Doa Agar Cepat Hamil Dari Al Quran dan Hadits Sahih

Doa agar cepat hamil yang bersumber dari Al Quran dan juga penjelasan dari hadist sahih, yang layak dan seharusnya di amalkan oleh kita sebagai seorang Muslim yang menginginkan kehadiran buah hati, berikut ulasannya.

Kehamilan adalah suatu nikmat yang Allah berikan kepada seorang wanita atau keluarga yang telah menikah, karena dengan kehamilan, maka tercapailah apa yang menjadi tujuan dari pernikahan itu sendiri, yaitu memiliki keturunan.

Tapi ada kalanya Allah uji suatu keluarga dengan sulitnya memiliki keturunan atau sulit hamil, sehingga terjadi kegundahan dan kekhawatiran jika tidak memiliki keturunan.

Dan sudah sejak zaman dahulu kala ujian ini menimpa manusia, bukan hanya kepada manusia biasa, tapi para Nabi pun di uji dengan sulitnya memiliki keturunan.

Nabi Zakariya dan Nabi Ibrahim Alaihissalam, adalah contoh dari para Nabi yang diberi cobaan sulitnya memiliki keturunan, lalu apa ikhtiar mereka atau yang mereka amalkan, sehingga Allah berikan keturunan kepada mereka.

Kali ini kita akan belajar secara langsung kepada Manusia Mulia ini, karena Mereka Alaihissalam adalah contoh yang diabadikan dalam AL Quran yang bisa kita tiru untuk kita amalkan, sehingga harapan kita untuk cepat hamil bisa terwujud.

Ikhtiar Agar Cepat Hamil

Ikhtiar atau cara usaha, agar apa yang kita inginkan bisa terwujud menurut Islam adalah dengan beberapa cara, berikut kami tuliskan urutan dari yang paling penting dan utama tentang ikhtiar agar cepat hamil.

  1. Bersabar, Hal yang pertama dan penting adalah bersabar, karena ini salah satu bentuk ujian yang Allah berikan kepada kita, dan dengan sabar pula kita akan menjalani keadaan ini dengan tenang dan secara tidak langsung akan mengurangi beban kita.
  2. Berdoa, langkah kedua yaitu dengan doa, karena sulitnya hamil yang kita alami hakikatnya adalah dari Allah, maka langkah yang tepat adalah meminta kepada Allah agar Allah mengizinkan kita untuk hamil.
  3. Ikhtiar secara medis, konsultasi dengan dokter dan melakukan saran dokter adalah salah satu ikhtiar yang bisa kita lakukan, ingat, yakinkan dalam diri kita ini hanya wasilah, karena hakikatnya kehamilan yang terjadi bukan karena dokter tapi karena Allah.
  4. Melakukan amalan kebaikan, banyak hadist yang menerangkan bahwa sedekah dan juga istighfar akan memudahkan di kabulkan apa yang kita inginkan.
  5. Tawakal, setelah melakukan semua hal tersebut selanjutnya adalah tawakal, yaitu menyerahkan hasilnya kepada Allah, apapun hasilnya, hamil maupun tidak, kita terima dengan lapang dada, karena semua ini adalah ketetapan atau takdir yang telah di catat untuk kita.

Dengan melakukan ikhtiar di atas dengan ikhlas, insya Allah kita akan mendapatkan pahala dan jika Allah mengabulkan, maka kehamilan akan kita dapatkan.

Doa Agar Cepat Hamil

doa agar cepat hamil

Bahasan kali ini kita akan fokuskan kepada doa supaya cepat hamil yang kami ambil dari Al Qur’an dan juga hadits sahih. karena sejatinya Al Quran ada untuk kita amalkan.

Dalam AL Quran Allah kabarkan kepada kita cerita atau kisah para Nabi dan orang shalih terdahulu dengan berbagai macam masalah dan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut.

Doa Dalam Surat Al Quran Agar Cepat Hamil

Salah satunya adalah cerita dua Nabi yang mulia, yaitu Nabi Zakariya Alaihissalam dan nabi Ibrahim Alaihissalam ketika tidak kunjung dikaruniai anak.

Dan yang mereka lakukan adalah berdoa kepada Allah ta’ala agar diberikan Anak, berikut doa agar cepat hamil yang kami ambil dari kisah mereka dalam Al Quran.

