Doa Wudhu Lengkap Pdf “Download dan Penjelasan Rinci”

Bacaan doa wudhu pdf lengkap dengan gambar, latin, arab dan artinya akan kami bagikan gratis untuk Anda, tapi sebelumnya akan kami ulas sedikit terkait permasalahan doa wudhu ini, apakah memang perlu menghafal semuanya atau tidak.

Doa Wudhu Lengkap Pdf

Pertama akan kami jelaskan secara singkat tentang apa itu wudhu dan tata caranya yang sesuai dengan sunnah, lalu penjelasan lainnya terkait doa wudhu, baru nanti akan kami berikan link download doa wudhu dalam bentuk file Pdf dan doc.

Wudhu

Wudhu adalah menghilangkan hadast kecil ketika akan melakukan ibadah yang mensyaratkan wudu, tapi wudu juga bisa di lakukan kapan saja sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah seperti yang di contohkan oleh sahabat Bilal Radhiallahu anhu.

Tentu wudhu yang benar adalah sesuai dengan yang di contohkan oleh Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam beserta sahabatnya, berdasarkan keterangan hadits sahih dan penjelasan para ulama, lalu bagaimana cara berwudhu yang benar tersebut.

Seputar Tata Cara Wudhu

Tata cara wudhu dan keterangan wajibnya wudhu ketika akan sholat adalah berdasarkan Al Quran surat AL Maidah ayat 6, Allah Ta’ala berfirman.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah …” (QS. Al Maidah: 6).

Dari ayat di atas, bisa di simpulkan bahwa wajib wudhu ada 4 yaitu:

  1. Membasuh muka
  2. Membasuh tangan sampai siku
  3. Menyapu kepala
  4. Membasuh kaki sampai mata kaki

Jika kita berwudhu dan hanya mengerjakan 4 hal tersebut maka wudhu kita sudah sah, cuma tidak sempurna, yang sempurna adalah sesuai dengan yang di lakukan oleh Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam, dan selain ke empat hal di atas maka hukumnya sunah.

Tata Cara Wudhu dan Doanya Dengan Gambar

Kami akan tuliskan terlebih dahulu tata caranya, dan di akhir tulisan baru kami berikan dalil atau landasan hadisnya.

1. Niat

Jika seorang hendak berwudhu maka yang pertama di lakukan adalah niat di dalam hati, dan tidak ada lafalz khusus terkait niat.

2. Membaca Bismillah

Mengucapkan ‘bismillah’ karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ

Artinya: “Tidak ada wudhu bagi yang tidak menyebut nama Allah”. Namun jika lupa, maka tidak ada kewajiban apa-apa.

3. Mencuci Telapak Tangan

Mencuci kedua telapak dan punggung tangan sebanyak tiga kali sebelum memulai wudhu.

doa wudhu lengkap pdf sesuai sunnah

4. Berkumur Kumur dan Istinsyaq

Memasukan air ke mulut atau berkumur-kumur lalu mengeluarkannya juga memasukkan (menghirup air kedalam hidung (istinsyaq). Lalu mengeluarkannya kembali (istintsar).

Catatan: Berkumur-kumur dan memasukkan air ke hidung dilakukan dengan satu cidukan, tidak mengambil air untuk mulut sendiri dan hidung sendiri. Demikianlah yang dipraktekan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Berkumur-kumur dan Istinsyaq

5. Mengalirkan Air ke wajah

Mengambil air menggunakan kedua tangan lalu di alirkan ke wajah, adapun batasan wajahnya adalah tempat tumbuhnya rambut kepala hingga dagu dan dari telinga ke telinga. Jika ada jenggot maka di cuci juga walaupun tidak lebat dengan menyela nyela jenggot.

batas wajah dalam wudu

Menyela-nyela_jenggot

6. Mencuci Kedua Tangan Hingga Siku

Mencuci kedua tangan hingga siku, sebagaimana firman Allah di dalam surat Al Maidah ayat 6, yang sudah kami tuliskan di atas.

mencuci tangan saat wudhu

6 Mengusap Kepala dan Telinga

Mengusap kepala disertai telinga sekali. Mengusap kepala dimulai dari depan, kemudian diusap ke belakang sampai ke tengkuk, lalu dibalikkan ke depan. Kemudian dilanjutkan dengan mengusap kedua telinga dengan air yang tersisa dari mengusap kepala.

