Doa Dalam Al Quran Yang Ringkas dan Lengkap

Kumpulan doa dalam Al Quran beserta tulisan Arab, Latin dan artinya lengkap, ada doa yang ringkas dan panjang sesuai tema doa.

Al Quran adalah hukum pertama di dalam Islam, setelah hadits. Tapi di dalam Al Quran juga terdapat banyak doa yang sangat baik untuk kita hafal dan amalkan.

Karena ini adalah wahyu langsung dari Allah, maka jangan ada keraguan di dalamnya, karena ini adalah doa doa yang di anjurkan secara langsung oleh Allah, dan in sya Allah Mustajab doa.

Doa Dalam Al Quran

doa dalam Al Quran

Ingat, doa adalah senjata bagi kaum muslimin, Berikut beberapa doa yang ada di dalam Al Quran berdasarkan topik doa kita kepada Allah.

Doa Ampunan dan Rahmat Allah

Doa pertama yang seharusnya di panjatkan kepada Allah adalah doa untuk meminta pengampunan atas dosa dosa yang kita lakukan juga rahmat Allah, karena semua manusia pada dasarnya adalah mudah berbuat salah dan dosa.

Dan rahmat Allah penting agar kita senantiasa diberikan keselamatan dunia dan akhirat, untuk membersihkan dari dosa dan untuk mendapatkan rahmat Allah, maka kita memohon kepada Allah dengan doa doa dalam Al Quran sebagai berikut:

Quran Surat Hud Ayat 47

 رَبِّ إِنِّىٓ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِى بِهِۦ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِى وَتَرْحَمْنِىٓ أَكُن مِّنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Bacaan Latin: Rabbi inni a’ụżu bika an as`alaka mā laisa lī bihī ‘ilm, wa illā tagfir lī wa tar-ḥamnī akum minal-khāsirīn

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi”. [QS Hud 147]

Quran Surat Al-Mu’minun Ayat 109

رَبَّنَآ ءَامَنَّا فَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Latin: Rabbanā āmannā fagfir lanā war-ḥamnā wa anta khairur-rāḥimīn

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik.[QS Al Mu’minun. 109]

Quran Surat Al Mu’minun Ayat 118

رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Latin: rabbigfir war-ḥam wa anta khairur-rāḥimīn

Artinya: “Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik” [QS. Al Mu’minun: 118].

Quran Surat Al Qashash Ayat 16

رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Latin: Qāla rabbi innī ẓalamtu nafsī fagfir lī fa gafara lah, innahụ huwal-gafụrur-raḥīm

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku”. Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [QS. Al Qashash: 16].

Quran Surat Al ImranAyat 16

رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: rabbanā innanā āmannā fagfir lanā żunụbanā wa qinā ‘ażāban-nār

Artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka” [QS. Al Imran: 16].

Quran Surat Al Imran Ayat 147

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Latin: rabbanagfir lanā żunụbanā wa isrāfanā fī amrinā wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: “Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir” (QS. Al Imran: 147).

Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 193

رَّبَّنَآ إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِى لِلْإِيمَٰنِ أَنْ ءَامِنُوا۟ بِرَبِّكُمْ فَـَٔامَنَّا ۚ رَبَّنَا فَٱغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّـَٔاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ ٱلْأَبْرَارِ

Latin: Rabbanā innanā sami’nā munādiyay yunādī lil-īmāni an āminụ birabbikum fa āmannā rabbanā fagfir lanā żunụbanā wa kaffir ‘annā sayyi`ātinā wa tawaffanā ma’al-abrār

Artinya: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.[QS. Al Imran: 193].

Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 194

رَبَّنَا وَءَاتِنَا مَا وَعَدتَّنَا عَلَىٰ رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۗ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ ٱلْمِيعَادَ

Latin: Rabbanā wa ātinā mā wa’attanā ‘alā rusulika wa lā tukhzinā yaumal-qiyāmah, innaka lā tukhliful-mī’ād

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji”.[QS. Al Imran: 194].

Quran Surat Al A’raf Ayat 23

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Latin: Rabbanā ẓalamnā anfusana wa il lam tagfir lanā wa tar-ḥamnā lanakụnanna minal-khāsirīn

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi” [QS. Al A’raf: 23].

Quran Surat Al Baqarah Ayat 286

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Latin: Rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil ‘alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ ‘alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa’fu ‘annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir” [QS. Al Baqarah: 286].

Doa Dalam Al Quran Ampunan Untuk Orang Tua dan Kaum Muslimin

Inilah doa yang akan bermanfaat untuk kedua orang tua kita, dan nantipun doa ini akan dipanjatkan oleh keturunan kita, sebagai buah dari apa yang kita lakukan.

Baca juga: Doa Untuk Kedua Orang Tua

Begitu juga doa untuk kaum muslimin secara umum yang mana doa tersebut akan kembali kepada kita, doa doa tersebut di dalam al Quran adalah sebagai berikut:

Quran Surat Ibrahim Ayat 41

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Latin: Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu`minīna yauma yaqụmul-ḥisāb

Artinya: “Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)” [QS. Ibrahim: 41].

Quran Surat Al Hasyr Ayat 10

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Latin: Rabbanagfir lanā wa li`ikhwāninallażīna sabaqụnā bil-īmāni wa lā taj’al fī qulụbinā gillal lillażīna āmanụ rabbanā innaka ra`ụfur raḥīm

Artinya: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang” [QS. Al Hasyr: 10].

