Doa Selamat Dunia Akhirat Latin dan Artinya Yang Panjang dan Pendek

√ Kumpulan Doa Selamat Lengkap, Arab, Latin dan Artinya Yang Pendek dan Panjang √ Meliputi Doa Selamat Dunia dan Akhirat, Ulang Tahun, Di Perjalanan, Setelah Sholat Wajib, Saat Menikah dan Dari Fitnah Dajjal

Makna Selamat

Sebelum menuliskan tentang doa selamatan, ada baiknya kita paham dulu arti dari kata selamat itu sendiri, agar nanti dalam berdoa kita tidak salah dengan tujuan untuk apa doa tersebut kita panjatkan.

Karena dalam berdoa hati dan ucapan kita harus sejalan atau sinkron, karena kalau tidak maka tidak akan ada kekhusuan dalam berdoa dan membuat doa kita sulit untuk ter-kabul.

Selamat sendiri artinya adalah, terhindar dari bahaya yang akan mengenai kita, bahaya ini bisa berupa ancaman kepada fisik, harta, keluarga dan kehormatan kita.

Ancaman ini tidak hanya di dunia saja tapi juga mencakup di dalamnya alam akhirat yang akan kita masuki setelah kita menjumpai kematian.

Doa Selamat

doa selamat

Jadi doa selamat disini maksudnya adalah permohonan kita kepada Allah Azza wa jalla agar kita terhindar dari segala mara bahaya yang tidak kita inginkan, baik di kehidupan dunia ini atau kehidupan kelak di akhirat.

Dan macam doa itu sendiri ada banyak tergantung tujuan kita, seperti misalnya doa sebelum belajar dengan tujuan agar ilmu yang kita peroleh bisa maksimal dan bermanfaat, atau doa meminta kekayaan yang berkah dll.

Untuk doa sendiri, ada doa yang di contoh-kan oleh Nabi Muhammad dan ada yang tidak, yang tidak di contoh-kan ini adalah doa umum seperti minta agar bisa haji, agar bisa silaturahmi dll, dan doa umum ini bisa menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Ibu yang kita bisa.

Doa Selamat Dunia Akhirat

Ini adalah doa yang seharusnya kita sering panjatkan, karena doa minta keselamatan dunia dan akhirat adalah kebutuhan dan keinginan semua manusia pada umumnya.

Dan Nabi Muhammad juga menganjurkan untuk banyak berdoa meminta keselamatan dunia dan akhirat, sebagaimana hadits At Tirmidzi dari Abu Al-Fadhl Al-‘Abbas bin ‘Abdul Muththalib yang meriwayatkan, “Aku berkata,

يَا رسول الله عَلِّمْني شَيْئاً أسْألُهُ الله تَعَالَى، قَالَ : (( سَلوا الله العَافِيَةَ )) فَمَكَثْتُ أَيَّاماً، ثُمَّ جِئْتُ فَقُلتُ : يَا رسولَ الله عَلِّمْنِي شَيْئاً أسْألُهُ الله تَعَالَى ، قَالَ لي : (( يَا عَبَّاسُ ، يَا عَمَّ رسول اللهِ ، سَلُوا الله العَافِيَةَ في الدُّنيَا والآخِرَةِ )) . رواه الترمذي ، وقال : (( حديث حسن صحيح )) .

Artinya: ‘Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang bisa aku minta kepada Allah.’ Maka beliau menjawab, ‘Mintalah kepada Allah keselamatan.’ Setelah beberapa hari, aku datang dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, ajarkanlah sesuatu yang aku bisa minta kepada Allah.’ Beliau menjawab, ‘Wahai ‘Abbas, paman Rasulullah, mintalah kepada Allah keselamatan di dunia dan akhirat.” [HR. Tirmidzi, ia mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih].

Di bawah ini akan kami tuliskan macam macam doa selamat, termasuk selamat dunia dan akhirat lengkap beserta latan dan artinya, diharapkan kita untuk menghafal-nya agar bisa kita bisa berdoa kapan saja ketika ada hajat.

Doa Selamat Yang Panjang

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan Latinnya: “Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal hisaab”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”.

Keterangan:

Doa keselamatan dunia dan akhirat diatas kami belum menemukan sumbernya, tapi doa ini sudah mahsyur di panjatkan ketika doa bersama, dan doa ini masuknya ke dalam doa umum sehingga boleh di amalkan.

Untuk doa selamat dunia akhirat yang terdapat di dalam hadits dan Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 201, adalah doa selamat yang pendek dibawah ini.

Doa Keselamatan Yang Pendek

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Tulisan Latin: “Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka” [HR. Bukhari dan Muslim]

Keterangan:

Inilah doa yang sangat agung yang sering di panjatkan oleh Baginda Nabi, Doa ini mencakup permintaan kita akan kehidupan kita di dunia dan akhirat sehingga di kenal dengan doa sapu jagat, dan hendaknya kita membaca doa ini di setiap doa yang kita panjatkan.

