Dzikir Amalan Membuka Mata Batin Sesuai Sunnah

Dzikir amalan membuka mata batin yang sesuai dengan sunnah dan insya Allah ampuh dan menjadikan mata batin kita peka terhadap apapun yang akan kita lakukan, tentu semua atas petolongan Allah Azza wa jalla semata.

Mata Batin

Apa itu mata batin?, mata batin disini adalah penglihatan yang tidak kasaf mata yang bisa kita rasakan dan juga fikirkan, sepertinya kok agak nejelimet.

Sederhananya adalah perasaan di dalam hati atau batin kita tentang apa yang akan terjadi jika kita melakukan suatu perbuatan.

Loh kok itu, bukannya mata batin itu adalah di saat kita bisa melihat hal hal ghaib yang tidak bisa di lihat oleh orang normal pada umumnya?.

Kalau definisi yang anda maksudkan seperti di atas, maka anda akan bermain dengan setan berbentuk jin yang akan menjerumuskan kita kepada kesyirikan.

Dan jika anda mencari cara membuka mata batin sesuai dengan definisi batil tersebut, maka bertobatlah sebelum terlambat, karena cara seperti itu tidak ada dalam ajaran Islam.

Dzikir

Dzikir adalah mengingat Allah, apapun bentuknya, seperti membaca tasbih, menuntut ilmu, merenung atau tadabur dan lain sebagainya, baik dalam keadaan duduk, berdiri, berbaring, berjalan dan kondisi apapun.

Amalan Agama

Amalan agama adalah suatu perbuatan yang kita lakukan dengan tujuan mencari ridha Allah sesuai dengan tuntunan dari Nabi, Sahabat dan juga keterangan Ulama Salaf.

Dzikir Amalan Membuka Mata Batin Sesuai Sunnah

Dzikir Amalan Membuka Mata Batin

Jadi jelas, yang kami maksud disini adalah dzikir dan amalan yang akan membuka mata batin kita, sehingga kita bisa peka terhadap apa akibat yang bisa di timbulkan jika kita melakukan sesuatu, ini kaitannya dengan dosa atau tidak, halal atau haram.

Dan semua harus bersumber dari Al Quran, Hadits, Keterangan para sahabat, tabiin, tabiut tabiin juga Ijma Ulama, lalu dzikir dan amalan seperti apa yang bisa kita lakukan?, berikut urutan dan sedikit keterangannya.

Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu adalah kewajiban yang di bebankan oleh agama kita kepada setiap individu “fardhu a’in”, tentu ilmu yang harus kita pelajari harus sesuai dengan skala prioritas, di antaranya:

Belajar Ilmu Tauhid dan Aqidah, Ini adalah ilmu yang sangat penting yang harus kita pelajari karena kalau kita salah dalam beraqidah akan rentan terjerumus kedalam kesyirikan dan tanpa sadar kita akan menjadi murtad.

Pembatal keislaman, sama seperti ibadah lainnya keislaman yang kita anut bisa batal karena kita melakukan beberapa dosa yang dosa tersebut akan mengakibatkan batalnya keislaman kita, seperti menyembah kubur, meminta kepada pohon dan lain sebagainya, bisa anda baca selengkapnya di pembatal keislaman.

Fiqih ibadah wajib, setiap ibadah yang wajib kita lakukan maka mempelajarinya juga adalah wajib, misal kita akan sholat 5 waktu, tanpa kita ketahui cara dan tuntunan sholat sesuai dengan sunnah maka ibadah kita tersebut akan tertolak, maka mempelajarinya adalah suatu kewajiban.

Fiqih muamalah, misal kita akan berdagang, maka kita wajib tahu apa saja aturan dalam berdagang tersebut, karena di dalam fiqih muamalah akan di ajarkan apa yang boleh dan tidak ketika kita melakukan suatu perbuatan yang berhubungan dengan orang lain.

Fiqih Ibadah Sunnah, selain ibadah wajib dalam islam banyak sekali ibadah sunnah yang perlu kita ketahui, baik cara dan keuntungan atau fadhilahnya, maka mempelajari fiqih ibadah yang sunnah perlu untuk kita lakukan.

Mengamalkan Agama

Setelah kita menuntut ilmu agama, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengamalkan ibadah tersebut, kadang disini adalah titik lemah kita sebagai seorang Muslim, kita sepertinya berat untuk mengamalkan agama secara sempurna.

Dan syarat untuk membuka mata batin kita adalah, kita harus mengamalkan Agama ini secara sempurna sesuai yang telah kita pelajari.

Istiqomah

Istiqomah atau kita melakukan semua amalan ini secara terus menerus adalah suatu kemuliaan yang Allah azza wajalla berikan kepada kita, maka cara untuk istiqomah yang tepat adalah berdoa kepada Allah agar di berikan keistiqomahan dalam menjalankan syariat islam ini dan berusaha dengan sekuat tenaga agar selalu istiqomah.

Petik Hasilnya

Hasilnya apa?

  • Kita akan merasakan ketenangan dalam menjalani kehidupan ini.
  • Kita akan terbiasa untuk selalu taat perintah Allah dan menjauhi larangannya dengan mudah.
  • Kita akan lebih bersabar setiap datangnya ujian kepada kita.
  • Kita akan qonaah, atau merasa cukup dan menerima setiap apa yang di karuniakan Allah kepada kita.
  • Hati kita akan mudah memilah setiap perbuatan yang akan kita lakukan, jika perbuatan tersebut akan menjerumuskan kepada dosa maka kita dengan mudah menghindarinya, karena kita sudah di beri karunia oleh Allah berupa mata batin yang peka terhadap apapun yang akan kita lakukan.
  • Kita akan mendapatkan kebahagiaan yang tiada tara, yang tidak akan di rasakan oleh orang super kaya sekalipun, karena hati kita sudah di penuhi oleh hidayah dan ketenangan dari Allah.
  • Ketika meninggal maka surga adalah balasan yang akan kita dapatkan “inilah tujuan yang di tuju oleh orang orang waras yang mendapat petunjuk Allah”.

Inilah cara terbaik untuk dzikir dan amalan yang akan membuka mata batin kita sesuai dengan sunnah, karena tidak ada kemuliaan seseorang selain mengikuti apa yang sudah di ajarkan oleh para pendahulu kita “Ulama salaf”.

Hindari mengamalkan amalan yang tidak ada tuntunannya, karena amalan seperti itu akan menjerumuskan kita kepada dosa Bid’ah dan kesyirikan, semoga kita di jauhkan dari semua itu, wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*