5 Doa Sebelum Belajar Yang Ringkas: Arab, Latin dan Artinya

√  Ulasan kumpulan Doa sebelum belajar yang ringkas √ agar mudah di hafal dalam bacaan Arab, Latin (Bahasa Indonesia) dan artinya sesuai sunnah √ simak penjelasan juga  keutamaannya.

Belajar

Suatu kegiatan yang baik dan bermanfaat sudah selayaknya di awali dengan memanjatkan doa, sebagai harapan agar ALLAH Subhana Hu  Wataala memberikan keberkahan kepada kegiatan yang kita lakukan tersebut.

Dan belajar adalah kegiatan yang sangat positif dan juga bermanfaat, alangkah baiknya jika kita mulai dengan memanjatkan doa sebelum memulai belajar.

Tapi banyak dari kaum muslim yang melalaikan masalah ini, entah karena kejahilan ataupun karena kemalasan untuk mempelajari dan menghafal doa harian ini.

Dalam artikel kali ini akan kami tuliskan doa sebelum belajar dalam bahasa Arab, Latin dalam bahasa indonesia dan juga artinya yang ringkas agar memudahkan kita dalam menghafalnya.

Doa Sebelum Belajar

Kumpulan 5 doa sebelum belajar ini bisa di pakai oleh kita, baik itu mempelajari ilmu agama maupun mempelajari ilmu dunia, walaupun prinisipnya mempelajari Ilmu agama adalah hal yang wajib kita lakukan dan Ilmu tentang dunia adalah mubah.

Dan doa belajar yang kami tulis ini sejatinya di tujukan untuk belajar agama islam, tapi maksud dari doa ini adalah agar ALLAH memberikan keberkahan dan kemudahan kepada apa yang kita pelajari, sehingga bisa juga digunakan untuk kita yang akan belajar ilmu secara umum atau doa sebelum memulai belajar di sekolah.

Doa ke 1

doa belajar basmallah

Doa belajar yang pertama ini adalah doa minimal yang singkat yang harus di baca oleh seorang penuntut ilmu sebelum belajar, dan doa ini sangat mudah dan kita sebagai seorang muslim pasti sudah menghafalnya, yaitu membaca Basmallah.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

Bacaan Latin:Bismillah Hirrahman Nirrahiim”.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”

Bisa juga hanya di baca “Bismillah” yang artinya dengan nama ALLAH.

Mungkin anda berguman, yah membaca basmallah mah dah tahu, “tapi jangan salah”, banyak dari kaum muslimin tidak membacanya ketika akan melakukan aktifitas belajar maupun aktifitas lainnya.

Dan tentu ini suatu kerugian yang akan berdampak kepada tidak di anggap sebagai ibadah kepada ALLAH karena melalaikannya.

Dan makna dari membaca Basmalaah setiap kali kita akan melakukan aktifitas adalah meniatkan aktifitas belajar atau aktifitas yang lainnya ikhlas karena ALLAH semata.

Doa Ke 2

doa sebelum belajar

Doa sebelum belajar yang kedua ini juga sangat ringkas dan mudah sekali untuk di hafal dan di ambil dari AL-Quran Surat Taha ayat 114.

Doa belajar bacaan Arab:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Bacaan Latin Tulisan Bahasa Indonesia: “Robbi zidni ilman”

Artinya: “Wahai Rabbku Tambahkanlah kepadaku ilmu”

Doa sebelum belajar kedua yang singkat ini di peruntukan untuk belajar ilmu agama, sebagaimana perkataan dari Ibnu Hajar rahimahullah:

“Firman Allah Ta’ala di atas yang artinya, “Wahai Rabb-ku, tambahkanlah kepadaku ilmu” terdapat dalil yang tegas perihal keutamaan ilmu (Agama). Karena sesungguhnya Allah Subhana Hu WaTa’ala tidaklah memerintahkan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta tambahan sesuatu kecuali tambahan ilmu. Adapun yang dimaksud dengan kata ilmu di sini adalah ilmu syar’i atau ilmu agama islam.

Yaitu ilmu yang akan menjadikan seorang muslim yang sudah terbebani syari’at untuk mengetahui kewajibannya berupa masalah-masalah ibadah dan muamalah, juga ilmu tentang Allah dan sifat-sifatNya, hak apa saja yang harus dia tunaikan dalam beribadah kepada-Nya, dan mensucikan-Nya dari berbagai kekurangan.” [Fath Al-Bari, 1: 141].