Catatan: mengusap artinya tidak mengalirkan air, hanya mengambil air ke tangan lalu buang dan usapkan ke kepala.

Mengusap_Kepala

Wudhu mengusap Telinga

7. Mencuci Kedua Kaki Sampai Mata Kaki

Mencuci Kaki sampai mata kaki

8. Bacaan Doa Setelah Wudhu

Lalu di lanjutkan dengan berdoa setelah wudhu, dengan doa sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Bacaan doa setelah wudhu latin

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh.

Allahummaj’alni minat tawwaabiina, waj’alnii minal mutathohhiriin.

Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Arti Doa Setelah Wudhu

Aku bersaksi, bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci.

Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi, bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepadaMu.

Doa Seputar Wudhu

Diatas itu adalah cara dan doa ketika berwudhu yang sunnah berdasarkan hadits sahih yang di jelaskan oleh para ulama.

Tapi di masyarakat kita Indonesia ada beredar doa wudhu yang mengiringi setiap basuhan di atas, misal ketika berkumur ada bacaan khusus, ketika membasuh muka ada bacaan khusus dan begitu seterusnya sampai kaki ada bacaannya sendiri.

Lalu apa hukumnya membaa doa ketika membasuh setiap anggota badan ketika wudhu?

Terus terang kami belum mendapati adanya dalil dan pendapat ulama akan hal ini, jadi kami sendiri tidak mengamalkannya, bagi kami cukuplah apa yang datang dari nabi dan keterangan ulama sebagai pegangan setiap amalan kami.

Mengapa?

Karena yang kami pegang sudah jelas berdasarkan hadits sahih, dan lainnya kami tidak mendapati dalil pastinya, jika kami mengikuti amalan yang belum jelas dalilnya maka kami takut terjerumus kepada perkara agama yang di ada adakan atau bidah.

Jadi yang kami pegang insya Allah lebih aman dan selamat, wallahu a’lam.

Tapi jika anda ingin mengamalkan doa wudhu lengkap yang ada bacaan ketika membasuh semua bagian tubuh, sebaiknya tanyakan dulu ke ustadz yang anda kenal tentang dalilnya, dan kami disini hanya memberikan link pdf nya saja, bukan kami menganjurkan untuk mengamalkannya.

Download Doa Wudhu Lengkap Pdf

Pertama adalah link download doa wudhu lengkap sesuai dengan sunnah dalam bentuk pdf, yang isinya adalah doa wudhu dalam bahasa arab, latin dan artinya.

Untuk mengunduhnya silahkan anda klik di bawah ini.

Kedua tata cara wudhu dan doanya pdf lengkap sesuai sunnah di sertai dengan gambar, untuk mengunduhnya silahkan anda klik di bawah ini.
tata cara wudhu dan doanya pdf

Ketiga adalah doa wudhu yang membaca doa setiap basuhan anggota badan atau ada yang menyebutnya sebagai doa wudhu jaman dulu.

Silahkan download melalui link berikut.

Doa Wudhu Lengkap Doc

Sekarang adalah versi file doc atau words.

Pertama adalah link download doa wudhu lengkap sesuai dengan sunnah dalam bentuk pdf, yang isinya adalah doa wudhu dalam bahasa arab, latin dan artinya.

Untuk mengunduhnya silahkan anda klik di bawah ini.

Kedua tata cara wudhu dan doanya lengkap sesuai sunnah di sertai dengan gambar, untuk mengunduhnya silahkan anda klik di bawah ini.

Ketiga adalah doa wudhu yang membaca doa setiap basuhan anggota badan atau ada yang menyebutnya sebagai doa wudhu jaman dulu.

Silahkan download melalui link berikut.

Demikian artikel dan link download yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

Download juga file pdf berikut:

Speak Your Mind

*