Hikmah Beriman Pada Kitab Allah

Hikmah beriman pada kitab allah adalah salah satu hal penting yang harus kita ketahui dan pahami, karena ini akan berdampak kepada Aqidah kita sebagai seorang Muslim. Lalu apa saja hikmah tersebut?, simak bahasannya berikut.

Hikmah Beriman Pada Kitab Allah

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita harus paham dan tahu apa arti kata dan maksud dari hikmah, iman dan kitab Allah, karena ini penting untuk memahami apa yang sedang kita pelajari.

Juga satu lagi maksud dari iman tersebut, apakah umum kepada semua kitab Allah atau yang di maksud adalah kepada Kitab Al Quran, simak dan baca sampai akhir agar paham dan tidak salah menyikapi pertanyaan tersebut.

Hikmah

Apa itu hikmah?

Hikmah adalah pelajaran tersembunyi atau sesuatu yang bisa menjadi ilmu yang bermanfaat setelah kita mengalami atau memahami suatu perkara atau kejadian.

Contohnya adalah ketika kita kehilangan uang, maka hikmah yang bisa kita ambil dari kejadian itu adalah, mungkin kita kurang sedekah, mungkin kita pernah mengambil hak orang lain, atau mungkin kita memiliki sifat kikir.

Setelah mengetahui hikmah tersebut, diharapkan kita menjadi orang yang lebih baik dengan banyak sedekah, hati hati terhadap hak orang lain jangan sampai kita mengambilnya dan kita menjadi orang yang dermawan.

Iman

Apa itu Iman?

Iman adalah meyakini di dalam hati dan membenarkan suatu perkara atau kejadian dengan seyakin yakinnya tanpa ada keraguan sedikitpun.

Sedangkan definisi iman dalam Islam terkait rukun Iman adalah, meyakini dan membenarkan di dalam hati, mengucapkan (khusus untuk kalimat tauhid) dan mengaplikasikan keimanan tersebut kedalam kehidupan sehari-hari.

Kitab Allah

Apa itu kitab Allah?

Kitab Allah adalah kitab atau lembaran (Suhuf) yang di turunkan Allah kepada para Nabinya melalui Malaikat Jibril yang berisi wahyu tentang hukum, aturan dan cerita kaum terdahulu untuk kemaslahatan umat Manusia.

Ada berapa kitab Allah?

Kitab Allah ada 4 ditambah 1 suhuf atau lembaran.

Di turunkan kepada siapa kitab Allah tersebut?

  1. Kitab Taurat Yang Diturunkan Kepada Nabi Musa Alaihi Salam
  2. Kitab Zabur Yang Diturunkan Kepada Nabi Daud Alaihi Salam
  3. Kitab Injil Yang Diturunkan Kepada Nabi Isa Alaihi Salam
  4. Kitan Al-Quran Yang Diturunkan Kepada Nabi Muhammad Salallahu Alaihi wassalam

Satu lagi berupa lembaran atau Suhuf Ibrahim diturunkan kepada Nabi Ibrahim Alaihi Salam.

*Catatan Tambahan*

Perbedaan kitab dan suhuf, Kitab adalah suatu tulisan yang di bukukan atau menjadi satu sedangkan suhuf adalah lembaran lembaran yang terpisah.

Karena bahasan kali ini adalah tentang hikmah beriman kepada kitab Allah, maka kami masukan juga suhuf Ibrahim, karena esensi dari kitab yang kami maksudkan disini adalah semua wahyu Allah yang di turunkan kepada Manusia.

Beriman Pada Kitab Allah

Apa definisi atau pengertian dari beriman kepada kitab Allah?

Beriman kepada kitab Allah yaitu meyakini dan membenarkan dalam hati tanpa keraguan sedikitpun bahwa semua kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Quran juga suhuf Ibrahim adalah firman Allah yang Allah turunkan kepada para Nabinya.

Di atas dijelaskan bahwa iman dalam Islam adalah meyakini, mengucapkan (khusu syahadat) dan menerapkan dalam kehidupan sehari hari, lalu bagaimana tentang menerapkan dalam kehidupan, sedangkan kitab yang sekarang kita pahami adalah hanya Al Quran, sedangkan kitab selainnya tidak kita tahu?.

Jawab: Semua kitab tersebut harus kita yakini adalah benar di turunkan Allah kepada para Nabinya, sedangkan perkara menerapkan dalam kehidupan sehari hari, itu hanya khusus untuk AL Quran saja, kenapa?.

Karena AL Quran adalah penyempurna kitab kitab sebelumnya juga kitab kitab sebelumnya sudah terhapus dan di gantikan oleh Al Quran, sehingga kita saat ini hanya boleh berhukum dengan hukum yang ada di dalam AL Quran saja.

Hikmah Beriman Kepada Kitab Allah

Setelah kita mengetahui apa saja definisi dari kata hikmah, iman dan kitab Allah, juga definisi dari beriman kpd kitab Allah, sekarang kita akan tuliskan apa hikmah atau pelajaran yang bisa kita petik.

