidak termasuk kedalam ayat ini.

Kesimpulan Penjelasan Fungsi Iman Kepada Hari Kiamat

Penjelasan fungsi hari kiamat secara garis besar mencakup 4 fungsi diantaranya adalah, Sebagai penyempurna iman, karena ini adalah salah satu dari rukun iman yang wajib kita yakini, sebagai pemberitahuan bahwa hari kiamat itu pasti datang, sebagai peringatan bahwa hari kiamat itu adalah hari dimana terjadinya huru hara yang sangat dahsyat, dan sebagai penggugah agar kita banyak mengamalkan amalan sholeh, karena hanya dengan iman dan amal sholeh sajalah kita akan selamat.

Demikian jawaban dari pertanyaan, jelaskan fungsi iman kepada hari kiamat, semoga bisa di pahami dan yang terpenting adalah mampu merealisasikan Iman kepada hari akhir ini dengan keyakinan yang kuat dan merealisasikannya dengan banyak melakukan amal sholih.

Bacaan lanjutan yang berkaitan hadits tentang hari kiamat dan tanda tanda hari kiamat, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam

Sumber: brainly.co.id

Speak Your Mind

*