Kumpulan Hadits Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Kumpulan hadits tentang keutamaan membaca al-qur’an serta penjelasan Ulama serta kesimpulan 10 keutamaan membaca Al Quran, agar kita bisa selalu membaca Al Quran Setiap hari.

Keutamaan Membaca Al Quran

Seharusnya sebagai seorang Muslim menjadikan membaca AL Quran sebagai ibadah yang dilakukan setiap hari, karena banyak sekali keutamaan yang akan kita dapatkan ketika membaca Al Quran.

Tapi kita malah sering malas dan lalai dari membaca Al Quran, bahkan ada yang hanya sekali dalam setahun, yaitu  ketika bulan Ramadhan saja.

Dengan berbagai macam alasan, yang sepertinya alasan tersebut bersumber pada menyia nyiakan waktu, padahal tidak demikian.

Sebaliknya orang yang rutin membaca Al Quran maka akan diberkahi waktu hidupnya, apa maksud berkah waktu?, maksudnya adalah waktu yang sempit bisa di gunakan untuk melakukan amalan amalan akhirat.

Kumpulan Hadits Keutamaan Membaca Al-Qur’an

hadits keutamaan membaca Al Quran

Mungkin juga kita belum tahu apa saja keutamaan dalam membaca Al Quran, dan berikut ini kan kami tuliskan kumpulan hadits tentang keutamaan membaca Al Quran dan 2 ayat tentang keutamaannya.

Tujuan dari hadits hadits ini adalah agar kita termotivasi dalam membacanya.

Pahala Membaca Al Qur’an Satu Huruf di Ganjar Dengan 10 Kebaikan

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ ».

Artinya: “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan di lipat gandakan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” [HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469]

Dalam atsar lain di sebutkan dengan redaksi sebagai berikut,

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بن مسعود رضى الله عنه قَالَ : تَعَلَّمُوا هَذَا الْقُرْآنَ ، فَإِنَّكُمْ تُؤْجَرُونَ بِتِلاَوَتِهِ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرَ حَسَنَاتٍ ، أَمَا إِنِّى لاَ أَقُولُ بِ الم وَلَكِنْ بِأَلِفٍ وَلاَمٍ وَمِيمٍ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرُ حَسَنَاتٍ.

Artinya: “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم , akan tetapi untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” [Atsar riwayat Ad Darimy dan disebutkan di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 660].

Penjelasan:

Kedua Hadits di atas tidak mengharuskan kita mengerti dan paham bahasa Arab, jadi keutamaan ini akan didapat oleh seorang muslim ketika membaca Al Quran baik Dia mengerti artinya atau pun tidak.

Bayangkan betapa banyaknya pahala yang akan kita dapatkan dengan membaca Al Quran, apalagi jika kita membacanya secara rutin setiap hari karena pahala membaca al qur’an satu huruf akan diganjar dengan 10 kebaikan.

Orang yang cerdas tentu akan mengamalkan ini secara berkesinambungan sebagai bekal menghadap Allah kelak di hari kiamat.

Mendapatkan Pahala Shalat Sepenjang Malam

عنْ تَمِيمٍ الدَّارِىِّ رضى الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ آيَةٍ فِى لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قُنُوتُ لَيْلَةٍ»

Artinya: “Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” [HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468].

Penjelasan:

Siapa yang mampu melakukan sholat sepanjang malam?, mungkin ada, tapi akan sangat sedikit sekali orang yang mampu melaksanakannya.

Jika kita tidak mampu melaksanakan sholat sepanjang malam, maka inilah cara termudah bagi kita untuk mendapatkan pahalanya.

Yaitu dengan membaca 100 ayat Al Quran pada malam hari, mudah kan!!!, iya mudah, tapi dalam pelaksanaannya kadang kita lalai, ini tidak lain di sebabkan karena kurangnya rasa cinta kita kepada Akhirat, dan lebih mencintai dunia ini.

