Doa Agar Cepat Haid atau Menstruasi Menurut Islam

Doa agar cepat haid atau menstruasi menurut Islam latin (dalam bahasa indonesia) dan cara alami agar bisa haid, simak penjelasan dalam artikel ini.

doa agar cepat haid

Haid Menurut Islam

Apa itu haid?, haid atau menstruasi menurut islam adalah darah yang keluar dari pangkal rahim melalui kemaluan wanita dalam waktu tertentu dan wanita tersebut dalam keadaan sehat juga bukan setelah melahirkan.

Jika darah yang keluar setelah melahirkan maka bukan haid, tapi dinamakan dengan darah nifas.

Haid yang terjadi pada wanita adalah atas kehendak Allah, dan tujuan maslahat dari haid adalah untuk kemaslahatan dan kesehatan wanita itu sendiri, dalam kaidah fikih disebut dengan maqasid syariah.

Tapi terkadang ada wanita yang tidak lancar dalam proses terjadinya haid ini, yang pada umumnya wanita haid terjadi setiap bulan dengan waktu yang tetap.

Tapi wanita yang haidnya tidak lancar biasanya terlambat lebih dari 35 hari tapi tidak sampai 90 hari, lalu apakah ada doa agar wanita cepat datang bulan?. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang penyebab haid tidak teratur.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Menstruasi atau haid yang tidak lancar dan terlambat menjadi masalah tersendiri bagi seorang wanita, karena ini indikator adanya masalah dalam tubuhnya, kita perlu tahu terlebih dahulu apa penyebab dari terlambatnya haid tersebut.

Dikutip dari alodokter.com, Penyebab haid tidak lancar antara lain karena:

  1. Menopause
    Menjelang menopause, menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Ini karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.
  2. Kehamilan
    Jika menstruasi Anda terhenti atau terlambat, cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda hamil. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG.
  3. Alat kontrasepsi
    Menggunakan alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral), KB suntik, atau pil KB, memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi. Dapat juga terjadi keluarnya sedikit darah pada awal penggunaan pil KB, namun ini akan berhenti setelah beberapa bulan penggunaan.
  4. Pola hidup sehari-hari
    Jika Anda melakukan olahraga yang berlebihan atau berat badan Anda turun drastis, hal itu bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau obesitas. Tidak hanya perubahan berat badan, stres, kurang tidur (misalnya karena gangguan kelenjar pineal) juga bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda.
  5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
    (PCOS) adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang. Testosteron dapat meningkat melebihi batas normal, yang mana seharusnya pada wanita hanya terdapat sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit. Sebagian wanita dengan PCOS juga mungkin akan mengalami keluhan lain, seperti tumbuh kumis atau rambut di bagian tubuh tertentu.
  6. Masalah pada tiroid
    Pada bagian leher Anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid Anda bermasalah, maka menstruasi Anda juga akan terpengaruh. Konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis endokrin. Dokter akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana kadar hormon tiroid dalam darah Anda.

Diagnosa Penyebab Haid Tidak Teratur

Setelah mengetahui apa penyebab dari haid yang tidak teratur tersebut, selanjutnya kita diagnosa secara pasti apa yang sebenarnya menjadi penyebab haid tidak teratur pada diri kita.

Hal ini bisa konsultasi ke dokter atau kita bisa mengira-ngira sendiri keadaan kita, karena kita yang lebih tahu akan kesehatan kita sendiri.

Jika ternyata semua sehat dalam arti tidak dalam masa monopose, tidak sedang hamil dan tidak ada penyakit tertentu. Maka kita bisa memanjatkan doa dan mencari cara secara medis agar haid kembali normal.

Doa Agar Cepat Haid

Seorang muslimah yang taat dan yakin akan kebesaran dan kemaha kuasan Allah atas semua makhluknya, maka hal pertama yang harus kita lakukan sebelum mencari pengobatan medis adalah berdoa kepada Allah agar masalah haid yang kita alami bisa teratasi.

Untuk doa agar cepat haid sendiri, kami belum menemukan doa khusus yang berkenaan dengan haid, tapi secara umum ada doa yang di tujukan untuk kesembuhan suatu penyakit. Dan kita bisa memakai doa ini untuk meminta kepada Allah agar di lancarkan haid pada diri kita.