Doa Nabi Zakariya Agar Memiliki Keturunan, surat Ali Imran ayat 38.

Doa agar cepat hamil pertama dalam Al Quran adalah doa Nabi Zakariya alaihissalam yang terdapat dalam Surat Ali Imran ayat 38 berikut.

رَبِّ هَبْ لى‏ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَميعُ الدُّعاء

Latin: “Rabbi hablii min-ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii’uddu’a.”

Artinya: “Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.[QS. Ali ‘Imran ayat 38]

Masih dari Nabi Zakariya, dalam surat Al Anbiya yang menerangkan tentang kisah para Nabi, bahwa Allah ta’ala mengabarkan tentang doa nabi Zakariya berikut:

رَبِّ لا تَذَرْنى فَرْداً وَأَنْتَ خيْرُ الوارِثينَ

Latin: “Rabbi la tadzarnii fardan wa anta khairal waaritisiin.”

Artinya: “Ya Rabbi janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik”.[QS Al Anbiya’: 89]

Doa Nabi Ibrahim Dalam Al Quran Agar di Karuniai Anak

Yang kedua adalah Doa Nabi Ibrahim Alaihissalam agar dikaruniai anak pada surat As shafat ayat 100.

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Latin: Rabbi hab li minaṣ ṣaliḥin

Artinya: Ya Rabbi, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. [QS As Saffat ayat 100]

Doa Agar Cepat Hamil Walau Istri Mandul

“Wah ini mustahil, kalau mandul mana bisa hamil?”, jika itu yang ada di fikiran kita, maka bisa di pastikan Allah akan membuat mustahil akan terjadinya kehamilan.

Tapi kalau kita percaya dengan kemaha kuasaan Allah dan yakin semua urusan dijagat raya ini ada di tangan-Nya, maka dengan izin Allah tidak ada yang mustahil dan semuanya bisa terjadi.

Inilah yang dilakukan oleh Nabi Zakariya, tatkala mengetahui istrinya mandul, maka Beliau Alaihissalam berdoa kepada Allah dengan keyakinan tinggi agar di karuniai anak.

Kisah ini di terangkan dalam Surat Maryam Ayat 5 berikut.

وَإِنِّى خِفْتُ ٱلْمَوَٰلِىَ مِن وَرَآءِى وَكَانَتِ ٱمْرَأَتِى عَاقِرًا فَهَبْ لِى مِن لَّدُنكَ وَلِيًّا

Latin: “Wa inni khiftul-mawaliya miw wara’i wa kanatimra’ati ‘aqiran fa hab lī mil ladungka waliyya”

Artinya: Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera [QS Maryam Ayat 5].

Keterangan:

Secara akal dan medis, wanita yang mandul mustahil akan hamil, dan ini benar adanya, tapi dalam Al Quran di terangkan kisah tersebut, yang bisa kita amalkan dengan yakin kepada Allah.

Syaratnya adalah kita harus tawakal, artinya setelah kita berdoa dengan keyakinan maka kita serahkan semua hasilnya kepada Allah, jika pada akhirnya kita dikaruniai anak, maka bersyukur, jika tidak, maka yakinlah kita akan mendapatkan pahala atas doa kita dan juga yakini bahwa ini adalah jalan terbaik untuk kita.

Doa Agar Cepat Hamil Anak Laki-Laki

Apapun jenis kelamin anak, baik laki laki atau perempuan hakikatnya sama, tapi ada kalanya kita menginginkan jenis kelamin tertentu, dan ini tidak mengapa kita meminta jenis kelamin tertentu kepada Allah.

Tapi jangan sampai kita tidak bersyukur atas anak yang di titipkan Allah kepada kita yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Ada redaksi doa dari salah satu Ulama mazhab Syafi’i yang bernama Syekh Sulaiman Al-Bujairami Hasyiyah dalam kitabnya Bujairami ‘ala al-Khatib.

Beliau menerangkan jika ingin mendapatkan anaklaki laki maka membaca doa sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَللَّهُمَّ إِنِّي أُسَمِّي مَا فِي بَطْنِهَا مُحَمَّدًا فَاجْعَلْهُ لِي ذَكَرًا

Latin: “Bismillahirahman nirahim, Allahumma inni usammi ma fii bathina Muhammadan, fa’alhu li dzakaran”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, wahai Allah saya akan menamakan anak yang di perut ibunya Muhammad, maka jadikanlah laki-laki.”

