Hadits Tentang Orang Munafik dan Ciri-Cirinya

Kumpulan Hadits tentang orang munafik yang sahih dalam bacaan Arab, Latin dan Artinya lengkap, simak penjelasannya agar kita terhindar dari sifat munafik yang tercela ini.

Munafik atau nifak adalah sifat yang tercela yang  pelakunya di ancam oleh Allah dengan memasukannya ke dalam neraka “Naudzubillah”.

Sekarang banyak terdengar istilah ini dengan ucapan “dasar munafik lu..” atau “mereka itu jangan di ikuti karena mereka munafik” dan ucapan yang sejenis.

Sebenarnya apa sih munafik itu, mari kita simak dari orang terbaik sepanjang masa, kekasih kita yang akan memberikan syafaat bagi siapapun pengikutnya yaitu Muhammad Salallahu alaihi wassalam dalam sabda sabdanya.

“Perhatian”, ilmu yang kita pelajari ini, bukan untuk kita tembakan kepada orang lain, tapi sebaiknya tembakan kepada diri kita sendiri.

Maksudnya, setelah kita tahu ciri sifat nifak ini, bukan untuk menilai orang lain, bahwa si fulan munafik atau si alan munafik, tapi nilai diri kita sendiri, apakah ada sifat munafik pada diri kita, jika ada pada diri kita, maka segera evaluasi dan perbaiki.

Hadits Tentang Orang Munafik Yang Sahih

hadits tentang orang munafik

Hadits Ciri Ciri Orang Munafik Pertama

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، عَنِ النَّبيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : أَربعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقاً ، وَإِنْ كَانَتْ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ فِيْهِ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفاقِ حَتَّى يَدَعَهَا : مَنْ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ ، وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ ، وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ خَرَّجَهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Artinya:

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada empat tanda seseorang disebut munafik. Jika salah satu perangai itu ada, ia berarti punya watak munafik sampai ia meninggalkannya. Empat hal itu adalah: (1) jika berkata ia berdusta; (2) jika berjanji ia mengingkari; (3) jika berdebat, ia berpaling dari kebenaran; (4) jika berselisih ia akan berbuat zalim.” [HR. Bukhari dan Muslim].

Ibnu Rajab dalam kitab Jamiul Ulum wal Hikam Hadits Ke-48 juga menuliskan hadits tanda orang munafik diatas.

Hadits Ciri Orang Munafik Kedua

مِنْ عَلاَمَاتِ الْمُنَافِقِ ثَلاَثَةٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا ائْتُمِنَ خَانَ

Artinya:

“Di antara tanda munafik ada tiga: jika berbicara ia berdusta; jika berjanji ia tidak menepati, jika diberi amanat ia berkhianat.” [HR. Muslim]

Hadits Ciri Munafik Ketiga

Dalam riwayat Muslim yang lain juga disebutkan,

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ وَإِنْ صَامَ وَصَلَّى وَزَعَمَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ

Artinya

“Tanda munafik itu ada tiga, walaupun orang tersebut puasa dan mengerjakan shalat, lalu ia mengklaim dirinya muslim.” [HR. Muslim]

Hadits pertama sampai ketiga di atas adalah ciri ciri atau tanda orang yang mempunyai sifat munafik, dan kita di tuntut untuk menghilangkan tanda tersebut jika ada di dalam diri kita.

Rangkuman Hadits Ciri-Ciri Orang Munafik

Tanda orang munafik berdasarkan hadits di atas ada 5 yaitu:

  1. Jika Ia berkata maka perkataannya dusta
  2. Jika Ia berjanji maka Ia mengingkarinya
  3. Jika Ia di beri amanah maka Ia berkhianat
  4. Jika Ia berdebat maka Ia tidak menjadikan kebenaran sebagai landasannya.
  5. Jika Ia berselisih maka Ia akan berbuat zalim

Bagaimana Cara Menghindari Sifat Munafik?

Sebenarnya cara untuk menghindari sifat kemunafikan cukup mudah, yaitu dengan mengevaluasi ke dalam diri kita, apakah ada salah satunya saja tanda tersebut?. Jika ada maka tugas kita adalah menghilangkan tanda tersebut dengan sekuat tenaga, yaitu:

Untuk tidak berdusta atau selalu jujur, baik dalam tindakan maupun perbuatan, belajar menepati janji yang sudah kita buat, walaupun janji tersebut sulit untuk di realisasikan.

Pegang erat dan tunaikan amanat yang di bebankan kepada kita sekuat tenaga, jangan berdebat, jikalau terpaksa, maka jadikan kebenaran sebagai landasannya, dalam arti kita harus obyektif menilai apakah yang di sampaikan oleh saudara kita tersebut adalah kebenaran, jika iya, terima itu dengan ikhlas.

Jika ada perselisihan, selesaikan dengan adil dan tidak menzalimi pihak lain.

Demikianlah hadits tentang orang munafik yang merupakan tanda atau ciri kemunafikan pada seseorang yang di sabdakan oleh Nabi Kita Muhammad sallahu alaihi wassalam.

Semoga kita di jauhkan dari sifat munafik ini. Wallahu a’lam.

Speak Your Mind

*