Dan tentang tambahan ilmu yang terdapat dari doa belajar diatas menurut Maqatil dan Ats Tsa labiy yang di sebutkan dalam kitab Zaad Al-Masiir karya Ibnul Jauzi rahimahullah  adalah permintaan atau doa perihal:

  1. Tambahkanlah ilmu tentang Al-Qur’an.
  2. Tambahkanlah kepahaman.
  3. Tambahkanlah hafalan.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas bahwa doa belajar ini lebih condong kepada ilmu agama, tapi bisa juga digunakan oleh kita untuk belajar tentang keduniaan.

Doa Ke 3

doa sebelum belajar agama

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

Bacaan Latin: Allahumma Innii au’dzubika min i’lmi laa yanf’a, wamin qolbii laa yakhsya, wamin nafsyii laa tasyba’a, wamin dua’a in laa yus m’a

Artinya: “Ya Allah … aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).” [HR. Abu Dawud no. 1548, An-Nasa’i no. 5536, dan Ibnu Majah no. 3837].

Doa hendak belajar diatas bisa juga di baca saat waktu mustajab karena mengandung beberapa permintaan lainnya yang sangat baik, dan menurut Syaikh ‘Abdurrahman bin Naashir As-Sa’di -rahimahullah, Ilmu yang tidak bermanfaat adalah:

  1. Ilmu yang tidak bermanfaat atau ilmu yang mudharatnya lebih besar dari manfaatnya, contohnya adalah ilmu sihir dan bisa juga jika seseorng yang mempelajari ilmu aqidah yang menyimpang, sementara dia sendiri belum kokoh dengan aqidah yang lurus.
  2. Ilmu dunia yang hukum asalnya adalah boleh (mubah), tapi jika dengan mempelajari ilmu pengetahuan tersebut membuat kita lalai dari kewajiban agama, seperti sibuk belajar ilmu pengetahuan tapi melalaikan sholat wajib.
  3. Mempelajari ilmu agama, tapi tidak bisa mengamalkannya, sehingga ilmu yang di punya hanya di gunakan untuk berdebat dan membantah suatu pendapat, padahal semestinya ilmu agama yang di pelajari adalah untuk di amalkan.

Doa Ke 4

Doa belajar dan artinya

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Doa sebelum belajar Latin: Allahumman-fa’niy bimaa ‘allamtaniy wa ‘allimiy maa yanfa’uniy, wa zidniy ‘ilman

Artinya: “Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, Dan tambahkanlah ilmu kepadaku.” [HR. at-Tirmidzi:3599, dan Ibnu Majah:251, 3833].

Doa Belajar Ke 5

doa sebelum belajar dan sesudah belajar

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Doa belajar bacaan Latin: Allahumma Inniy As-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima“. [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu as-Sunni].

Doa ini juga biasa di baca setelah shalat subuh dan merupakan salah satu bagian dari dzikir pagi.

Doa Setelah Belajar

doa setelah belajar

Setelah aktifitas belajar selesai maka kita disunahkan untuk membaca doa setelah belajar, berikut doanya:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Bacaan doa setelah belajar Latin:Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla illa anta astghfiruka waatubu ilaiikh’

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu.” [HR. Ashhaabus Sunan dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/153]

Doa ini di sebut juga dengan doa khifaratul majelis, yaitu agar ilmu yang kita dapat dalam belajar menjadi pahala, dan jika kita lalai dan berkata tidak baik dalam belajar maka ALLAH akan menghapuskannya.

Doa setelah belajar ini biasa di baca di akhir dari kajian sunnah dan pengajian pada umumnya, untuk pembahasan makna dari doa ini silahkan anda baca: Doa Setelah Belajar.

