Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Kupas tuntas hikmah beriman kepada Malaikat Allah dengan rincian dari semua malaikat yang akan membuat kita sadar akan keagungan-NYA.

Iman kepada malaikat adalah salah satu rukun islam, tepatnya rukun iman yang ke dua, dan yang namanya rukun maka wajib untuk lakukan.

Artinya jika kita tidak mengimani atau tidak mempercayai adanya malaikat yang telah di kabarkan oleh Allah dan Rasul-Nya maka kita hakikatnya bukan seorang Muslim, atau telah batal keislamannya dengan kata lain Murtad.

Lalu apa hikmah dari iman kepada malaikat Allah ini?.

3 Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Kami akan bagi hikmah iman kepada malaikat ini ke dua bagian, yaitu secara global atau menyeluruh terhadap semua malaikat dan secara spesifik terhadap malaikat yang kita ketahui.

Secara Global atau menyeluruh kepada semua malaikat setidaknya mempunyai 3 hikmah di antaranya:

1. Meningkatkan keimanan kita kepada Allah

Mengapa?, Karena kita akan sadar betapa agung dan maha kuasanya Allah yang telah menciptakan makhluk mulia yang terbuat dari cahaya dan mempunyai sayap.

Menciptakan makhluk seperti malaikat saja Allah mampu dan mudah, apalagi menghilangkan penderitaan seperti penyakit, masalah hutang dll.

Dengan begitu kita akan mudah meminta apapun kepada Allah perihal semua hajat kita, yang ini semua jika di lakukan, secara tidak langsung akan meningkatkan iman kita kepada Allah.

2. Sabar dalam Ketaatan Kepada Allah

Mengapa?, karena kita sadar di alam ini ternyata banyak sekali malaikat yang selalu taat dengan perintah-Nya.

Dengan begitu kita pun secara tidak sadar akan meniru apa yang dilakukan oleh para malaikat tersebut, yaitu untuk taat kepada Allah.

3. Akan Mudah Meninggalkan Maksiat

Dengan iman atau yakin bahwa malaikat selalu ada di sekeliling kita dan mengetahui apa yang kita lakukan.

Maka secara tidak sadar kita akan malu jika melakukan dosa atau maksiat.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah

Di bagian ini akan kami bagikan hikmah iman kepada malaikat yang kita kenal dengan tugasnya masing masing, Karena setiap malaikat mempunyai tugas khusus dari Allah dalam menjaga alam semesta ini.

Kita kenal yang tercatat di dalam AL Quran adalah 10 malaikat, lalu apa saja tugas dan hikmah yang bisa kita petik dari ke 10 Malaikat tersebut?.

Berikut kami jabarkan di bawah ini.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Raqib dan Atid

Tugas dari malaikat Raqib dan Atid adalah mencatat semua perbuatan kita selama di dunia, secara spesifik Malaikat Raqib mencatat perbuatan baik sedangkan malaikat Atid mencatat perbuatan buruk.

Apa hikmahnya beriman kepada malaikat Raqib dan Atid?.

Kita akan senantiasa memperbanyak perbuatan atau amal kebaikan, karena kita yakin catatan amal kebaikan ini akan mendatangkan rahmat dari Allah dan semuanya tercatat secara detail oleh Malaikat.

Kita akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk meninggalkan perbuatan buruk dan dosa, karena kita yakin semua catatan buruk ini akan mendatnagkan murka Allah karena semuanya tercatat secara rinci.

Semua catatan ini baik kecil maupun besar tidak akan tertinggal dan akan tercatat dengan sempurna, dan catatatn ini juga yang akan kita terima kelak ketika di akhirat.

Hikmah Iman Kepada Malaikat Munkar dan Naqir

Tugas Malaikat Munkar dan Naqir adalah menanyakan beberapa hal terkait Siapa Allah, Siapa Nabi dan Islam di alam kubur atau barzah.

Lalu apa hikmahnya?.

Kita akan senantiasa mencari tahu dengan menuntut ilmu agama perihal tauhid dan aqidah, karena semua pertanyaan di alam kubur tersebut adalah perkara Aqidah yang setiap Muslib wajib untuk mempelajarinya.

Dan kita juga harus yakin bahwa semua pertanyaan tersebut, jika secara zahir sekarang di tanyakan maka akan sangat mudah untuk di jawab, tapi berbeda ketika nanti di alam kubur.

Karena semua itu akan berkaitan dengan keyakinan dan amal kita saat di dunia ini, jika kita mempunyai aqidah yang benar dan mengamalkan aqidah tersebut maka akan dengan mudah menjawab semua pertanyaan malaikat Munkar dan naqir.

Hikmah Iman Kepada Malaikat Izrail

Tugas malaikat Izrail adalah mencabut nyawa setiap Manusia yang ada di dunia, dan banyak kita sebut sebagai malaikat pencabut nyawa.

Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail?

Senantiasa istiqamah (meneguhkan pendirian) dalam menaati Allah ta’ala dimanapun berada, karena kita yakin kematian kematian akan datang dan kita tidak tahu kapan saat itu akan terjadi.

Karena ketidak tahuan kapan waktunya, maka kita akan mempersiapkan agar ketika malaikat Izrail datang kita berada di keadaan terbaik agar mendapatkan predikat sebagai orang yang mendapatkan husnul khatimah.

Dan jangan sampai kita berada di keadaan terburuk kita, karena ini akan menjadikan kita meninggal dalam keadaan suul khatimah.

Kita harus sadar dan yakin bahwa malaikat izrail tidak pandang bulu ketika tiba untuk mencabut nyawa seseorang, entah orang itu sedang berada di tempat yang baik maupun sedang di tempat buruk.

