Doa Aqiqah Anak Perempuan dan Laki-Laki yang Sahih

Doa aqiqah anak perempuan dan laki-laki yang sahih berdasarkan hadits tentang aqiqah dan keterangan Ulama, Simak penjelasannya agar kita terhindar dari kesalahan kesalahan ketika melaksanakan aqiqah.

Kaidah Penting Dalam Beragama

Semua amalan yang di niatkan ibadah maka harus ada tuntunan atau landasannya berdasarkan Nash Al Quran, AL Hadits, Ijma Ulama dan Qiyas.

Tidak bisa kita mengamalkan suatu amalan hanya berdasarkan praduga bahwa amalan ini baik walaupun tanpa landasan dan contoh dari para ulama.

Jika itu yang di lakukan maka amalan kita akan tertolak dan bahkan bisa menjadikan amalan tersebut sebagai perkara baru dalam Agama yang di sebut Bid’ah.

Doa Aqiqah Anak

doa aqiqah anak

Sebelum kami menuliskan tentang doa-doa seputar aqiqah, kita harus tahu dahulu tentang:

  • Pertama, doa aqiqah anak ini maksudnya apa?.
  • Kedua, apakah ada doa sebelum aqiqah?.
  • Ketiga, Apakah ada doa sebelum mencukur rambut bayi?.

Kita jawab satu persatu pertanyaan tersebut, di mulai dari pertanyaan ketiga.

Doa Mencukur Rambut Bayi

Ada doa yang beredar di masyarakat saat kita mencukur rambut bayi saat aqiqah, bacaan doa tersebut adalah sebagai berikut:

Bacaan doa mencukur rambut saat aqiqah Arab:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan doa mencukur rambut saat aqiqah Latin:

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillhi robbil ‘alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari. Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rosulullahi shollallahu ‘alaihi wa sallama wal hamdu lillahi robbil ‘alamina.

Arti Bacaan doa mencukur rambut saat aqiqah:

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah Saw, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Doa Setelah Mencukur Rambut

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

Setelah kami telusuri, ternyata tidak ada hadits yang menerangkan tentang doa ini, dan kami dapatkan doa ini dari buku doa terbaik sepanjang masa karya Ahmad Zacky, yang beliau hafidzahullah tidak mencantumkan dalil hadits atau atsar Ulama tentang doa tersebut.

Kesimpulannya, tidak ada doa khusus mencukur rambut saat aqiqah, lalu bagaimana yang sahih?.

Perhatikan tiga hadits tentang aqiqah berikut terkait mencukur rambut

Hadits Sahih Riwayat Bukhari

عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ الضَّبِيّ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَعَ اْلغُلاَمِ عَقِيْقَةٌ فَاَهْرِيْقُوْا عَنْهُ دَمًا وَ اَمِيْطُوْا عَنْهُ اْلاَذَى

Artinya: Dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy, dia berkata : Rasulullah bersabda : “Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” [Shahih Hadits Riwayat Bukhari (5472), untuk lebih lengkapnya lihat Fathul Bari (9/590-592), dan Irwaul Ghalil (1171), Syaikh Albani]

Keterangan:

Makna menghilangkan gangguan darinya adalah mencukur rambut bayi atau menghilangkan semua gangguan yang ada [Fathul Bari (9/593) dan Nailul Authar (5/35), Cetakan Darul Kutub Al-‘Ilmiyah, pent]

Hadits Sahih Riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, Ad Darimi

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنَةٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَ يُحْلَقُ وَ يُسَمَّى

Artinya: Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Rasulullah bersabda : “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81, dan lain-lainnya]

Keterangan:

Aqiqah dalam hadits di atas adalah menyembelih kambing sesuai dengan jenis kelamin bayi, memberi nama dan mencukur rambutnya.

Hadits Hasan Riwayat Ahmad, Thabrani, Baihaqi

Dari Fatimah binti Muhammad ketika melahirkan Hasan, dia berkata : Rasulullah bersabda : “Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak kepada orang miskin seberat timbangan rambutnya.” [Sanadnya Hasan, Hadits riwayat Ahmad (6/390), Thabrani dalam “Mu’jamul Kabir” 1/121/2, dan al-Baihaqi (9/304) dari Syuraiq dari Abdillah bin Muhammad bin Uqoil].

Keterangan:

Tuntunan saat mencukur rambut adalah dengan menimbang rambut bayi dan menimbangnya lalu berat rambut tersebut di konversi ke nilai perak dan sedekahkan kepada orang miskin.

Kesimpulan Doa dan Cara mencukur rambut bayi saat aqiqah

Cara mencukur rambut bayi saat aqiqah sesuai sunnah adalah, pada hari ketujuh, di sembelih kambing, memberi nama, mencukur rambut dan sedekah dengan berat rambut tersebut senilai perak.

Tidak ada doa khusus yang di baca dan tidak ada penjelasan tentang doa meniup ubun-ubun, maka alangkah baiknya kita mengikuti contoh yang di berikan oleh Nabi Muhammad dan para Salafus shalih.