Kesimpulan dan Ringkasan Doa Sebelum Belajar

  1. Membaca Basmallah, dan ini minimal yang harus anda baca sebelum menuntut ilmu.
    بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ
  2. Membaca doa yang ringkas memohon di tambahkannya ilmu.
    رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
  3. Membaca doa agar di berikan ilmu yang bermanfaat, hati yang khusu, merasa cukup dan doa yang dikabulkan.
    اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ
  4. Doa belajar ke 4 ini gabungan antara meminta ilmu yang bermanfaat juga meminta untuk ditambahkannya ilmu, dan doa ini yang paling lengkap.
    اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ
  5. Membaca doa agar di berikan ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan juga amalan yang di terima.
    اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
  6. Membaca doa setelah belajar atau menuntut ilmu di majelis, agar kesalahan atau kelalaian kita dalam proses belajar di ampuni oleh ALLAH Aza wajalla.
    سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Demikianlah 5 doa sebelum belajar dan setelah belajar yang ringkas dan mudah untuk di praktekan, doa belajar ini bisa di lakukan sebelum menuntut ilmu dan bisa juga di lakukan di saat menemukan waktu yang mustahab untuk berdoa.

Seperti diantara adzan dan iqomat, di sepertiga malam, dalam safar, saat turun hujan, juga saat akan berbuka puasa, semoga bermanfaat dan semoga kita bisa mengamalkan doa sebelum belajar ini.

Baca Juga:

Tambahan doa sebelum belajar allahumma alhimni, tapi memang tidak atau belum saya jumpai sanad dan juga riwayatnya , tapi doa ini bagus untuk diamalkan karena mempunyai makna yang baik, doa tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ أَلْهِمْنِي رَشْدِي، وَأَءْذِنِي مِنْ شَرِّ نَفْسِي

Bacaan Latin: “Allahumma al-himni rushdi, wa a’idhni min sharri nafsi”

Artinya : Ya Allah! ilhamkan, bimbing dan bebaskan saya dari kejahatan dalam diri saya.

Wallahu A’lam

Doa Mau Belajar

Pembaharuan* Ada kalanya orang yang baru belajar agama islam ingin mempraktikan doa ini, tapi terkendala susahnya menghafal dan tidak bisa membaca tulisan Arab, maka kita bisa membaca doa mau belajar ini dengan bahasa Ibu, atau bahasa yang kita pahami.

Kalaupun bisa hanya dengan membaca Bismillah saja, tapi kita biasanya ada permohonan khusus kepada Allah yang harus di panjatkan, dalam kasus ini maka tidak mengapa kita membaca doa dalam bahasa Ibu.

Misal kita ingin agar proses belajar yang akan kita lakukan mendapatkan kemudahan dan juga agar mendapatkan pemahaman Ilmu, maka kita bisa berdoa dengan doa sebagai berikut:

“Allahumma sholli ala Muhammad, wa ala alii muhammad, astagfirullah, astagfirallah, astagfirallah, Ya Allah berikanlah kepada saya kemudahan dalam menuntut ilmu, istiqomahkan saya dalam menuntut ilmu, dan berilah kepada saya pemahaman akan ilmu yang akan disampaikan, Ya Allah hanya engkaulah yang maha mengabulkan doa, terimalah doaku ini”.

Di atas itu adalah contoh doa ketika kita akan menuntut ilmu dalam bahasa latin, dan kita bisa memodifikasi doa tersebut sesuai dengan keinginan kita dalam memohon kepada Allah.

Usahakan untuk membaca sholawat kepada nabi dan istigfar, lalu di ikuti dengan doa mulai belajar yang kita inginkan agar doa kita lebih makbul.

Tapi sebisa mungkin kita menghafal doa doa belajar di atas dalam bahasa Arab dan kita pahami juga maknanya, tapi kalau belum bisa dan proses belajar akan dilaksanakan, maka silahkan berdoa dengan bahasa yang kita pahami.

Demikian sedikit tambahan yang bisa kami tulis, jika nanti ada tambahan atau revisi maka akan kami update Artikel ini sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan Ilmu yang kami dapatkan.

Tapi kami berharap para pembaca bisa juga memberikan masukan kepada kami atau koreksi barangkali ada tulisan yang kami buat ini salah atau tidak sesuai dengan dalil hadits dan Al Quran, Anda bisa memberi masukan dengan menuliskannya di kolom komentar.

Cukup tuliskan nama dan email saja, jika anda tidak ada website maka tidak mengapa, dan kami ucapkan terimakasih atas masukan-nya, demikian, Wallahu a’lam.


Comments

  1. terima kasih, menarik dan memberikan manfaat
    semoga allah memberikan keberkahan dalam kehidupan anda

Speak Your Mind

*