Hikmah Iman Kepada Malaikat Jibril

Malaikat Jibril adalah malaikat yang mempunyai tugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Nabi dan Rasul.

Lalu apa hikmah kita beriman kepada malaikat Jibril?

Kita akan mengetahui bahwa Allah menjaga Alam ini dengan sunatullah atau apa yang sudah di tentukannya, karena sebenarnya bisa saja Allah secara langsung menanamkan AL Quran kepada para Nabi dan Rasul.

Tapi dengan menugaskan Malaikat Jibril menjadikan semua yang berjalan di dunia ini menjadi rasional dan sesuai sunatullah.

Lalu kita akan dengan semangat menghafal serta memahami arti dari setiap ayat Al Quran dan yang terpenting mau mengamalkan isi dari Al Quran tersebut.

Iman Kepada Malaikat Mikail

Tugas Malaikat Mikail adalah mengatur pembagian rezeki kepada semua makhluk Allah, dan kita harus paham bahwa rezeki tidak hanya tentang harta.

Tapi rezeki cakupannya lebih luas, seperti hujan yang turun, kesehatan yang kita rasakan, keturunan dan semua yang kita senang memilikinya.

Dan pembagian rezeki oleh Malaikat Mikail ini tidak akan salah sasaran, artinya setiap rezeki makhluk di dunia ini sudah di tuliskan di lauhumanfuz, dan setiap makhluk sudah memiliki jatah rezekinya sendiri sendiri.

Hikmah beriman kepada Malaikat Mikail adalah kita akan senantiasa merasa cukup dan bersyukur kepada Allah atas semua rezeki yang di dapat.

Karena sekeras dan sekuat apapun kita berusaha, maka rezeki yang kita dapatkan akan sesuai dengan jatah yang telah di takdirkan untuk kita.

Dan ini bukan berarti kita berhenti dari berusaha, tapi selayaknya setiap usaha yang kita lakukan didunia ini kita niatkan untuk Ibadah dan rezeki yang kita dapatkan kita syukuri karena itu adalah takdir kita.

Hikmah Iman Kepada Malaikat Israfil

Tugas Malaikat Israfil adalah meniup terompet sangkakala pada saat datangnya hari kiamat, dan ini adalah saat saat terakhir ketika dunia akan hancur lebur berganti dengan alam akhirat.

Lalu apa hikmah iman kita kepada Malaikat Israfil?

Kita senantiasa yakin akan datangnya hari kiamat dan tentu dengan keyakinan akan hari kiamat ini akan menambah keimanan kita kepada Allah.

Juga kita akan senantiasa mengingat alam akhirat yang kalau kita baca di hadits maupun AL Quran akan sangat mencekam dan mengerikan.

Dengan begitu kita akan senantiasa mempersiapkan bekal amal shalih untuk menghadapi hari kiamat tersebut.

Hikmah Iman Kepada Malaikat Malik

Tugas Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka, Malaikat Malik mempunyai sifat keras dan tidak mempunyai rasa belas kasihan kepada semua penghuni neraka.

Apa himkahnya kita iman kepada Malaikat Malik?.

Tentu kita akan menghindari untuk bertemu malaikat Malik, karena siapa saja yang bertemu Malaikat Malik sudah di pastikan Ia berada di Neraka.

Efek dari ini, kita akan senantiasa meninggalkan kemaksiatan dan melakukan banyak amal kebaikan agar terhindar dari bertemu malaikat Malik.

Hikmah Iman Kepada Malaikat Ridwan

Tugas Malaikat Ridwan adalah sebagai penjaga pintu surga, Malaikat Ridwan akan menyambut semua hamba Allah yang akan masuk ke dalam surga, Mempunyai sifat lemah lembut dan ramah.

Hikmah kepada malaikat Ridwan.

Kita akan senantiasa melakukan amal shalih dan meninggalkan maksiat karena ingin berjumpa dengan malaikat yang sangat menyejukan ini.

Yang tentu saja orang yang bertemu dengan malaikat Ridwan adalah para penghuni surga yang semua orang di dunia ini mengharapkan bisa masuk kedalamnya.

Kesimpulan Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah

Dari rincian hikmah yang terkandung di dalam iman kita kepada malaikat di atas, bisa kita tarik kesimpulan ada 5 hikmah pokok yang terkandung di dalamnya yaitu:

  1. Mempertebal keimanan kita kepada Allah, karena dengan kuasanya Allah mampu menciptakan makhluk yang sangat menakjubkan, lalu bagaimana dengan Zat Allah itu sendiri yang tentu sangat Agung dan suci.
  2. Kita akan berhati hati ketika akan melakukan apapun, karena kita tahu bahwa semua perbuatan kita, baik perbuatan baik maupun perbuatan buruk akan di catat oleh Malaikat.
  3. Kita akan menjadi orang yang qanaah atau merasa cukup dengan rezeki yang saat ini kita miliki, karena kita yakin semua rezeki sudah ada yang mengaturnya.
  4. Kita akan yakin akan adanya pembalasan di kubur dan mempersiapkan semuanya, dan ini terkait dengan Aqidah serta tahuid karena pertanyaan di alam kubur terkait dengan Aqidah.
  5. Kita senantiasa yakin akan datangnya hari kiamat dan tentu dengan keyakinan tersebut kita akan mempersiapkan bekal berupa iman dan amal shalih serta menjauhi perbuatan maksiat dan dosa.

Demikian semua hikah beriman kepada malaikat secara lengkap dan kesimpulan yang mengarah kepada keimanan dan melakukan amal shalih serta menjauhi maksiat atau dosa.

Semoga kita bisa menjadi Muslim yang taat dan di masukan kedalam surganya serta di jauhkan dari Neraka, semoga bermanfaat, wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*