Doa Bangun Tidur dan Artinya yang Mudah Dihafal

Doa bangun tidur | Seperti artikel sebelumnya yang menerangkan tentang doa sebelum tidur, bahwa tidur adalah aktifitas yang memakan waktu yang panjang, sehingga jika tidak di awali dengan doa dan zikir maka kita termasuk orang yang merugi, karena waktu tidur tersebut tidak di nilai ibadah.

Setelah kita bangun tidur, lalu kita berdoa maka kita memulai hari dengan berdzikir kepada ALLAH Subhana HuWataala, ini merupakan kesempurnaan, karena kita tutup hari dengan berdzikir sebelum tidur pada malam hari dan selanjutnya kita awali hari dengan berdzikir kepada ALLAH Subhana Huwataala dengan membaca doa bangun tidur.

Dan sayangnya amalan yang ringan tapi berpahala besar ini banyak di lalaikan oleh umat muslim, lalu bagaimana doa bangun tidur yang shahih dan ringkas agar mudah di hafal dan di amalkan, berikut saya tuliskan secara lengkap dari bahasa Arab,latin dan juga artinya.

1. Doa Bangun Tidur Yang Shahih

doa bangun tidur

Doa bangun tidur yang shahih di dapat dari kitab shahih AL Bukhari No.6325, dan doa ini adalah doa yang ringkas sehingga anda mudah untuk menghafalnya, berikut doa bangun tidur dalam bahasa Arab, latin dan arti serta maknanya.

Doa Bangun Tidur Bacaan Arab

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Doa Bangun Tidur Bacaan Latin

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”

Arti Doa Bangun Tidur

“Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah kami dimatikan (tidur) dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan”. [HR. Bukhari no. 6325]

Makna dari Doa Bangun Tidur

Menurut Ibnu Batthol Rahimahullah doa ketika bangun dari tidur adalah dzikir kepada ALLAH Subhana Hu Wataala yang menjadikan pembuka amalan di pagi hari seperti halnya doa sebelum tidur yang merupakan penutup amalan di akhiri dengan dzikir.

Jadi pembuka amalan kita di awal hari adalah dzikir dan kita tutup amalan di malam hari dengan dzikir juga sehingga di harapkan dengan mengamalkan doa bangun tidur dan doa sebelum tidur kita mendapatkan ampunan dari ALLAH Subhana Hu Wataala.

Menurut Imam Nawawi Rahimahullah maksud dari kalimat “kami di matikan” adalah tidur. Dan maksud “kami di bangkitkan” adalah saat dihidupkan kembali nanti pada hari kiamat. jadi makna dari doa saat kita bangun tidur ini adalah seseorang bisa saja bangun setelah tidurnya dan bisa juga seseorang bangun pada hari kiamat setelah kematiannya.

Hampir sama dengan pendapat Ibnu Batthol diatas Imam Nawawi rahimahullah juga menerangkan dalam Syarah Shahih Muslim bahwa hikmah doa sebelum tidur ‘bismika allahumma amuutu wa ahyaa’ , yaitu sebagai penutup amalan. Sedangkan di pagi hari diawali pula dengan amalan doa bangun tidur yang berisi kandungan keyakinan tauhid pada Allah.

2. Doa Setelah Bangun Tidur Hasan

doa bangun tidur dan artinya

Ada satu lagi doa bangun tidur yang jarang di ketahui, walaupun hadist ini derajatnya hasan menurut Syaikh Albani tapi bisa kita amalkan, doa setelah bangun tersebut adalah:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Bacaan latin: “Alhamdullillahilladzi afaaniy fii jasadiy, wa rodda alayya ruhiy, wa adzina lii bi dzikrih”

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya. [HR. Tirmidzi no. 3401. Hasan menurut Syaikh Al Albani]

Makna doa bangun tidur ini menurut Badaruddin Al Aini dalam “Umdatul Qari Syarh Shahih Al Bukhari” adalah, seseorang yang telah bagun dari tidur di pagi hari hendaknya mensyukuri nikmat yang telah ALLAH berikan kepadanya, dan bentuk dari syukur tersebut adalah dengan menunaikan sholat subuh.

Tugas kita adalah dengan bersyukur dalam bentuk dzikir dan ibadah kepada ALLAH yang telah mengembalikan ruh kita kepada jasadnya.

Kesimpulan dari Doa Bangun Tidur

  1. Doa bangun tidur adalah amalan ringan dengan keutamaan yang banyak.
  2. Dengan membaca doa setelah bangun tidur kita mengawali hari dengan mengingat ALLAH (berdzikir).
  3. Jangan lupa juga untuk menutup hari dengan dzikir yaitu dengan membaca doa sebelum tidur, agar menjadikan hari kita di awali dengan dzikir dan di akhiri dengan dzikir sehingga dengan dzikir tersebut kita berharap ALLAH mengampuni dosa dan kesalahan kita.
  4. Kita di haruskan untuk banyak bersyukur kepada ALLAH dengan banyak berdzikir dan beribadah kepada-NYA, karena ALLAH masih mengembalikan ruh kita kembali, dengn kata lain kita masih di beri kesempatan untuk bertaubat dan memperbanyak dzikir serta ibadah kepada-NYA.

Semoga kita termasuk orang yang di mudahkan oleh ALLAH Subhana Hu Wataala untuk mengamalkan doa bangun tidur ini dan juga di jadikan orang yang pandai bersyukur dan di mudahkan untuk selalu beribadah.

Baca Juga: Doa Sebelum Tidur dan Artinya yang Singkat & Mudah di Hafal

Speak Your Mind

*