Hadits Keutamaan Belajar Al Quran Latin, Arab dan Artinya Lengkap

Hadits tentang keutamaan belajar Al Quran lengkap, Arab, Latin, Arti dan penjelasan Ulama serta apa yang harus kita lakukan terkait mempelajari Al Quran, simak bahasannya berikut.

Al quran adalah petunjuk bagi orang beriman, karena di dalamnya terdapat berbagai macam petunjuk bagi kita dalam menjalani kehidupan ini, dan AL Quran ini adalah kalam Allah yang berarti, ini adalah petunjuk dari Allah yang menciptakan kita.

Siapakah yang lebih tahu daripada yang menciptakannya, sekarang sebagai contoh, jika kita bertanya, siapa yang lebih paham akan Iphone?, tentu orang yang berada di balik pembuatan Iphone tersebut, begitu juga dengan siapa yang lebih paham akan manusia jika bukan Allah Azza Wajalla yang menciptakan kita.

Belajar AL Quran

Karena ini adalah petunjuk bagi kita yang telah di sipakan oleh Yang Maha Pencipta, maka sudah tentu kita wajib untuk mempelajarinya, lalu apa yang kita harus pelajari dari Al Quran ini?, berikut ringkasannya:

  • Pertama yang harus kita pelajari adalah, bagaimana cara membacanya, karena AL Quran turun di negara Arab dan menggunakan bahasa Arab, sehingga kita harus bisa belajar membaca tulisan Arab.
  • Kedua kita harus belajar mengetahui tentang makna kandungan dari setiap ayat dari AL quran atau yang kita kenal dalam tafsir Al Quran.
  • Ketiga dan ini yang penting adalah kita mengamalkan setiap kandungan yang ada di dalam Al Quran, karena apalah arti dari petunjuk jika tidak kita jalankan.
  • Keempat kita belajar menghafal setiap Surat dan Ayat dari Al Qu’ran.

Hadits Keutamaan Belajar Al Quran

hadits keutamaan belajar al quran

Setiap amalan yang kita lakukan tentu Allah Azza wajalla sudah menyiapkan balasan atau ganjaran bagi siapa saja yang mengamalkan amalan tersebut, tidak terkecuali dengan belajar Al Quran, berikut adalah hadist tentang keutamaan orang yang mempelajari Al Quran.

Hadits Pertama

Hadits tentang keutamaan belajar al quran diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dari Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah dari Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Hadits keutamaan Al Quran Latin: “Khayrukum man ta’allamal Quran wa a’llahu”

Artinya: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Hadits Kedua

Masih dari hadits Al Bukhari yang semakna dengan hadits di atas tapi dengan redaksi yang berbeda, dari Utsman bin Affan, tetapi dalam redaksi yang agak berbeda, disebutkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Latin: “Inna afdholakum man taa’llamal Quran wa a’llamahu”

Artinya: “Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Penjelasan Hadits

Ada pertanyaan tentang hadits ini, apakah makna dari manusia yang paling utama adalah seseorang yang belajar tajwidz saja?, atau apakah menghafalnya atau memahami kandungan Al Quran masuk ke dalamnya.

Syaikh Muhammad Shalih Al Utsaimin rahimahullah menerangkan bahwa ada 3 tujuan Al Quran di turunkan kepada manusia, yaitu membacanya sebagai bentuk ibadah, memahami makna kandungannya dan mengamalkannya.

Jadi untuk mendapatkan keutamaan yang ada pada hadis diatas kita harus melakukan ke 3 hal tersebut dan tidak cukup hanya mempelajari tajwidz saja, walau tentu itu adalah suatu ibadah yang bernilai disisi-NYA.

Imam Ibnul Qoyyim rahimahullahu menerangkan lebih mudah lagi, yaitu belajar dan mengajarkan Al Quran terdiri dari 2 hal, yaitu belajar membaca setiap huruf Al Quran dan mengajarkan kandungan atau makna dari Al Quran itu sendiri.

mengajarkan makna Al Quran itu lebih mulia atau lebih utama, karena ini adalah tujuan dari di turunkannya Al Quran sebagai petunjuk bagi kita. Sedangkan mengajarkan pembacaan huruf adalah salah satu sarana untuk mencapai tujuan tersebut.

Jadi belajar mengetahui makna atau tafsir adalah mempelajari tujuan sedangkan belajar huruf adalah mempelajari sarana, sehingga mempelajari tujuan lebih utama karena sesuai dengan maksud di turunkannya Al Quran.

Kesimpulan

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.”

Yaitu orang yang belajar membaca tajwidz atau huruf Al Quran dan mempelajari tafsir Al Quran, Setelah dia paham dan menguasai apa yang di pelajarinya, lalu mengajarkan hal tersebut kepada orang lain, dan bersamaan dengan itu dia mengamalkan apa yang sudah di pelajarinya tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi tidak cukup hanya mempelajari salah satunya saja karena semua itu sama pentingnya dan saling berkaitan.

Jika selama ini kita hanya bisa dan belajar membaca saja, maka tingkatkan lagi dengan belajar mengenai tafsir dari Al Quran, karena mempelajari disini banyak di artikan oleh kita hanya sebatas mempelajari cara baca Al Quran yang baik dan benar, Wallahu a’lam.

Artikel Yang Terkait:

Speak Your Mind

*