Maksud dari kebaikan dunia menurut Ulama di antaranya Imam Nawawi dalam syarah Muslim adalah di berikan kesehatan dan dapat beribadah, sedangkan kebaikan di akhirat adalah di ampuni dosa dosa dan di masukan kedalam surga, dan ualama lainnya mengatakan kebaikan dunia adalah umum mencakup semuanya.

Imam Ibnu hajar dalam Fatul Bari menyebutkan bahwa tidaklah semua Nabi di utus kecuali mengucapkan doa ini.

Doa Selamat Latin (Bahasa Indonesia)

Doa selamat latin disini maksudnya adalah doa selamat dalam bahasa indonesia, pertanyaannya adalah, apakah boleh berdoa dengan bahasa indonesia atau bahasa daerah yang kita pahami?.

Jawabnya tentu boleh, karena doa adalah permohonan hamba kepada sang Pencipta yang pasti paham dengan apa yang kita ucapkan baik dengan lisan maupun hati kita.

Tapi yang patut di garis bawahi adalah, kita se-bisa mungkin menghafal doa doa yang datangnya dari Nabi Sallalahu alaihi wassalam dalam bahasa Arab, tapi kalau ada uzur maka tidak mengapa berdoa dengan bahasa Indonesia, sampai kita bisa baca tulisan arab dan menghafal-nya.

Itu juga alasan mengapa kami sertakan juga bacaan latin di setiap doa yang kami tuliskan pada artikel ini, ini agar orang yang belum bisa baca Al Qur’an bisa juga menghafal-nya.

Contoh Doa Selamat Bahasa Indonesia

“Ya Allah, berilah keselamatan kepada saya didunia dan akhirat, dan selamatkan  saya dari fitnah dunia dan akhirat”

Atau

“Ya Allah berilah keselamatan kepada saya dalam perjalanan ini, dan mudah-kan setiap urusan saya selama perjalanan ini”

Itu hanya contoh saja, dan kita bisa membuatnya sesuka kita, dan panjatkan doa sesuai hajat yang kita inginkan, tidak terbatas kepada doa selamatan saja, tapi bisa juga untuk doa sebelum tidur, doa makan dan doa lainnya.

Doa Agar Terhindar Dari Fitnah Dajjal

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيحِ الدَّجَّالِ

Bacaan Latin: “Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari azab Jahannam, azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal. ” [HR. Muslim].

Keterangan:

Doa ini di baca ketika sedang sholat tepatnya adalah saat duduk tahiyat akhir setelah membaca tasyahud dan sebelum salam, sebagaimana yang di sebutkan dalam hadits berikut.

وعن أَبي هريرة – رضي الله عنه – : أنَّ رسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – ، قَالَ : (( إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللهِ مِنْ أرْبَعٍ ، يقول : اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيحِ الدَّجَّالِ )) . رواه مسلم .

Artinya: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian bertasyahud, hendaklah ia meminta perlindungan kepada Allah dari empat perkara dengan mengucapkan, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal.” [HR. Muslim].

Doa Keselamatan Setelah Sholat

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Bacaan Latin: “Alloohumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaarokta dzal jalaali wal ikroom”.

Artinya: Ya Allah, Engkaulah Tuhan keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Engkau, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan [HR Muslim]

Keterangan:

Doa selamat ini di baca setelah sholat tepatnya setelah beristigfar 3 kali, sebagaimana hadits Muslim dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu yang berkata.

كَانَ رَسولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلاَتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلاثَاً ، وَقَالَ : (( اللَّهُمَّ أنْتَ السَّلاَمُ ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ ، تَبَارَكْتَ يَاذَا الجَلاَلِ وَالإكْرَامِ )) قِيلَ لِلأوْزَاعِيِّ – وَهُوَ أحَدُ رواة الحديث – : كَيْفَ الاسْتِغْفَارُ ؟ قَالَ : يقول : أسْتَغْفِرُ الله ، أسْتَغْفِرُ الله

Artinya: “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam selesai dari shalatnya (shalat fardhu, pen.), beliau beristighfar tiga kali dan mengucapkan “Alloohumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaarokta dzal jalaali wal ikroom” (artinya: Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan. Mahasuci Engkau, wahai Tuhan Pemilik Keagungan dan Kemuliaan). [HR Muslim].

Bahasan doa selamat ini sudah dibahas juga dalam artikel tentang Doa Sesudah Sholat.

Doa Ucapan Selamat Ulang Tahun

Untuk ulang tahun dalam islam sebenarnya ada bahasannya sendiri, yang kalau di simpul-kan tidak ada ulang tahun dalam islam, sehingga doa khusus dalam ulang tahun dalam islam tidak ada.