Mendapatkan Pahala Lebih Besar Jika Dibaca Dalam Sholat

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ إِذَا رَجَعَ إِلَى أَهْلِهِ أَنْ يَجِدَ فِيهِ ثَلاَثَ خَلِفَاتٍ عِظَامٍ سِمَانٍ قُلْنَا نَعَمْ. قَالَ « فَثَلاَثُ آيَاتٍ يَقْرَأُ بِهِنَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ ثَلاَثِ خَلِفَاتٍ عِظَامٍ سِمَانٍ

Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Maukah salah seorang dari kalian jika dia kembali ke rumahnya mendapati di dalamnya 3 onta yang hamil, gemuk serta besar?” Kami (para shahabat) menjawab: “Iya”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Salah seorang dari kalian membaca tiga ayat di dalam shalat lebih baik baginya daripada mendapatkan tiga onta yang hamil, gemuk dan besar.” [HR. Muslim]

Penjelasan:

Inilah kecerdasan Rasullullah salallahu alaihi wassalam, karena tabiat manusia cinta kepada dunia, maka Nabi memberikan contoh akan dunia yang kala itu unta adalah harta berharga.

Setelah membicarakan tentang dunia, Rasulullah salallahu alaihi wassalam langsung mengalihkan kepada amalan akhirat yang justru sebenarnya pahalanya lebih besar dari unta tersebut.

Amalan ringan yaitu membaca ayat Al Quran didalam sholat, dengan menggunakan perumpamaan ini akan mudah untuk di mengerti dan di amalkan oleh para sahabat dan kita sebagai manusia pada umumnya yang cinta kepada dunia.

Mendapatkan 2 Pahala Walau Terbata Bata

عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

Artinya: “Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” [HR. Muslim].

Penjelasan:

Hadits ini bukan bermaksud orang yang membaca Al Quran dengan terbata-bata lebih utama dari orang yang mahir dalam membaca Al Quran.

Tapi di tujukan kepada orang yang belum mahir agar tetap semangat belajar membaca Al Quran karena akan mendapatkan 2 pahala.

2 pahala ini maksudnya adalah pahala membaca  Al Quran itu sendiri dan kesulitan saat membacanya, maka bagi kita yang masih terbata-bata membaca Al Quran jangan berkecil hati karena pahala menanti kita.

Mendapatkan Kedudukan Tinggi Di Akhirat Kelak

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Artinya: “Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Qur’an nanti : ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” [HR. Abu Daud no. 1464 dan Tirmidzi no. 2914. Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 2240 mengatakan bahwa hadits ini shohih].

Penjelasan:

Dalam keterangannya di kitab  As Silsilah Ash Shohihah Syaikh Al Albani Rahimahullah mengatakan, bahwa Yang dimaksudkan dengan ‘membaca’ dalam hadits ini adalah menghafalkan Al Qur’an dari dalam sanubari, hal ini berdasarkan sabda nabi yang lain yang berbunyi (mahfumnya) ‘Suatu kaum akan dipimpin oleh orang yang paling menghafal Kitabullah (Al Qur’an).’

Derajat dan kedudukan manusia di surga akan bertingkat-tingkat, dan tingkat paling tinggi akan di dapatkan oleh orang yang banyak menghafal Al Quran saat di dunia, dan ini merupakan keuntungan yang sangat besar bagi para penghafal Al Quran.

Tapi ingat, menghafal Al Quran tersebut harus di landasi dengan niat ikhlas karena Allah, bukan karena niat lainnya, karena jika karena niat selain untuk Allah maka kita akan termasuk kedalam golongan orang munafik seperti yang di sabdakan oleh Nabi Sallalahu Alaihi wassalam berikut,

أَكْثَرَ مُنَافِقِي أُمَّتِي قُرَّاؤُهَا

Artinya: “Kebanyakan orang munafik di tengah-tengah umatku adalah qurro’uha (yang menghafalkan Al Qur’an dengan niat yang jelek).” [HR. Ahmad].

Keutamaan Al Quran Sebagai Syafaat di Hari Kiamat

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Artinya: “Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” [HR. Muslim].

Penjelasan:

Ayat ini menjelaskan bahwa Al Quran akan datang pada hari kiamat dan memberikan syafaat kepada para penjaganya yaitu orang yang selalu membaca dan mengamalkan isi kandungannya.

Keutamaan Al Quran Sebagai Pembela Dihari Akhirat

وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ

Artinya: “Al-Qur’an itu akan menjadi hujjah yang membelamu atau yang akan menuntutmu” [HR. Muslim].

Penjelasan:

Hadits ini adalah sebagai penjelas dari hadist sebelumnya, yaitu tidak hanya menjadi syafaat tapi bisa menjadi musuh, karena apa?.

Al Quran akan menuntut kita karena kita tidak membaca dan mengamalkan isi kandungannya, dan mengamalkan isi kandungan Al Quran adalah dengan mentauhidkannnya, mengamalkan apa yang menjadi kewajiban dan manjauhi apa yang di larangnya.

