Doa Pernikahan Bahasa Arab Islami Sesuai Sunnah Lengkap

Doa pernikahan bahasa arab Islami sesuai Sunnah lengkap mencakup latin dan artinya juga tambahan doa malam pertama juga doa berjima, baca dan praktikan doa doa tersebut agar keberkahan menyertai kita.

Menikah adalah peristiwa penting yang terjadi setidaknya 1 kali dalam seumur hidup, sehingga ritual ibadah ini harus benar benar sesuai dengan syariah agama Islam, agar pernikahan kita bisa mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahuwataala.

“Ingat” Keberkahan dalam suatu pernikahan adalah hal yang sangat penting, karena keberkahanlah yang akan membuat bahtera pernikahan kita langgeng dan penuh kebahagiaan atau dalam bahasa arabnya pernikahan yang sakinah mawaddah warrahmah.

Doa Pernikahan Bahasa Arab

doa pernikahan bahasa arab islami sesuai sunnah

Untuk mendapatkan keberkahan tersebut salah satu caranya adalah dengan memanjatkan doa setelah berlangsungnya ijab kabul, ada dua doa yang bisa dibaca setelah akad nikah.

Yaitu doa yang di baca oleh pasangan pengantin itu sendiri dan doa yang di ucapkan oleh para keluarga sanak saudara teman dan tamu undangan yang menghadiri akad atau ijab kabul.

Jadi ada dua doa yang bisa di baca, yaitu doa untuk kedua mempelai yang di ucapkan oleh orang lain dan doa suami kepada Istrinya, dibawah ini kami tuliskan doa tersebut lengkap dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

Doa Pernikahan Islami Untuk Pengantin

Redaksi doa pernikahan untuk kedua pasangan yang sesuai Sunnah berdasarkan hadis sahih Riwayat Abu Dawud adalah sebagai berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Latin: Barakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khairin

Artinya: “Semoga Allah memberikan keberkahan padamu dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Daud no. 2130, dishahihkan Syaikh Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

Atau bisa juga doa yang singkat, dan ini berdasarkan hadits sahih riwayat At Tirmidzi, bacaan doa tersebut adalah.

بَارَكَ اللهُ لَكَ

Latin: baarakallahu lak

Artinya: “Semoga Allah memberikan keberkahan padamu” (HR. At Tirmidzi no.1094, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

Selain doa pernikahan barakallahu ini yang dibaca oleh selain pasangan pengantin, bisa juga dengan menggunakan bahasa Indonesia saja seperti:

“Semoga berkah ya akhi” atau “Semoga alah memberkahi” dan yang semisal, intinya kita berdoa kepada Allah agar kedua mempelai mendapatkan keberkahan.

Doa Pernikahan Sesuai Sunnah Untuk Pengantin Pria

Maksudnya adalah doa yang di ucapkan oleh mempelai pria kepada istrinya setelah pernikahan dan doa ketika akan berjima.

Doa Suami Kepada Istrinya Setelah Pernikahan

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari bapaknya, dari kakeknya berkata bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Apabila salah seorang dari kamu menikahi wanita atau membeli seorang budak maka peganglah ubun-ubunnya lalu bacalah ‘basmalah’ serta do’akanlah dengan do’a berkah seraya mengucapkan:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ.

Latin: Allahumma inni as-aluka min khoirihaa wa khoiyri maa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzu bika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaih.

Artinya: ‘Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.’” (HR. Abu Daud, no. 2160; Ibnu Majah, no. 1918. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Yang dimaksudkan dalam doa diatas adalah meminta kebaikan pada istri, lalu juga kebaikan dari sisi akhlak yang baik lagi terpuji.

Doa ketika akan menjima Istri

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Nabi Muhammad Salallahu alaihi wassalam bersabda.

لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِىَ أَهْلَهُ فَقَالَ بِاسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا . فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِى ذَلِكَ لَمْ يَضُرُّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا

“Jika salah seorang dari kalian (yaitu suami) ingin berhubungan intim dengan istrinya, lalu ia membaca do’a:

بِاسْمِ اللَّهِ , اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Latin: Bismillah allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa.

Artinya: ‘Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki yang Engkau anugerahkan kepada kami”, kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya.’ ” (HR. Bukhari, no. 6388; Muslim, no. 1434).

Doa ini hendaknya dibaca oleh suami setiap akan menjima istrinya, jadi bukan hanya pada malam pertama saja, dan ketahuilah bahwa menjima Istri merupakan salah satu Ibadah yang berpahala besar.

Demikian bacaan doa pernikahan Bahasa Arab yang benar dalam Agama Islam sesuai sunnah Nabi Muhammad Salallahu alaihi wasslalam.

Semoga doa yang kita panjatkan tersebut menjadi tambahan keberkahan bagi kita segenap kaum Muslimin.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*