Doa Setelah Belajar dan Artinya Yang Singkat Mudah Dihafal

Belajar ilmu agama maupun ilmu dunia merupakan perkara yang mulia dan sudah sepatutnya menjadi perhatian utama bagi seorang muslim.

Terutama ilmu agama yang perkaranya adalah wajib untuk mempelajarinya, karena banyak dalil yang menerangkan tentang keutamaan ilmu agama atau ilmu syar’i.

Dalam postingan sebelumnya kami tuliskan tentang doa sebelum belajar, untuk sekarang kami tuliskan kelanjutannya tentang doa setelah belajar, tidak lupa kami akan tuliskan secara ringkas dan lengkap dari bacaan Arab, bacaan Latin dan artinya.

Doa Setelah Belajar dan Artinya

doa setelah belajar

Doa Setelah Belajar Arab

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Doa Setelah Belajar Latin

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla illa anta astghfiruka waatubu ilaiikh’

Arti Doa Setelah Belajar

“Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu” [HR. Ashhaabus Sunan dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/153].

Makna Doa Setelah Belajar

Doa sesudah belajar ini dinamakan juga dengan doa kafaratul majelis, dalam doa ini terkandung kalimat tasbih sebagai pensucian ALLAH dan juga mengandung kalimat tauhid lalu ditutup dengan permohonan ampun.

Seperti kita ketahui belajar adalah perkara yang utama apalagi belajar agama, dan tentu dalam beajar agama ini kita di tuntut untu kserius, fokus dan bersungguh-sungguh dalam prosesnya.

Tapi karena kita adalah manusia yang tempatnya salah dan dosa, sudah tentu dalam proses belajar tersebut kita adakalanya lalai dan bahkan melakukan dosa.

Dan doa kafaratul majelis ini adalah doa agar ALLAH Azza wa jalla mengampuni kelalaian dan dosa kita saat proses belajar tersebut, dan jika kita dalam majelis bersungguh sungguh dan tidak lalai, maka kita akan mendapatkan pahala dari kalimat tauhid yang kita ucapkan dalam doa tersebut.

Ini berdasarkan keterangan hadist dari Aisyah Radhiallahu’anha dalam HR. An-Nasa’i dalam kitab ‘Amalul Yaum wal Lailah, hal. 308. Imam Ahmad 6/77.

Berkata Aisyah Radhiallahu’anha: 

“Setiap kali Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam duduk di suatu tempat, setiap membaca Al-Qur’an dan setiap melakukan shalat, beliau Shallallahu’alaihi wasallam selalu mengakhirinya dengan beberapa kalimat.”

Aisyah Radhiallahu’anha berkata: “Wahai Rasululllah! Aku melihat engkau setiap duduk di suatu majelis, membaca Al-Qur’an atau melakukan shalat, engkau selalu mengakhiri dengan beberapa kalimat itu.”

Beliau Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Ya, barangsiapa yang berkata baik akan dicap pada kebaikan itu (pahala bacaan kalimat baik tersebut), barangsiapa yang berkata jelek, maka kalimat tersebut merupakan penghapusnya. Kalimat itu adalah kalimat doa setelah belajar: “Subhaanaka wa bihamdika laa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik)”.

Dr. Faruq Hamadah menyatakan, hadits tersebut shahih dalam Tahqiq ‘Amalul Yaum wal Lailah, karya An-Nasa’i hal. 273.

Doa Setelah Belajar Menggunakan Bahasa Sendiri

Berdoa adalah permohonan seorang hamba kepada sang khaliq, dan berdoa tidak mengharuskan menggunakan bahasa Arab, kecuali doa yang sudah di tetapkan oleh Nabi Salallahu Alaihi Wassalam.

Tapi jika tidak ada dalil yang mengharuskannya maka kita bisa membaca doa atau meminta kepada ALLAH Azza Wa Jalla dengan bahasa kita sendiri (Indonesia).

Seperti dalam doa setelah belajar ini, tidak ada dalil yang tegas tentang praktek doanya, yang kami temukan hanya di atas saja, dan doa ini juga biasa di baca di majelis ilmu agama, tapi untuk ilmu umum atau ilmu dunia maka kami tidak atau belum menemukannya, tentu ini karena keterbatasan ilmu kami.

Cara Menggunakan Doa Setelah Belajar Bahasa Indonesia

Tetapkan tujuan dan harapan apa yang kita mau dari ilmu yang kita pelajari, lalu mintalah kepada ALLAH tentang tujuan kita tersebut.

Contoh: Kita belajar ilmu medis atau kedokteran, tujuan kita belajar adalah untuk membantu manusia dari penyakitnya dan harapan kita agar ilmu yang kita pelajari menjadi berkah dan menjadi ladang amal kita di akhirat kelak.

Maka kita bisa membaca doa dengan mengucapkan: “Ya Allah jadikanlah ilmu yang kupelajari ini bermanfaat untuk saya dan manusia semua, berkahkanlah ilmu yang saya pelajari dan catatkanlah ilmu ini sebagai amal shaleh bagiku kelak di akhirat”

Tentu untuk merangkai kata kata dalam doa ini bebas sekehendak anda, karena ALLAH Azza Wajalla tahu isi hati kita dan tahu maksud dari keinginan kita.

Berdoalah apapun itu asalkan kebaikan, maka ALLAH akan mengabulkannya.

Kesimpulan Doa Setelah Belajar

Sebelum mulai belajar, seperti di dalam postingan sebelumnya kita di anjurkan untuk berdoa dengan doa meminta keberkahan dari ilmu yang akan kita pelajari, dan niatkan untukmencari ridha ALLAH Subhana Hu Wataala. Setelah selesai dari belajar maka kita juga di anjurkan untuk berdoa.

Maksud dari doa sesudah belajar adalah agar kita di ampuni semua kesalahan dan kelalaian selama proses belajar berlangsung, supaya selaras dengan niat awal dari belajar itu sendiri, yaitu mengharap keberkahan dan juga pahala.

Dan doa yang di maksud adalah doa kafaratul Majelis.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Setelah kita membaca doa setelah belajar tersebut maka di lanjutkan dengan doa meminta keberkahan dan pahala, doa ini memang tidak ada dalil yang menguatkannya, maka bisa menggunakan bahasa kita sendiri dalam doa tersebut.

Demikian semoga bermanfaat, jika ada tambahan atau sanggahan silahkan tulis dikolom komentar dibawah.

Wallahu A’lam

Silahkan di Share:

Speak Your Mind

*