Ayat Al Quran Tentang Keutamaan Membaca Al Quran

Kali ini akan kami tuliskan tentang ayat Al Quran yang menjelaskan tentang keutamaan Al Quran itu sendiri, jadi tidak hanya hadits yang menjelaskan.

Al Quran sendiri juga menjelaskan tentang keutamaan dari membaca Al Quran, berikut adalah beberapa ayatnya.

Keutamaan Keberkahan dan Ilmu Bagi Orang Yang Berfikir

Al Quran adalah berkah dan sebagai ilmu bagi siapa saja orang yang mau merenungkan dan berfikir ada dalam Surat Shaad ayat 29.

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: “Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran” [QS. Shaad ayat 29].

Penjelasan:

Al Quran sendiri adalah berkah bagi kita sebagai manusia, karena di dalamnya terkandung banyak sekali ilmu yang bisa kita terapkan ke dalam kehidupan kita sehari hari.

Membuat Hati Menjadi Tenang

Al Quran akan membuat hati pembacanya menjadi tenang seperti dalam Surat Ar-Ra’d Ayat 28 berikut:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: : (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. [QS Ar-Ra’ad ayat 28].

Penjelasan:

Mengingat Allah dengan berzikir dan salah satu zikir adalah membaca Al Quran, maka dengan membaca Al Quran otomatis hati kita akan menjadi tenang.

Keutamaan Al Quran Sebagai Obat Hati dan Jasmani

Keutamaan Al Quran sebagai obat bagi fisik dan jasmani terdapat dalam Al Quran surat Al Israa ayat 82 sebagai berikut:

ﻭَﻧُﻨَﺰّﻝُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻣَﺎ ﻫُﻮَ ﺷِﻔَﺂﺀٌ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔٌ ﻟّﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻭَﻻَ ﻳَﺰِﻳﺪُ ﺍﻟﻈّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﺇَﻻّ ﺧَﺴَﺎﺭﺍً

Artinya: “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” [QS. Al-Israa’: 82].

Penjelasan:

Ayat ini menurut Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqiti menjelaskan tentang Keutamaan Al Quran sebagai obat bagi penyakit hati dan juga fisik atau jasmani.

Obat penyakit hati di antaranya adalah kesyirikan, keraguan, hasad dengki dan lain lain, dan obat untuk penyakit fisik adalah dengan di baca sebagai ruqiyah.

Kesimpulan Hadits Keutamaan Membaca Al Quran

Dari kumpulan hadits tentang keutamaan membaca al-qur’an di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa membaca Al Qur’an adalah suatu ibadah yang agung karena di dalamnya terkandung banyak sekali keutamaan.

Kami telah menyimpulkan dari kumpulan hadits dan ayat tentang keutamaan membaca Al Quran di atas, yaitu setidaknya terdapat 10 keutamaan membaca Al Qur’an yang akan kita dapatkan.

10 Keutamaan Membaca Al-Qur’an

  1. Membaca Al Quran adalah ibadah yang agung.
  2. Kita akan mendapatkan pahala 10 kali lipat dari setiap huruf yang kita baca.
  3. Mendapatkan pahala sholat sepanjang malam dengan membaca 100 ayat di malam hari.
  4. Pembaca ALQuran yang mahir akan bersama malaikat yang mulia dan selalu taat kepada Allah.
  5. Mendapatkan 2 pahala bagi orang yang terbata bata dalam membaca Al Quran.
  6. Akan mendapatkan syafaat dari AL Quran di hari kiamat.
  7. Akan mendapatkan kedudukan tinggi kelak di akhirat sesuai ayat yang kita baca atau hafalkan.
  8. Kehidupan pembaca Al Quran akan menjadi berkah.
  9. Akan membuat hati menjadi tenang.
  10. Al Quran sebagai obat hati dan jasmani.

10 Keutamaan membaca Al-Qur’an berdasarkan hadits dan ayat di atas akan kita dapatkan jika kita rutin membaca Al-Quran setiap hari.

Kalaupun sibuk, maka usahakan untuk membacanya walau beberapa ayat, agar kita tidak disebut sebagai orang yang lalai dari membaca Al Quran.

Demikian kumpulan hadits tentang keutamaan membaca al-qur’an yang bisa kami tuliskan, semoga kita termasuk orang yang menjadi Ahli Al Quran dalam membaca dan mengamalkan kandungan isinya. Wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*