Hadist Tentang Sholat Adalah Tiang Agama

Hadist tentang sholat adalah tiang Agama dalam bahasa Arab, latin dan artinya juga penjelasan serta nasihat yang insya Allah bermanfaat untuk kita agar selalu semangat dalam menjalankan kewajiban ini.

Sholat adalah kewajiban yang harus di kerjakan oleh seorang muslim, dan sifatnya mutlak tidak bisa di tawar lagi, selama seorang muslim masih hidup walau keadaannya sakit, susah, ketika safar dan kondisi lainnya, kewajiban ini harus selalu di kerjakan.

Hadist Tentang Sholat Adalah Tiang Agama

Hadist Tentang Sholat Adalah Tiang Agama

Ada dua hadits tentang sholat tiang agama yang statusnya sahih dan hasan, yaitu hadits dari Ibnu Majah, tirmidzi dan Bukhari, Muslim, berikut ini:

Hadits Riwayat Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah.

رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُودُهُ الصَّلاَةُ

Latin: “Rasul amri islamu wa a’muuduhusholatu”

Artinya: “Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah shalat.” [HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan]

Juga hadits dari ‘Abdullah bin ’Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya: “Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah -bagi yang mampu-, (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” [HR. Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16]

Penjelasan dan Nasihat

Betapa indahnya Agama ini, semua hadist dan Ayat Al quran mempunyai ungkapan dan permisalan yang sempurna dan tanpa cela, lihat hadits tentang sholat di atas, Islam di bangun dengan 5 perkara dan sholat sebagai tiangnya, jika tiang yang menjaga suatu bangunan roboh, maka habis dan rusaklah bangunan tersebut.

Begitu pun dengan agama seseorang, jika sholat tidak di kerjakan maka tiang agamanya akan roboh, lalu apalagi yang tersisa dari agama orang tersebut, selain akan mendapatkan kehancuran dan kemalangan di dunia ini apalagi di akhirat.

Hadits ini menerangkan tentang keutamaan sholat yang sangat penting, jadi pantas dan wajar banyak hadits yang menerangkan tentang janji surga dan keselamatan di akhirat bagi siapa yang menjaga sholatnya, karena secara tidak langsung orang yang menjaga sholat berarti dia adalah orang yang menjaga agamanya.

Dan orang yang menjaga agamanya berarti dia mudah untuk melakukan amalan amalan lain yang wajib maupun sunnah, maka orang tersebut akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Jadi jangan sekali-kali kita bermain main dengan tiang agama kita, karena akibatnya akan sangat fatal.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*