Hikmah iman kepada kitab Allah ini kita bisa bagi menjadi 2 bagian, yaitu umum iman kepada semua kitab atau hanya khusus iman kepada AL Quran saja.

Yang pertama akan kami tuliskan adalah hikmah kita beriman kepada kitab Allah Al Quran, yaitu:

  • Menambah dan memperkuat keimanan kita kepada Allah.
  • Kita akan meyakini dengan sebenar benarnya bahwa semua yang ada di dalam AL Quran adalah benar adanya, walaupun hal tersebut tidak bisa kita jangkau dengan akal kita, seperti peristiwa isra miraj dan lain sebagainya.
  • Kita akan meyakini bahwa isi dari Al Quran semuanya adalah untuk kemaslahatan Manusia.
  • Karena kita yakin isi dalam Al Quran untuk kemaslahatan manusia, maka kita akan mengamalkan Al Quran dengan ikhlas.
  • Kita akan mempunyai akhlak yang terpuji, baik akhlak kepada Allah, Rasulullah Salallahu alahi wassalam maupun kepada Manusia. Baca juga penjelasan Hadits tentang akhlak.
  • Hidup kita akan lurus, karena di dalam Al Quran di jelaskan semua perkara yang baik dan buruk, pahala dan dosa.
  • Pandangan kita akan jauh kedepan, karena target kita adalah masuk kedalam surga dan menghindari neraka.
  • Kita akan mudah untuk beramal, karena di dalam AL Quran banyak di ceritakan tentang kisah orang terdahulu yang shalih dan yang durhaka.
  • Kita akan semangat untuk menghafal, mempelajari dan mengamalkannya, karena kita yakin ini adalah kalam Allah.

Hikmah Iman Kpd semua kitab Allah adalah:

  1. Mengimani atau meyakini semua kitab yang diturunkan Allah adalah kewajiban, dan barang siapa tidak mengimani salah satunya maka keislamannya akan batal.
  2. Allah menurunkan kitab Allah “wahyu” kepada manusia sesuai dengan zamannya, dan seiring waktu Allah sempurnakan kitabnya tersebut dengan Al Quran dan berlaku sampai hari kiamat.
  3. Allah menurunkan kitab kitab (Taurat, Zabur, Injil dan suhuf Ibrahim) berlaku hanya untuk kaumnya saja, sedangkan AL Quran untuk semua kaum.
  4. Siapa saja yang beriman dan mempraktikan isi dari kitab kitab tersebut adalah orang Islam, tentu semua sesuai dengan zamannya, kecuali Al Quran yang berlaku untuk semua umat sampai kiamat. Baca penjelasan dan dalil tentang semua Agama para Nabi dan Rasul adalah Islam.

Dan sebenarnya hikmah atau pelajaran yang bisa kita petik dari iman kita kepada kitab Allah sangatlah banyak, dan di atas hanya kami tuliskan poin pentingnya saja.

Misal tentang ilmu pengetahuan, dimana di dalam Al Quran terdapat banyak ayat yang menerangkan tentang pengetahuan atau sains.

Misal tentang toleransi beragama, karena di dalam AL Quran di jelaskan tentang pentingnya kita memberikan kebebasan kepada pemeluk agama lain untuk beribadah. Tapi poin penting tentang toleransi disini tidak termasuk dengan tolong menolong untuk membangun sarana Ibadah Agama lain, karena hal tersebut di larang.

Dan sebenarnya tentang toleransi beraga harus ada bahasan lebih lanjut, karena perlu di jabarkan mana yang boleh dan mana yang tidak beserta dalil dalilnya, mudah mudahan lain waktu Allah mudahkan kami untuk membahasnya.

Tambahan

Beriman kepada kitab Allah yang lain, selain AL Quran adalah cukup meyakini di dalam hati tanpa ada keraguan sedikitpun kalau itu adalah benar kalam Allah.

Kalau untuk AL Quran, kita tidak cukup hanya meyakininya saja, tapi harus dengan menerapkan semua hukum yang ada di dalamnya.

Perlukah kita mempelajari kitab kitab Allah selain AL Quran?

Tergantung tujuan dan bagaimana posisi kita terhadap Al Quran, maksudnya, yang pertama kita pelajari dan amalkan adalah Al Quran.

Jika Al Quran saja kita belum paham sepenuhnya, buat apa mempelajari kitab lainnya, toh tidak ada perintahnya.

Maka yang baik adalah mempelajari Al Quran secara meneyeluruh dan mengamalkannya, jika nanti dirasa perlu untuk mempelajari kitab lain dengan niat untuk membantah atau berdakwah kepada pemeluk agama lain maka itu  tidak masalah, seperti yang di lakukan oleh DR Zakir Naik.

Demikian bahasan kali ini tentang hikmah dari iman kepada kitab Allah, mudah mudahan bisa di pahami, wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*