Jelaskan Apa Itu Islam?

Jelaskan apa itu islam?, jika ada pertanyaan seperti ini apakah kita bisa menjawabnya?, tentu untuk menjawab pertanyaan ini kita harus tahu maksud dari pertanyaan tersebut.

jelaskan apa itu islam

Dan kebanyakan orang bertanya, ataupun murid ketika mendapatkan pertanyaan ini dari guru dalam mata pelajaran Agama, maka maksudnya adalah bertanya tentang atau jeaskan Apa itu Agama Islam.

Dan jawabannya pun tidak sederhana, bukan hanya dengan mengatakan atau menuliskan Islam adalah Agama samawi “kalau ini jawabannya maka semua orang pun tahu dan dapat menjawabnya”, tapi jawaban ini perlu perincian, dan berikut kami tuliskan jawaban dari pertanyaan tersebut secara rinci dan in sya Allah mudah di pahami.

Untuk jawaban mudahnya bisa lihat pada kesimpulan di akhir Artikel ini.

Jelaskan Apa Itu Islam?

Kami akan jelaskan dari arti kata, pengertian dan makna islam itu sendiri.

Arti

Arti Islam sendiri adalah berserah diri, tunduk atau patuh.

Secara Bahasa

Islam secara istilah atau bahasa adalah berserah diri atau tunduk kepada Allah dengan mentauhidkannya (tidak berbuat syirik), menaatinya (melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan-nya).

Maknanya

Kita harus tunduk dan patuh kepada semua syariat yang telah Allah turunkan melalui Nabi Muhammad Sallalahu alaihi wassalam, tanpa bantahan dan tanpa pengingkaran.

Permisalan

Orang yang beragama Islam, seperti seorang tawanan perang, bagaimana sikap tawanan perang?,  Seorang tawanan perang akan patuh dan tunduk dengan perintah penawannya, tawanan tidak akan berani membantah ketika tangannya di borgol (walaupun orang tersebut sangat tidak nyaman dengan borgol yang melingkar di lengannya).

Seorang tawanan akan nurut ketika di perintahkan untuk memakai pakaian yang tidak layak, seorang tawanan akan nurut ketika disuruh makan makanan yang tidak enak, bahkan tahanan akan pasrah ketika hendak di hukum mati.

Mengapa demikian?, karena hakikatnya tawanan tersebut tidak ada daya dan upaya untuk melawan, jika melawan maka siksaan bahkan kematian akan mereka dapatkan.

Begitu juga dengan seseorang yang mengaku bahwa Islam adalah Agamanya, maka orang yang sudah berikrar 2 kalimat syahadat harus tunduk dan patuh terhadap semua perintah dan larangan yang di tetapkan oleh Allah.

Islam Terbagi Dua

Definisi yang kami jelaskan di atas intinya adalah tunduk dan patuh kepada syariat atau aturan Allah, dari definisi tersebut maka para Ulama membagi Islam menjadi 2, yaitu.

1. Islam secara umum, maksudnya adalah semua ajaran para Nabi dan Rasul dari nabi Adam Alaihissalam sampai Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wassalam, yang inti dari ajarannya adalah mengesakan Allah dan menjalankan syariat atau aturan pada saat itu.

Dengan kata lain semua Agama yang di bawa oleh para Nabi dan Rasul adalah Islam, walau berbeda perihal syariat antara Nabi nabi yang satu dengan Nabi yang lain.

Dalilnya adalah Surat AL Baqarah ayat 132.

وَوَصَّى بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى لَكُمُ الدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya: “Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam.” (QS. al-Baqarah: 132).

Di dalam ayat di atas Allah menyebut Ibrahim dan anak keturunannya sebagai orang-orang islam.

Lalu bagaimana tentang pengakuan dari para Yahudi dan Nasrani, bahwa Nabi Ibrahim adalah penganut Yahudi dan Nasrani, Allah sendiri yang menjawabnya seraya mengingkari klain tersebut dalam surat Al Baqarah ayat 140.

أَمْ تَقُولُونَ إِنَّ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطَ كَانُوا هُودًا أَوْ نَصَارَى قُلْ أَأَنْتُمْ أَعْلَمُ أَمِ اللَّهُ وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ كَتَمَ شَهَادَةً عِنْدَهُ مِنَ اللَّهِ

Artinya: “Kalian (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?” Katakanlah: “Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?” (QS. al-Baqarah: 140).

2. islam secara khusus

Pengertiannya adalah Agama Islam yang datang setelah diutusnya Nabi Muhammad Sallalahu alaihi wassalam, karena syariat yang di bawa oleh Nabi Muhammad Sallalahu alaihi wassalam telah menghapus semua Agama sebelumnya.

Jadi, setiap orang yang mengikuti ajaran Nabi Muhammad sallalahu alaihi wassalam di sebut dengan Islam, selain itu maka bukan di sebut sebagai orang Muslim.

Berbeda dengan para pengikut Nabi Musa (yahudi) dan pengikut Nabi Isa (Nasrani) pada zaman dulu ketika masanya Nabi Musa dan Nabi Isa, pengikut mereka saat tersebut di sebut sebagai Muslim juga.

Tapi kalau sekarang pengikut Nabi Musa dan Nabi Isa, tidak lagi di sebut Muslim kecuali beriman kepada Kenabian Muhammad Salallahu alaihi wassalam.

Kesimpulan

Jelaskan apa itu Islam?, jawabnya ada 3.

  1. Islam adalah Agama samawi (Agama yang datangnya dari Allah)
  2. Islam artinya adalah berserah diri, tunduk dan patuh.
  3. Definisi secara bahasa adalah ajaran Agama yang menuntut pemeluknya untuk tunduk, patuh dan berserah diri kepada semua syariat yang di turunkan Allah.

Islam terbagi 2.

  1. Umum, yaitu semua agama yang di bawa oleh para Nabi dan Rasul adalah Islam, yang inti ajarannya adalah mentauhidkan Allah tapi syariatnya berbeda beda.
  2. khusus, yaitu agama yang di turunkan kepada Nabi Muhammad Salallahu alaihi wassalam, yang ajarannya adalah mentauhidkan Allah dan mempunyai syariat baru yang menghapus semua syariat Nabi sebelumnya.

Demikian semoga bisa di pahami, Wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*