Lalu bagaimana dengan ucapan doa ulang tahun “Barakallah Fii Umrik” yang artinya Semoga Allah memberimu berkah?.

Doa ini bukan doa ulang tahun, dan doa ini adalah doa kita kepada saudara kita sesama muslim, bukan di khususkan saat ulang tahun.

Apakah boleh mengucapkan Doa tersebut saat ada yang ulang tahun?

Tentu boleh karena ini adalah doa yang sangat baik, tapi poin-nya adalah tidak mendoakan orang dengan doa ini saat ulang tahun saja, tapi ucapkan kapan saja ketika kita mau.

Dan yang paling penting, tidak merayakan ulang tahun dan tidak menghadiri perayaan ulang tahun, untuk bahasan kenapa atau apa sebabnya, in sya Allah nanti akan di buat-kan artikel khusus.

Doa Selamat Pagi

Maksud dari doa selamat pagi ini adalah doa kita meminta keselamatan di awal pagi (pada hari itu dan sesudahnya), atau biasa kita kenal dengan dzikir pagi petang, sengaja kami masukan kedalam artikel ini karena doa ini masuk kedalam doa untuk meminta selamat, berikut doanya.

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Latinnya: “Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.”

Artinya: “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabb-Ku, aku mohon kepadaMu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.”  [HR Muslim]

Keterangan:

Dalam dzikir atau doa ini terkandung permintaan kita akan kebaikan pada hari ini dan sesudahnya dan juga berlindung dari kejelekan, Dan di akhir doa kita meminta keselamatan dari siksa kubur dan neraka, jadi sudah selayaknya kita membaca doa ini di pagi hari sebagai amalan rutin kita.

Doa Selamat Di Perjalanan

Doa agar selamat dalam perjalanan, ini dibaca saat kita akan melakukan perjalanan atau saat kita keluar rumah, dan doa ini juga seharusnya dibaca kapan saja saat kita keluar rumah,entah itu ke masjid, ke pasar atau kemana-pun, Bacaannya adalah:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Bacaan Latin: “Bismillaahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula walaa quwwata illaa billah”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, yang tidak ada daya tidak ada kekuatan kecuali atas izin Allah). [HR. Abu Daud & At Tirmidzi].

Keterangan:

Doa ini di ambil dari hadits Riwayat Abu Daud dan At Tirmidzi dari Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa: bismillaahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula walaa quwwata illaa billah (dengan menyebut nama Allah, yang tidak ada daya tidak ada kekuatan kecuali atas izin Allah), maka dikatakan kepadanya, ‘Kamu akan diberi petunjuk, kamu akan dicukupi kebutuhannya, dan kamu akan dilindungi’. Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi (oleh Allah)’” (HR. Abu Daud no. 5095, At Tirmidzi no. 3426; dishahih oleh Al-Albani dalam Shahih Abu Daud).

Jadi jelas orang yang keluar rumah untuk tujuan safar atau perjalanan jauh dan membaca doa ini maka akan di lindungi oleh Allah dari musibah dan mara bahaya, tentu banyak lagi adab yang harus di penuhi manakala kita akan melakukan perjalanan, mudah mudahan kami di berikan kekuatan oleh Allah untuk menuliskannya di lain kesempatan.

Doa Selamat Menikah

بَارَكَ اللهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Bacaan Latinnya: “Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.”

Artinya: “Semoga Allah memberikan keberkahan untukmu dan atasmu, serta semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan”. [H.R. At-Tirmidzi]

Keterangan:

Doa tersebut berdasarkan hadis riwayat At Tirmidzi dari Sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, yang berbunyi:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَفَّأَ الإِنْسَانَ إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ: «بَارَكَ اللهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ» رواه الترمذي

Artinya: Bahwasannya Nabi saw. jika mendoakan kepada seseorang ketika ia menikah, maka beliau bersabda, “Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.” [H.R. At-Tirmidzi].

Doa ini kita tujukan kepada pengantin baru, atau saat kita menghadiri resepsi pernikahan, maksud dari doa pernikahan ini adalah agar pernikahan tersebut diberikan keberkahan oleh Allah.

Berkah disini artinya bisa lebih taat lagi kepada Allah dalam ibadah dan juga keselamatan dari fitnah dunia dan pada akhirnya akan selamat di akhirat.

Demikian tulisan kami kali ini tentang kumpulan doa selamat dunia akhirat beserta latin dan artinya yang panjang dan pendek yang lengkap, juga doa selamat lainnya yang perlu kita panjatkan, di antaranya doa selamat di perjalanan, saat pernikahan dan di pagi hari.

Semoga kita bisa menghafal dan mengamalkannya dan istiqomah di dalam Islam, yang mana inilah jalan satu satunya agar kita selamat dunia dan akhirat. Wallahu a’lam.

Speak Your Mind

*