Cara dan Doa Ziarah Kubur ke Makam Orang Tua Lengkap

Bagaimana cara dan bacaan doa ziarah kubur ke makam orang tua dan juga makam kaum muslimin secara umum yang singkat juga sesuai sunnah?, serta dalil membaca Al Quran surat yasin serta ziarah ke makam para wali, berikut penjelasannya berdasarkan dalil sahih lengkap.

Cara dan Doa Ziarah Kubur ke Makam Orang Tua

Doa Ziarah Kubur?

Ziarah artinya adalah berkunjung, dan kubur adalah tempat persemayaman untuk orang yang sudah meninggal, jadi ziarah kubur adalah berkunjung ke makam, lalu apa tujuan dari ziarah kubur?

Tujuan Ziarah Kubur

Tujuan utama dari ziarah kubur itu sendiri terbagi 2 yaitu untuk memberikan manfaat kepada kita sebagai peziarah dan juga kepada mayit yang di ziarahi.

Manfaat Ziarah Kubur Untuk Kita

Tujuan ziarah kubur yang manfaatnya kembali kepada kita sebagai orang yang berziarah adalah sebagai pengingat akan kematian dan alam akhirat, bahwa kematian itu adalah suatu keniscayaan dan kita pasti akan mengalaminya.

Dan bekal utama dari menghadapi kematian adalah hanya ketaqwaan dan amal sholeh saja, maka selama hidup di dunia yang fana ini, kita akan lebih semangat lagi dalam beribadah kepada Allah.

Hal ini yang menjadi penekanan dari nabi Muhammad Sallalahu alaihi wassalam, berikut dalil hadits yang mendasarinya, yaitu hadits riwayat Imam Ahmad dari Abi Thalib Radhiallahuanhu.

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمِ الْآخِرَةَ

Artinya: ”Dulu aku melarang kalian untuk ziarah kubur. Sekarang lakukanlah ziarah kubur, karena ziarah kubur mengingatkan kalian akan akhirat.” [HR. Ahmad].

Dan hadits dari Ibnu Hibban yang semakna dengan hadits di atas.

فَزُورُوَا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكّركُمُ الـمَوتَ

Artinya: “Lakukanlah ziarah kubur, karena ziarah kubur akan mengingatkan kalian tentang kematian.” [HR. Ibn Hibban].

Manfaat Ziarah Kubur Untuk Mayit

Tujuan ziarah kubur yang kedua adalah agar mayit atau orang tua kita yang sudah meninggal mendapatkan manfaat dari ziarah yang kita lakukan dalam bentuk salam dan juga doa kebaikan bagi penghuni kubur.

Inilah manfaat yang besar bagi mayit ketika sudah tidak bisa lagi menambah amalnya selain doa dari kita yang masih hidup

Lalu bagaimana cara dan doa ziarah kubur yang benar dan di contohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wassalam?.

Cara Doa Ziarah Kubur ke Makam Orang Tua Kita

Judul artikel ini adalah mengkhususkan ziarah kepada kuburan orang tua, yang sebenarnya tidak ada teks atau bacaan khusus untuk orang tua, yang ada adalah doa umum kepada semua penghuni kubur.

Kenapa kami kasih judul kemakam orang tua, karena inilah yang pada prakteknya sering kita lakukan, dan satu lagi adalah ziarah kemakam para wali, nanti akan kami bahas di bawah tentang ini.

Doa Ziarah Kubur Yang Panjang

Doa ziarah kubur yang panjang ini berdasarkan dalil Hadits riwayat Imam Ahmad, Ibnu Hiban dan Muslim, berikut adalah doa yang di ajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika kita ziarah kubur.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Bacaan doa ziarah kubur Latin: “Assalamualaikum ahlad diyaar minal Mu’minin wal Muslimin, yarhamullahul mustaqdimiina minnaa wal musta’khiriin”. “Wan Inna Insyaa Allaahu bikum la laahiquun, wa as alullaaha lanaa walakumul ‘aafiyah”.

Artinya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.” [HR. Ahmad, Muslim, Ibnu Hibban, dan yang lainnya].

Hadis ini diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada A’isyah radhiyallahu ‘anha, ketika A’isyah radhiyallahu ‘anha bertanya kepada tentang doa apa yang dibaca ketika melakukan ziarah kubur.

Doa Ziarah Kubur Yang Singkat

Selain doa di atas yang panjang ada juga doa yang lebih ringkas, berdasarkan dalil Hadits riwayat Imam Muslim dari Sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, yang mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam suatu hari mengunjungi pemakaman kaum Muslimin dan membaca doa sebagai berikut.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ

Bacaan doa ziarah kubur yang singkat Latin: “Assalamualaikum daaro qoumin muuminiin, wa innaa insyaa allaahu bikum laahiquun”

Artinya: “Keselamatan untuk kalian, wahai penghuni rumah kaum mukminin. Kami insyaaAllah akan menyusul kalian.” [HR. Muslim].