Quran Surat Nuh Ayat 28

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Latin: Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā

Artinya: “Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan” [QS. Nuh: 28].

Doa Dalam Al Quran Agar Diberikan Keturunan Yang Shalih

Doa ketiga yang penting lagi adalah meminta agar keturunan kita termasuk kedalam orang yang shalih, karena anak yang salih akan menjadi tabungan kita nanti di akhirat, maka sangat penting untuk kita meminta keturunan yang salih.

Berikut doa dalam AL Quran tentang meminta turunan anak yang shalih.

Quran Surat Al Anbiya Ayat 89

رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ

Latin: rabbahụ rabbi lā tażarnī fardaw wa anta khairul-wāriṡīn

Artinya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik” [QS. Al Anbiya: 89].

Quran Surat Ash Shaffat Ayat 100

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Latin: Rabbi hab lī minaṣ-ṣāliḥīn

Artinya: “Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh” [QS. Ash Shaffat: 100].

Quran Surat Al Imran Ayat 38

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Latin: rabbi hab lī mil ladungka żurriyyatan ṭayyibah, innaka samī’ud-du’ā`

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa” [QS. Al Imran: 38].

Quran Surat Al Furqan Ayat 74

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Latin: rabbanā hab lanā min azwājinā wa żurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqīna imāmā

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” [QS. Al Furqan: 74].

Doa Agar Kita dan Keturunan Kita Selalu Menjaga Sholat

Doa ini penting, karena sholat adalah rukun islam, yang mana jika meninggalkannya maka akan tergelincir kepada kemurtadan, dan amalan yang pertama akan di hisab adalah sholatnya.

Jika baik sholatnya maka akan baiklah semua amalan lainnya, dan begitu sebaliknya, rusaknya sholat maka akan rusaklah amalan yang lainnya, doa ini ada di surat Ibrahim ayat 40 sebagai berikut

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Latin: Rabbij’alnī muqīmaṣ-ṣalāti wa min żurriyyatī rabbanā wa taqabbal du’ā`

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” [QS. Ibrahim: 40].

Doa Agar Taubat dan Amal ibadah Kita di Terima

Doa ini sering di panjatkan di akhir doa, dan ini adalah doa pamungkas yang dengannya mudah mudahan kita mendapatkan ampunan dan amalan kita di terimanya, doa ini ada dalam surat al Baqoroh ayat 127 dan 128 berikut:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Latin: rabbanā taqabbal minnā, innaka antas-samī’ul-‘alīm wa tub ‘alainā, innaka antat-tawwābur-raḥīm

Artinya: “Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” [QS. Al Baqarah: 127 dan 128].

Doa Agar Masuk Ke Dalam Golongan Orang Beriman

Doa yang terpenting setelah mendapatkan ampunan adalah berdoa agar kita masuk kedalam golongan orang yang beriman, karena kunci surga adalah Iman, siapa saja yang lurus Imannya maka akan masuk surga, walalupun memiliki dosa dan akan dibersihkan di neraka tapi suatu saat akan di masukan kedalam surga.

Berikut doa dalamAL Quran yang berkenaan tentang permintaan masuk kedalamorang beriman.

Quran Surat Asy Syu’ara Ayat 83, 84, 85

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ وَاجْعَلْنِي مِنْ وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ

Latin: Rabbi hab lī ḥukmaw wa al-ḥiqnī biṣ-ṣāliḥīn Waj’al lī lisāna ṣidqin fil-ākhirīn Waj’alnī miw waraṡati jannatin-na’īm

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian. dan jadikanlah aku termasuk orang-orang ahli surga yang penuh kenikmatan” [QS. Asy Syu’ara: 83, 84, 85].

Quran Surat Al Maidah Ayat 83

رَبَّنَا آمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ

Latin: rabbanā āmannā faktubnā ma’asy-syāhidīn

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran dan kenabian Muhammad)” [QS. Al Maidah: 83].

Doa Dalam Al Quran Agar Menjadi Orang Yang Selalu Tawakal

Tawakal adalah sifat yang penting yang harus di miliki seorang muslim, karena dengan tawakal maka kehidupan kita akan tenang dan tanpa was was juga takut akan perkara dunia, karena kita menyadari akan hakikat hidup di dunia hanya sementara dan akhirat adalah kekal abadi, berikut doa agar kita selalu tawakal.

Quran Surat Al Mumtahanah Ayat 4

رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْكَ أَنَبْنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Latin: Rabbanā ‘alaika tawakkalnā wa ilaika anabnā wa ilaikal-maṣīr

Artinya: “Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali” [QS. Al Mumtahanah: 4].

Quran Surat at Taubah ayat 129

حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Latin: Hasbiyallāhu lā ilāha illā huw, ‘alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-‘arsyil-‘aẓīm

Artinya: “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung” [QS. At Taubah: 129].

Demikian doa dalam Al Quran pilihan yang bisa kami tuliskan pada kesempatan kali ini, mudah mudahan nanti Allah berikan kekuatan untuk melengkapi tulisan ini.

Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa mendapatkan mustajabnya doa yang ada dalam Al Qur’an ini, Wallahu a’lam.

Baca juga: Ayat AL Quran Tentang Sabar

Speak Your Mind

*