Doa Sholat Istikhoroh Yang Benar Agar Cepat Dapat Petunjuk

Doa sholat istikhoroh yang benar sesuai sunnah agar cepat dapat petunjuk, kami sertakan juga dalil dan keterangan Ulama tentang cara sholat istikharah.

Sholat Istikhoroh

Solat istikhoroh adalah sholat meminta petunjuk kepada Allah agar di berikan pilihan yang tepat diantara pilihan yang ada.

Hukum Sholat Istikhoroh adalah sunnah, sebagaimana dalil yang di bawakan oleh Imam Bukhari dibawah ini.

Dalil Sholat Istikhoroh

Dalil anjuran untuk melaksanakan sholat istikhoroh adalah hadits dari Imam Bukhari, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengajari para sahabatnya shalat istikhoroh dalam setiap urusan. Beliau mengajari shalat ini sebagaimana beliau mengajari surat dari Al Qur’an. Kemudian beliau bersabda,

Artinya: “Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at  selain shalat wajib, lalu hendaklah ia berdo’a: “Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika…dst” (akan kami tuliskan dibagian doa).

Doa Sholat Istikhoroh Sesuai Sunnah

doa sholat istikhoroh

Kita mulai dengan doa istikhoroh, karena inilah inti dari sholat sunnah ini dan juga yang membedakan istikharah dengan sholat lainnya.

Agar mempermudah pemahaman kita, akan kami tuliskan terlebih dahulu bacaan Arab lalu latinnya dan arti, juga akan kami beri warna berbeda pada kata yang kami pikir di perlukan.

Doa Istikhoroh Arab

 اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ هَذَا الأَمْرَ – ثُمَّ تُسَمِّيهِ بِعَيْنِهِ – خَيْرًا لِى فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – قَالَ أَوْ فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – فَاقْدُرْهُ لِى ، وَيَسِّرْهُ لِى ، ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، اللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّهُ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِىَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ، ثُمَّ رَضِّنِى بِهِ

# Keterangan:

Yang kami tandai dengan warna merah, tidak perlu di baca, karena itu adalah keterangan agar kita menyebutkan urusan kita, maka saat sampai tanda merah sebutlah urusan yang kita hadapi.

Doa Istikhoroh Latin

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro: “sebut apa masalah kita” khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih”

Arti Doa sholat Istikhoroh

Ya Allah, sesungguhnya aku beristikhoroh pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut urusan yang kita hadapi) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, berilah kemudahan untukku dan berkahilah ia untukku.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku (baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, takdirkanlah yang terbaik bagiku di mana pun itu sehingga aku pun ridho dengannya.”

[HR. Bukhari]

Cara Sholat Sunnah Istikhoroh

Seperti hadits yang kami bawakan di atas riwayat Imam Bukhari bahwa “Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu, lalu hendaklah ia berdo’a “dengan doa istikhoroh”.

Jadi sholat istikhoroh ini adalah sholat sunnah apapun yang dua rakaat, misal sholat sunnah rawatib, sholat sunnah tahajud, sholat sunnah dhuha, lalu berdoa dengan doa yang kami tuliskan di atas.

Yang jadi pembeda adalah doa yang kita panjatkan.

Berikut Langkah Langkah Melaksanakan Sholat Istikhoroh

  1. Kita pilih salah satu pilihan (urusan) yang hendak kita jalankan diantara beberapa pilihan yang ada.
  2. Kita melaksanakan sholat sunnah dua rakaat, terserah mau sholat apapun, misal sholat duha di waktu pagi, atau tahajud di waktu malam.
  3. Setelah selesai salam, maka kita berdoa dengan doa istikhoroh di atas.
  4. lalu kita tunaikan urusan yang telah kita pilih di awal tadi, dan tidak perlu menunggu adanya mimpi, atau adanya kemantapan hati, karena hakikatnya dengan istikhoroh ini, akan Allah mudahkan jika memang ini baik untuk kita dalam urusan dunia maupun akhirat, jika buruk maka akan Allah palingkan.

*** Catatan Tambahan

Solat istikhoroh tidak untuk memilih pilihan yang haram dan perkara yang jelas wajib dan sunnah dalam agama, Seperti kita ingin mencuri rumah A atau Rumah B atau sebaiknya kita sholat sunnah atau tidak? dan yang semisal.

Tidak ada bacaan surat khusus setelah membaca Al Fatihah, seperti yang banyak beredar bahwa rakaat pertama surat Al Kafirun dan rakaat kedua surat AL Ikhlas, karena ini tidak ada dasarnya, yang benar adalah surat apapun yang kita hafal.

Doa istikhoroh ini di baca setelah sholat, bukan di dalam sholat, karena sesuai dengan redaksi hadits di atas, yang berbunyi: kerjakanlah shalat dua raka’at  selain shalat fardhu, lalu hendaklah ia berdo’a: “Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika…dst.

Perhatikan yang kami beri tanda tebal, “lalu hendaklah ia berdoa”, maksudnya adalah setelah sholat sunnah.

Demikian uraian tentang doa sholat istikhoroh yang benar sesuai dengan sunnah.Wallahu a’lam.

Speak Your Mind

*