Itulah doa ziarah kubur orang tua kita yang singkat dan mudah untuk di hafal.

Membaca Al Quran Surat Yasin dan Tahlil Ketika Ziarah Kubur?

Apakah ada dalil tentang membaca Al Quran di kuburan terutama surat yasin?, jawabnya ada, tapi hadits tersebut lemah dan tidak bisa kita jadikan landasan untuk mengamalkannya.

Hadits tersebut bisa ditemukan di dalam kitab Faidl al-Qadir Syarah Kitab al-Jami‘ ash-Shaghir karya Abd ar-Rauf al-Manawi, Juz VI: 141. bunyinya adalah sebagai berikut:

لِأَبِي الشَّيْخِ وَالدَّيْلَمِي عَنْ أَبِي بَكْرٍ مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ كُلُّ جُمُعَةٍ أَوْ أَحَدِهِمَا فَقَرَأَ عِنْدَهُ يسٍ وَالْقُرْآنِ الْحَكِيْمِ غُفِرَ لَهُ بِعَدَدِ كُلِّ أَيَةٍ وَحُرْفٍ مِنْهَا.

Artinya: “Riwayat Abu asy-Syaikh dan ad-Dailamiy dari Abu Bakar: Barangsiapa berziarah kubur kedua orang tuanya atau salah satunya pada setiap hari Jum‘at, kemudian membaca surat “Yasin wa al-Qur’an al-Hakim”, maka diampunilah dia sebanyak jumlah ayat dan huruf dari surat itu.”

Menurut kitab Mizan al-I‘tidal fi Naqd ar-Rijal, karya Syams ad-Din Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Utsman adz-Dzahabi, Juz V: 316, dinyatakan bahwa sanad hadits tersebut bathil, dengan demikian tidak bisa kita jadikan sebagai landasan.

Intinya tidak ada dalil yang kuat untuk membaca Al Quran surat yasin dan tahlil di kubur saat kita ziarah kemakam orang tua atau makam siapapun yang beragama islam.

Cukuplah apa yang di ajarkan oleh Rasulullah sallallahu alaihi wassalam dalam hal ziarah kubur ini, toh kita tidak dosa ketika tidak membaca surat yasin di kubur malah lebih berisiko masuk kedalam bid’ah.

Bacaan Ziarah Kubur Wali?

Satu lagi kebiasaan masyarakat indonesia adalah ziarah kemakam para wali, ziarah ini sudah mahfum di lakukan dengan menempuh perjalanan yang jauh ke luar kota, dan biasanya di lakukan secara berkelompok.

Apakah ada tuntunan untuk kita tentang ziarah kemakam para wali ini?

Jawabnya tidak ada, bahkan melakukan perjalanan atau safar ke makam para wali termasuk kedalam perkara yang di ada adakan atau bid’ah.

Sehingga tidak ada yang namanya bacaan ziarah kubur wali, cukuplah kita berziarah kemakam kaum muslimin secara umum dengan cara dan doa yang di jelaskan di atas.

Adapun jika ingin ziarah ke wali atau ulama yang di syariatkan adalah ketika ulama tersebut masih hidup, dan tujuan ziarah atau berkunjung kepara ulama ini adalah untuk menuntut Ilmu Agama.

Kesimpulan Tentang Ziarah Kubur

  • Cara doa ziarah kubur untuk orang tua adalah doa umum kepada seluruh penghuni kubur yang beragama Islam seperti yang kami tuliskan di atas berdasarkan hadits sahih riwayat Imam Muslim dan lainnya.
  • Dalil tentang membaca Al Quran surat yasin ketika kita berziarah adalah hadits lemah yang tidak bisa kita pakai sebagai pijakan.
  • Begitu juga dengan membaca tahlil ketika kita ziarah kubur adalah tidak berdasarkan dalil sahih, sehingga tidak bisa kita amalkan.
  • Tidak di syariatkan untuk mengkhususkan ziarah kemakam para wali, tapi ziarahlah kemakam kaum muslimin yang dekat dengan, kita baik disitu ada wali ataupun tidak.
  • Agama Islam ini telah sempurna dan semua penjelasan tentang amalan sudah di berikan oleh para ulama kita, ikuti hanya yang sudah benar benar shahih dan melalui ijma ulama.
  • Tinggalkan semua amalan yang tidak jelas dalilnya, karena hal tersebut akan menyebabkan kita rentan terhadap melakukan bid’ah.

Demikian bahasan kali ini tentang cara doa ziarah kubur ke makam orang tua yang panjang dan singkat juga lengkap, semoga bermanfaat dan bisa di pahami, jika ada yang tidak sependapat silahkan berikan komentar di bawah, wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*