Salah satu doa umum untuk kesembuhan suatu penyakit ada dalam surat Al-Anbiya ayat 83, yaitu permohonan dari Nabi Ayub Alaihissalam kepada Allah.

Doa Agar Cepat Haid Arab

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Doa Agar Cepat Haid Latin

“Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.”

Arti Doa Agar Cepat Haid

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Ada juga hadist shahih riwayat Bukhari tentang permohonan doa kesembuhan dari rasa sakit, sebagai berikut:

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Latin: “Allahumma Rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqman.”

Artinya: “Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.”  [HR Bukahari].

Baca Juga: Cara Mandi Wajib Untuk Laki Laki Yang Benar

Doa Agar Cepat Haid Dalam Bahasa Indonesia

Di atas adalah doa yang secara umum untuk meminta kesembuhan dari penyakit, di samping itu kita juga sebenarnya bisa meminta doa untuk memperlancar haid kita secara langsung dengan menggunakan bahasa kita sendiri.

Karena hakikatnya Allah mengetahui apapun doa yang kita ucapkan, jangankan doa, isi hati kita saja Allah mengetahuinya.

Untuk doa dalam bahasa indonesia atau bahasa ibu kita bisa menggunakan redaksi apapun, selama maksud dari redaksi katanya adalah baik dan menunjukan permohonan kita kepada Allah.

Misalkan:

“Ya Allah yang maha kuasa, yang maha menyembuhkan, yang tiada sesembahan yang berhak selain Engkau, aku mohon untuk diberikan kelancaran haid saya, cepatkanlah haid saya sesuai dengan waktunya,berilah kepada saya kesehatan, ya Allah yang maha pemurah dan maha mengabulkan doa, kabulkanlah doa saya”

Catatan:

Usahakan kita dalam keadaan suci atau dalam keadaan berwudhu, sebelum memanjatkan doa, perbanyak istighfar dan ucapkan sholawat kepada Nabi.

Iringi juga dengan amalan salih lainnya,seperti sedekah, baca Quran, sholat sunnah dan lainnya agar doa kita cepat di kabulkan.

Tips Ikhtiar Secara Alami Agar Haid Lancar

Selain doa, kita juga perlu ikhtiar dengan melakukan beberapa tips berikut agar cepat haid, diantaranya adalah:

  • Banyak minum air putih
    tubuh kita sebagian besar kandungannya adalah air, jika kekurangan air atau dehidrasi maka akan berbahaya bagi tubuh, dan air putih juga akan mengembalikan kesegaran tubuh, sehingga bisa untuk membuat haid lancar.
  • Minum atau konsumsi vitamin C
    Mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup di percaya dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan menurunkan kadar hormon progesteron. Dalam kondisi seperti ini dapat membuat rahim berkontraksi dan mempercepat datangnya haid.
  • Minum wedang jahe
    Jahe adalah salah satu obat tradisional yang diyakini bisa mempercepat datangnya haid, sekaligus dapat memicu kontraksi di rahim. Sehingga wanita akan cepat haid.
  • Konsumsi Kunyit
    Konsumsi kunyit juga diyakini dapat memengaruhi kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh.
    Jika jahe cocok dijadikan teh hangat, maka kunyit lebih cocok dijadikan tambahan bumbu dalam masakan.
  • Minum air kelapa
    Ya, air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit.
    Memiliki banyak kandungan antioksidan alami, air kelapa hijau sangat baik diminum bagi kesehatan tubuh. Manfaatnya akan terasa pada semakin sehatnya reproduksi wanita.
  • Terapkan pola hidup sehat
    Stress adalah salah satu penyebab dari tidak lancarnya haid, dengan berolahraga secara teratur, istirahat cukup dan asupan yang seimbang, maka secara langsung akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita yang pada akhirnya akan membuat lancar siklus menstruasi.
  • Kompres atau mandi air hangat
    Salah satu cara alami yang bisa kita lakukan di rumah untuk mempercepat datangnya haid adalah dengan kompres atau mandi air hangat. Selain membantu mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang, hal ini juga membantu menghilangkan stres.