Ibnu Abi Al-Dunya dalam kitab Mujabud Da’wah juga menyebutkan doa agar di berikan anak laki laki, dengan doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ ذَكَرًا مَيْمُونًا مُبَارَكًا، صَالِحًا تَقِيًّا

Latin:” Allohummaj’alhu dzakaron maumunan mubarokan shoolihan taqiyyan”

Artinya: Ya Allah, jadikan janin (yang dikandung) sebagai anak laki-laki yang beruntung dan yang diberkahi, sholih dan bertakwa.

Keterangan: Doa ini diucapkan sambil mengusap perut oleh suami maupun yang ibu yang mengandung.

Wallahu a’lam, doa agar di berikan anak laki laki di atas bukan berdasarkan hadits, hanya pendapat ulama saja, sebenarnya kita bisa meminta langsung kepadaAllah dengan doa yang kita pahami, misal:

“Ya Allah jadikanlah anak yang di kandung ini anak laki laki shalih yang akan menjadi penyejuk mata dan berguna untuk Agama”

Doa Agar Cepat Hamil Anak Perempuan

Kalau doa agar di berikan anak perempuan kami belum menemukan redaksi dari hadits maupun ucapan ulama, maka kita bisa berdoa dengan bahasa indonesia atau bahasa ibu yang kita pahami,seperti halnya doa meminta anak lelaki di atas, misal:

“Ya Allah jadikanlah anak yang di kandung ini adalah anak perempuan yang shalihah yang akan menjadi penyejuk mata dan berguna untuk Agama”

Atau kita bisa berdoa dengan redaksi apapun sesuai dengan keinginan kita, dan jangan lupa untuk menyisipkan dalam doa kita agar anak tersebut salih atau shalihah.

Karena pada kenyataannya banyak kita dapati anak yang durhaka dan malah menjadi beban, sehingga penting untuk kita meminta anak yang salih atau shalihah dan bisa menjadi penyejuk mata kita.

Doa Harian Agar Cepat Hamil

Doa doa di atas, bisa kita amalkan sebagai doa harian agar cepat hamil, dan usahakan juga berdoa di waktu-waktu yang utama, agar kekuatan doa kita menjadi lebih makbul.

Waktu waktu mustajab untuk berdoa adalah, di sepertiga malam setelah sholat tahajud, antara adzan dan iqomah, saat permulaan turun hujan dan bada Ashar pada hari jumat sampai masuk waktu maghrib.

Seperti kami tuliskan di awal bahwa ikhtiar untuk cepat hamil selain doa adalah dengan melakukan amalan shalih juga istighfar, lalu adakah bacaan istighfar khusus agar cepat hamil?.

Doa Agar Cepat Hamil Setelah Berhubungan

Mengapa kami membuat sub judul “doa agar cepat hamil setelah berhubungan”?, karena kamidapatkan banyak sekali orang yang mencari frasa kata kunci tersebut di mesin pencari.

Kami katakan, bahwa tidak ada doa tersebut dari nash Al Quran dan Hadits, yang ada adalah doa sebelum jima antara suami dan istri, yang tujuannya bukan untuk mempercepat kehamilan.

Tapi agar jika dari jima tersebut terjadi kehamilan maka anak yang dikandung akan di jauhkan dari godaan syetan, doa sebelum jima tersebut adalah sebagai berikut:

بِاسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Latin: “Bismillah Allahumma jannibna syaitoon wa janibis syaithoon maa rozak tanna”

Artinya: Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

Baca doa di atas sebelum melakukan hubungan suami istri dan jadikan kebiasaan, agar anak yang kita hasilkan bisa terhindar dari godaan syetan dan tentu kita akan mendapatkan pahala.

Istighfar Agar Cepat Hamil

Istighfar atau memohon ampun kepada Allah adalah salah satu amalan yang banyak sekali manfaatnya, di antaranya adalah agar diberikan rezeki,dijauhkan dari mara bahaya dan juga bisa untuk memperoleh banyak anak, sebagaimana dalam firmannya dalam Al Quran surat Nuh ayat 10 -12 berikut:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا* يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَارًا* وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَارًا

Artinya: “… istighfarlah kepada Rabb-mu karena sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan menciptakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu.” [QS. Nuh ayat 10-12].