Doa Sebelum Aqiqah

Doa ini juga tidak ada dalil dan dasar pijakannya, kalupun ada, maksudnya adalah niat dalam hati kalau kita akan melakukan aqiqah anak saya karena Allah, itupun hanya niat yang tidak ada lafald khusus.

Jadi sebelum aqiqah kita sudah ada niat akan melakukan aqiqah maka itu sudah cukup, jika mau berdoa kepada Allah di waktu mustajab agar Allah mudahkan pelaksanaan aqiqah dan minta agar di terima niat aqiqah tersebut menjadi pahala.

Lalu maksud doa akikah itu sendiri apa?

Doa Aqiqah Anak Perempuan dan Laki-Laki

Sengaja kami tuliskan inti dari doa aqiqah anak ini pada bagian akhir, mengapa?, agar kita tahu semua pembahasan terkait prosesi pelaksanaan aqiqah yang benar dan sesuai dengan dalil.

Karena sangat umum di masyarakat kita pertanyaan tentang bagaimana ucapan doa aqiqah anak perempuan maupun laki laki dan bagaimana doa aqiqah orang dewasa.

Ketahuilah semua itu tidak ada dalil yang mendasarinya, yang ada doa aqikah yang di maksud adalah doa saat menyembelih kambing aqiqah.

Inilah inti doa aqiqah anak, lalu bagaimana doanya?

Doa Menyembelih Kambing Aqiqah

Sebenarnya bahasan lengkap tentang ini sudah kami tuliskan pada artikel yeng lebih lengkap tentang doa menyembelih hewan aqiqah, di sini akan kami tuliskan lagi secara ringkas, untuk membaca secara detail silahkan anda baca artikel tersebut.

Doa saat menyembelih kambing:

بِسْمِ اللهِ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ ، هَذِهِ عَقِيقَةُ فُلاَن

Bacaan Latin: “Bismillah Allahu Akbar Allaahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiiqotu fulaan

Artinya: “Dengan Nama Allah, Allah maha besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqoh fulaan

***Keterangan: Saat bacaan sampai aqiiqotu, maka langsung sebutkan nama bayi yang kita aqiqahkan, jadi  ‘fulaan’ dalam doa ini tidak di baca, melainkan di ganti dengan nama bayi.

Dalilnya adalah Hadits riwayat Imam Al Baihaqi dan Musnad Abu Ya’la, berikut:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : يُعَقُّ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ ، وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ ، قَالَتْ عَائِشَةُ : فَعَقَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ شَاتَيْنِ شَاتَيْنِ يَوْمَ السَّابِعِ ، وَأَمَرَ أَنْ يُمَاطَ عَنْ رَأْسِهِ الأَذَى وَقَالَ : اذْبَحُوا عَلَى اسْمِهِ وَقُولُوا بِسْمِ اللهِ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ ، هَذِهِ عَقِيقَةُ فُلاَنٍ

Artinya

Dari Aisyah radhiyallahu anha beliau berkata: Anak laki-laki diaqiqohi dengan dua kambing yang setara. Dan anak perempuan satu kambing.

Aisyah berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam mengaqiqohi al-Hasan dan al-Husain masing-masing dua kambing pada hari ketujuh (kelahiran). Beliau memerintahkan agar pada kepala anak itu dihilangkan kotoran. Dan beliau bersabda: Sembelihlah dengan (juga) menyebut nama (anak yang akan diaqiqahi).

Katakan: Bismillah Allahu Akbar Allaahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiiqotu fulaan (Dengan Nama Allah, Allah adalah Yang Terbesar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, Ini adalah aqiqoh fulaan). [HR Al Baihaqi]

Kesimpulan Aqiqah Sesuai Sunnah

  • Doa aqiqah anak, baik perempuan maupun laki laki adalah doa saat penyembelihan kambing.
  • Tidak ada doa saat mencukur rambut
  • Tidak ada doa setelah mencukur rambut
  • Tidak ada doa sebelum akikah

Lalu bagaimana jika kita mengamalkan doa doa tersebut (doa pada poin ke 2-3)?

Wallahu a’lam, selama tidak menganggapnya sebagai kewajiban, dalam arti jika tidak membacanya maka aqiqah tidak sah, dan kita tidak menisbatkan doa tersebut berasal dari Nabi Sallalahu alaihi wassalam, maka doa tersebut sah sah saja di ucapkan.

Dan sebenarnya kita tidak harus berpatokan kepada doa tersebut, kita bisa berdoa sesuai dengan keinginan atau harapan kita dan tidak harus dengan bahasa Arab, cukup dengan bahasa yang kita pahami saja, juga berdoalah di saat saat mustajab, mintalah doa dan harapan aqiqah pada waktu tersebut.

Tanpa membaca doa tersebut aqiqah tetap sah, asal sesuai dengan hukum aqiqah tentang syarat syaratnya, demikian semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Ingin download doa aqiqah anak dalam bentuk pdf ?, maaf saat ini kami belum bisa membuatnya.

Speak Your Mind

*