Setelah kita berdoa dan melakukan ikhtiar seperti di atas, maka kita serahkan hasilnya kepada Allah, karena Allah sajalah yang bisa membuat penyakit dan keluhan haid kita lancar.

Doa Haid Pertama

Banyak dari wanita muslimah mencari di google tentang doa haid, maksudnya adalah doa saat datang bulan. Dan sampai saat ini kami belum menemukan dalil yang sahih terkait doa haid pertama ini.

memang ada salah satu doa haid di dalam kitab Dzurratun Nasihin karya Utsman bin Hasan Ahmad Syakir al Khubawi, tapi kitab ini di kalangan ulama menjadi perdebatan, karena di dalamnya memuat banyak hadits palsu.

Kami tidak akan menuliskan hadits tersebut, karena kami tidak tahu akan ke validannya, yang akan kami kutip adalah teks doanya sebagai berikut:

الْحَمْدُللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ

Latin: Alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin

Artinya: Segala puji bagi Alah atas segala perkara, dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segenap dosa.

Doa yang bagus dan tidak ada masalah dengan doa tersebut, tapi akan menjadi masalah jika kita mengaitkan doa tersebut dengan mengatas namakan hadits, padahal itu bukan hadits, dan ini artinya kita berdusta atas nama Nabi.

Jika kita ingin mengucapkan syukur atas datangnya haid, maka cukupkan dengan membaca “hamdalah”, atau kalau kita teringat dosa maka ucapkan istighfar, karena ucapan syukur dan istigfar sifatnya umum.

Ingat untuk mengamalkan sesuatu yang itu berkaitan dengan waktu, jumlah dan cara, maka harus ada dalil yang sahih yang menjadi landasannya. Jika kita melakukan hal yang demikian maka itu di namakan dengan bid’ah dalam agama.

Jadi kesimpulannya, tidak ada doa khusus saat kita datang bulan atau haid, jika kita mau mensyukuri nikmat datang bulan, maka cukup ucapkan alhamdullillah. Wallahu a’lam.

Ayat Al-Quran Tentang Wanita Haid

Karena bahasan kali ini tentang haid, kami berikan tambahan ayat Al Quran yang berkaitan dengan haid.

Ayat Al-Quran tentang wanita haid terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 222, At-Talaq Ayat 4 dan An-Nur Ayat 60.

Al Baqarah ayat 222

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. [QS Al Baqarah ayat 222].

At-Talaq Ayat 4

وَٱلَّٰٓـِٔى يَئِسْنَ مِنَ ٱلْمَحِيضِ مِن نِّسَآئِكُمْ إِنِ ٱرْتَبْتُمْ فَعِدَّتُهُنَّ ثَلَٰثَةُ أَشْهُرٍ وَٱلَّٰٓـِٔى لَمْ يَحِضْنَ ۚ وَأُو۟لَٰتُ ٱلْأَحْمَالِ أَجَلُهُنَّ أَن يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مِنْ أَمْرِهِۦ يُسْرًا Arab-

Artinya: Dan perempuan-perempuan yang tidak haid lagi (monopause) di antara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentang masa iddahnya), maka masa iddah mereka adalah tiga bulan; dan begitu (pula) perempuan-perempuan yang tidak haid. Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya [At-Talaq Ayat 4]

An-Nur Ayat 60

 وَٱلْقَوَٰعِدُ مِنَ ٱلنِّسَآءِ ٱلَّٰتِى لَا يَرْجُونَ نِكَاحًا فَلَيْسَ عَلَيْهِنَّ جُنَاحٌ أَن يَضَعْنَ ثِيَابَهُنَّ غَيْرَ مُتَبَرِّجَٰتٍۭ بِزِينَةٍ ۖ وَأَن يَسْتَعْفِفْنَ خَيْرٌ لَّهُنَّ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tiada ingin kawin (lagi), tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan, dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Bijaksana [An-Nur Ayat 60]

Demikian bahasan kali ini tentang doa haid, doa agar cepat haid, cara agar cepat haid secara alami dan ayat Al Quran tentang wanita haid. Wallahu a’lam.


Speak Your Mind

*