Doa Ketika Hujan Turun Yang Pendek dan Mudah di Hafal

doa ketika hujan

√ Apakah anda belum hafal doa ketika turun hujan? √ simak ulasan doa turun hujan yang singkat dan mudah untuk di hafal berikut.

Hujan, Berkah atau Bencana?

Dengan membaca doa ketika hujan, apakah bisa menjauhkan kita dari bencana banjir, longsor dan bencana lainnya?

Banjir bandang dan longsor yang terjadi akhir-akhir ini disebabkan karena hujan yang turun ke bumi cukup deras, tapi di balik itu semua ternyata ada hikmah yang harus kita renungkan, karena banjir yang melanda bukan semata-mata karena hujan, itu semua karena dosa yang di lakukan oleh kita sudah terlalu banyak.

Hujan sejatinya adalah berkah dan nikmat yang patut kita syukuri, tapi karena banyaknya dosa dan maksiat yang kita lakukan, maka hujan yang seharusnya menjadi berkah berubah menjadi bencana, dan “ingat” jangan sekali kali kita mengeluh jika turun hujan, tapi hendaknya kita membaca doa turun hujan, agar keberkahan dan kebaikan, ALLAH turunkan bersamaan dengan turunnya hujan tersebut.

Doa Ketika Turun Hujan

Bacaan doa turun hujan ini sangat singkat dan mudah untuk di hafalkan, berikut doanya:

Doa ketika turun hujan dalam bahasa Arab

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Doa turun hujan latin

Allahumma shoyyiban nafi an

Arti dari doa turun hujan

“Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”

Dalil doa ketika hujan turun

Dalil doa ketika turun hujan adalah hadist riwayat Bukhari yaitu: dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha.

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya: “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”. [HR. Bukhari no. 1032]

Berkata Ibnu Baththol, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika hujan turun dengan tujuan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula agar semakin banyak manfaatnya.” [Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah]

Doa ketika Hujan Deras

Dalam satu riwayat bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam suatu waktu pernah meminta untuk diturunkan hujan. Kemudian ketika hujan turun sangat deras dan lebat, beliau Salallahu Alaihi Wassalam memohon pada Allah agar cuaca dikembalikan agar menjadi cerah. Dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a dengan doa:

Doa ketika hujan deras bahasa Arab

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Doa ketika hujan deras bahasa latin

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari”

Arti doa ketika hujan yang lebat

Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” [HR. Bukhari no. 1014]

Syaikh Sholih As Sadlan mengatakan bahwa do’a di atas bisa dibaca ketika hujan semakin lebat atau kita khawatir hujan yang deras ini akan membawa dampak bahaya (bencana). [Lihat Dzikru wa Tadzkir, Sholih As Sadlan, hal. 28, Asy Syamilah].

Keterangan dari hadist ini tidak hanya untuk doa saat hujan lebat saja tapi bisa di gunakan ketika hujan angin juga doa saat hujan yang disertai dengan petir.

Bacaan Doa Setelah Turun Hujan

Tidak hanya saat turun hujan dan saat hujan semakin deras kita di anjurkan untuk berdoa, ternyata setelah hujan redapun kita di anjurkan untuk berdoa, berikut adalah doa setelah hujan turun (reda).

Doa setelah turun hujan bahasa Arab

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Doa setelah turun hujan bahasa Latin

“Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih”

Arti doa setelah turun hujan

“Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah”

Dalil Doa setelah turun hujan

Dari Zaid bin Kholid Al Juhani, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat shubuh bersama kami di Hudaibiyah setelah hujan turun pada malam harinya. Tatkala hendak pergi, beliau menghadap jama’ah shalat, lalu mengatakan, ”Apakah kalian mengetahui apa yang dikatakan Rabb kalian?” Kemudian mereka mengatakan,”Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِى مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ. فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا. فَذَلِكَ كَافِرٌ بِى مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

“Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan ’Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan ‘Muthirna binnau kadza wa kadza’ (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.” [HR. Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71].

Doa Agar Turun Hujan

Islam mengajarkan kepada kita semua lini kehidupan, begitupun dengan doa, tidak hanya doa ketika terjadi hujan, tapi kita juga di anjurkan untuk berdoa meminta agar diturunkan hujan.

Doa meminta hujan di lakukan saat terjadi kemarau yang panjang atau saat hujan tidak turun turun yang menyebabkan kita mengalami kesulitan air.

Doa meminta hujan ini lebih afdhol di lakukan dengan cara sholat istisqo, yang pelaksanaan sholat istisqo ini adalah dengan berjamaah di tempat terbuka, untuk bahasan tentang sholat istisqo silahkan anda baca Cara Sholat Istisqo.

Doa Meminta Hujan Arab, Latin dan artinya

اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا

Latin: “Allahumma Aghitsna” dibaca 3 kali

Artinya: “Ya Allah! Berilah kami hujan” [HR. Bukhari dan Muslim].

اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

Latin: “Allahummasqina Ghaitsna Mughitsa Marii’an Nafian Ghoiro Dhoron Ajilan Ghoiro Ajilin”

Artinya: “Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda.” [HR. Abu Daud]

اَللَّهُمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ، وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ، وَأَحْيِ بَلَدَكَ الْمَيِّتَ

Latin: “Allahummasqi Ibaadaka Wabahaa Imaka Wansyur Rohmataka Wa Ahyi Baladakalmayyita”

Artinya: “Ya Allah! Berilah hujan kepada hamba-hambamu, hewan ternak, berilah rahmat-Mu dengan merata, dan suburkan bumi yang tandus.” [HR. Abu Daud].

Demikian artikel lengkap tentang doa turun hujan, saat hujan deras, setelah hujan reda dan doa meminta hujan, semoga kita bisa mengamalkan doa-doa tersebut agar hujan yang di turunkan oleh ALLAH Subhana Hu Wataala menjadi berkah dan bermanfaat serta di jauhkan dari bahaya.

Jangan lupa perbanyak istighfar atas dosa yang telah kita lakukan dan bertaubat dengan sebenar benarnya taubat, agar negri kita dijauhkan dari mara bahaya.

Sumber: rumaysho.com

Baca juga: Doa Ayat Kursi dan Keutamannya Yang Tidak Diketahui

Speak Your Mind

*