Lalu pertanyaannya adakah bacaan istighfar khusus agar cepat hamil?, jawabnya tidak ada, tetapi bacaan istighfar tersebut adalah bacaan istighfar umum yang sudah kita hafal.

Beberapa lafaldz bacaan istigfar tersebut adalah sebagai berikut:

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Latin: “Astaghfirullahal ‘azhiim”.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung”.

Keterangan: Bisa diucapkan hanya “Astaghfirullah ” saja tatkala selesai sholat wajib.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

Latin: “Rabbighfirli watub ‘alayya innaka antat tawwabur rahiim”.

Artinya: “Ya Allah mohon ampunilah hambamu dan terimalah tobat-ku, sesungguhnya Engkau Maham Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Keterangan: Bacaan ini di baca sebagai dzikir dan doa setelah sholat dhuha, bisa dibaca sebanyak 100 kali setelah sholat dhuha.

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin: “Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta, khalaqtanii wa-anaa ‘abduka, wa-anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu, a’uudzubika minsyarri maa shana’tu, abuu-ulaka bini’matika ‘alayya, wa-abuu-u bidzanbii faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudzdzunuuba illaa anta.”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedangkan aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu. Dan aku berjanji kepada Engkau dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui Engkau atas nikmat Engkau terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Keterangan: Ini adalah Sayidul Istighfar, dibaca pada waktu dzikir pagi dan sore.

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيم, الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوم. وَأَتُوبُ إِلَيْه

Latin: “Astaghfirullahal ‘azhiim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuum, wa atubu ilaih”.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tiada tuhan selain Allah Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.”

Keterangan: Bacaan istighfar ini bisa kita ucapkan sesering mungkin, bisa saat kita melakukan aktifitas ataupun saat kita mempunyai luang waktu.

Kesimpulan

Bersabar atas semua ujian ini, dan yakini semua yang Allah takdirkan kepada kita adalah yang terbaik untuk kita.

Berdoa kepada Allah dengan doa yang terdapat dalam Al Quran, sebagaimana doa Nabi Ibrahim dan Zakariya berikut:

رَبِّ هَبْ لى‏ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَميعُ الدُّعاء

Latin: “Rabbi hablii min-ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii’uddu’a.”

Artinya: “Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.[QS. Ali ‘Imran ayat 38]

رَبِّ لا تَذَرْنى فَرْداً وَأَنْتَ خيْرُ الوارِثينَ

Latin: “Rabbi la tadzarnii fardan wa anta khairal waaritisiin.”

Artinya: “Ya Rabbi janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik”.[QS Al Anbiya’: 89]

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Latin: Rabbi hab li minaṣ ṣaliḥin

Artinya: Ya Rabbi , anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. [QS As Saffat ayat 100]

Perbanyak Istighfar dan beramal shalih agar doa dan keinginan kita untuk memiliki anak dikabulkan oleh Allah ta’ala.

Boleh meminta agar kita dikaruniai anak perempuan atau wanita, tapi semua kita kembalikan kepada Allah karena Allah lah yang mengatur semua itu, sebagaimana firmannya dalam surat Asy Syura ayat 49-50 berikut:

لِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ يَهَبُ لِمَنْ يَشَاءُ إِنَاثًا وَيَهَبُ لِمَنْ يَشَاءُ الذُّكُورَ (49) أَوْ يُزَوِّجُهُمْ ذُكْرَانًا وَإِنَاثًا وَيَجْعَلُ مَنْ يَشَاءُ عَقِيمًا إِنَّهُ عَلِيمٌ قَدِيرٌ

Artinya: “Hanya milik Allah kerajaan langit dan bumi. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberi anak perempuan kepada siapa saja yang Dia kehendaki, dan Dia memberi anak laki-laki kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Atau Dia memberi sepasang anak perempuan dan laki-laki. Dia juga yang menjadikan siapa saja yang Dia kehendaki sebagai orang mandul. Sesunguhnya Dia Maha Mengetahui dan Maha Kuasa.” [QS. As-Syura: 49 – 50].

Demikian bacaan doa agar cepat hamil dan beberapa amalan yang bisa kita lakukan supaya kita bisa diberikan anak oleh Allah ta’ala. Wallahu a’lam.

Baca juga:

Speak Your Mind

*