Doa Ayat Kursi Bahasa Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Doa ayat kursi sudah tidak asing di telinga kita, dan banyak diantara kaum muslimin sudah menghafalnya, jika anda belum menghafalnya, kami sajikan bacaan doa ayat kursi ini lengkap dari bahasa arab, bahasa indonesia atau latin, arti dan juga keutamannya.

Tapi jangan salah juga, mungkin banyak dari kita yang sudah mengamalkan doa ayat kursi ini tapi kok tidak mendapatkan apa yang dijanjikan, ini bagaimana, apanya yang salah?, untuk masalah ini juga akan saya bahas diakhir tulisan ini, tentu dengan dalil yang shahih.

Baik, sekarang kita tuliskan semua tentang doa ayat kursi ini, dan untuk memudahkan para pembaca, saya buat juga daftar isi dari tulisan ini.

Doa Ayat Kursi Bahasa Arab

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Ayat kursi ini adalah Surat Al-Baqarah ayat 255, jadi jika anda mau menghafalnya lewat AL Quran (Mushaf) bisa di buka sendiri.

Berikut gambar ayat kursi yang bisa anda save dan gunakan untuk menghafalnya. Cara untuk menyimpan gambar di HP dengan menekan gambar tanpa dilepas, sampai keluar tulisan Download gambar, silahkan anda pilih Download gambar untuk menyimpannya. Di Laptop klik kanan pada gambar lalu pilih Save Image As..

Doa Ayat kursi bahasa Arab

Dengan melakukan ini mudah mudahan ALLAH ﷻ memudahkan dalam menghafalnya, karena sudah ada niatan dan melakukan tindakan awal.

Bacaan Doa Ayat Kursi Latin

Jika anda tidak atau belum bisa membaca bacaan Arab, anda bisa membacanya dengan huruf latin, berikut bacaan ayat kursi dalam bahasa latin atau doa ayat kursi beserta latinnya.

allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ‘ilmihī illā bimā syā`, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm.

Arti Bacaan Doa Ayat Kursi

Ayat kursi ini mempunyai arti yang sangat besar tentang keagungan ALLAH ﷻ dalam hal mengatur alam ini, tidak ada sesuatupun yang mampu selain atas izin ALLAH ﷻ, berikut doa ayat kursi bahasa indonesia.

Arti bacaan Ayat Kursi:

Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha tinggi, Maha besar.

Itulah doa ayat kursi beserta artinya, dan di bawah ini saya lampirkan pula doa ayat kursi dalam bentuk audio mp3,

Doa Ayat Kursi Mp3

Silahkan klik play untuk mendengarkannya secara online

Dan jika ingin mendengarkan secara offline, bisa anda download, Caranya: Silahkan klik tautan Doa Ayat Kursi Mp3 lalu akan terbuka di tab baru lalu anda klik tanda titik 3 nanti akan keluar download, silahkan anda klik tombol download tersebut.

Keutamaan dan Manfaat Doa Ayat Kursi

Setidaknya ada 4 keutamaan Ayat kursi ini berdasarkan hadist shahih diantaranya adalah:

Ayat Paling Agung Didalam Al Quran

Di dalam ayat kursi ada sifat Allah ﷻyang agung yaitu AL Hayu dan Al Qayum, begitu juga menurut Ahli Tafsir Ibnu Katsir yang mengatakan bahwa Ayat ini adalah ayat teragung di dalam AL Quran, sebagaimana hadist riwayat Imam Muslim berikut:

Rasulullah Bertanya kepada Ubay bin Ka’ab, “dengan pertanyaan, Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah (Al Quran)?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay dan berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

Keagungan Ayat Kursi Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah Allah ﷻmenciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi, karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah ﷻ.”

Sufyan ats-Tsauri salah satu ulama salaf berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah ﷻyang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)

Salah Satu Doa Dzikir Sebelum Tidur

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah ﷻ akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

Jadikanlah ayat kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika hendak tidur. Selain itu, ayat kursi juga termasuk bacaan dzikir sehabis shalat fardhu yang 5 waktu dan juga dzikir pagi petang.

Salah Satu Sebab Masuk Surga

Seperti di tuliskan di atas dzikir ayat kursi di baca setelah shalat fardhu dan keutamaannya adalah akan di balas dengan surga, sebagaimana hadist di bawah ini:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Beberapa hadits di atas menunjukkan keutamaan dan manfaat Ayat Kursi. kita akan mendapatkan keutamaan tersebut jikakita merutinkan membaca ayat kursi di waktu tersebut, dan sudh sewajarnya bagi kita umat muslim untuk bersemangat dalam mengamalkan doa ini, karena bentuk ketaatan seorang hamba adalah bersegera kepada amalan yang akan menghantarkan kita kepada akhirat.

Namun ada kalanya kita sudah merutinkan baca doa Ayat Kursi tapi hidup kita tidak berubah dan seperti tidak ada perubahan yang signifikan, lalu bagaimana menyikapi persoalan ini?.

Penyebab Doa Ayat Kursi Tidak di Ijabah

Ada 2 permasalahan di sini yang perlu kita jabarkan.

Pertama

Ayat kursi ini di gunakan atau di amalkan untuk mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat, di dunia berupa keselamatan dari mahluknya (Ayat kursi dibaca sebelum tidur) dan di akhirat akan mendapatkan surga (dibaca setelah shalat fardhu atau wajib).

Untuk yang pertama ini, yakinlah dengan hadist di atas jika anda mengamalkannya dengan keyakinan dan penghayatan maka pasti akan di ijabah oleh ALLAHﷻ.

Kedua

Ada beberapa keterangan yang sampai saat ini saya tidak mengetahui dasar atau landasan dalilnya tentang keutamaan dari Ayat Kursi, misalnya tentang akan dimudahkan rezeki jika membaca sekian kali ayat kursi dan juga ada yang menyebutkan tentang akan di buat pintar orang yang melafadzkan dzikir ayat kursi dengan bilangan sekian dan sekian.

Saudaraku, untuk urusan amalan dalam agama kita harus berlandaskan dalil yang shahih, jika tidak ada dalil tentang amalan tersebut maka kita terlarang untuk mengamalkannya. Begitu juga dengan ayat kursi ini, saya tidak mendapati dalil yang sahih tentang amalan tersebut.

Jadi jika anda mengamalkan doa Ayat Kursi untuk sesuatu yang tidak ada dasarnya maka otomatis tidak akan di kabulkan, bahkan bisa berdosa.

Kesimpulannya:

Ayat kursi ini mempunyai keagungan dan keutamaan yang sangat besar, seperti keterangan di atas yaitu menjadi doa sebelum tidur dan juga doa setelah shalat fardhu.

Dan jika kita sering membacanya tanpa terikat apapun, baik jumlahnya maupun waktunya maka kita akan mendapatkan pahala.

Sepengetahuan saya (penulis) tidak menemukan dalil dari AL Quran maupun hadist yang menerangkan keutamaan doa Ayat Kursi ini untuk menambah rezeki dan juga selainnya, jika anda mempunyai dalil tentang keutamaan Ayat kursi silahkan di tuliskan di komentar.

Doa apapun selagi kita meminta kebaikan dan dengan adab adabnya maka insya ALLAH akan di kabulkan oleh ALLAH ﷻ

Demikian, semoga kita di mudahkan oleh ALLAH ﷻ untuk beramal dengan amalan yang di syariatkan dan bersemangat meraih surganya.

Baca juga: Doa Untuk Orang Meninggal Yang Mudah

Tags:,

Leave a Reply