Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan yang baik dan benar, tidak lupa kami sertakan juga template dalam file doc atau word yang bisa di edit dan tinggal di gunakan.

Sebagai lulusan baru atau fresh graduate mencari pekerjaan adalah hal yang lumrah dan wajib di lakukan, karena memang sebagian kita bersekolah agar bisa bekerja di suatu perusahaan atau instansi.

Apalagi kita bersekolah di sekolah kejuruan menengah dan tidak melanjutkan kuliah atau sebagian besar mahasiswa yang baru lulus kuliah, maka mencari pekerjaan seakan hukumnya wajib.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di PT

Target para fresh graduate adalah bekerja di suatu perusahaan, baik itu PT (Perseroan Terbatas) atau CV (Commanditaire Venootschap atau perseroan komanditer.

Beda PT dengan CV tentu dari badan hukumnya dan bahasan ini akan sangat panjang , yang pasti PT lebih besar dari CV, tapi untuk langkah awal apapun itu bentuknya baik PT atau CV kalau ada lowongan maka sebaiknya kita ajukan lamaran.

Setelah kita mendapatkan lowongan pekerjaan di sebuah PT, langkah selanjutnya adalah membuat surat lamaran, lalu bagaimana cara membuatnya?, Baca artikel kami tentang cara membuat surat lamaran kerja, di artikel itu sudah di jabarkan secara jelas tentang struktur dan isi dari sebuah lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

contoh surat lamaran kerja di PT

Kita langsung lihat saja bagaimana contoh surat lamaran kerja yang kita ajukan kepada suatu perusahaan atau PT.

Berikut adalah contoh lamaran kerja untuk ke PT sebagai pekerja kantor.


Bandung, 13 Juli 2021

Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 5

Kepada Yth, Manager Personalia
PT. Indah Ayu Cantik
Di Karawang

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari PT. Indah Ayu Cantik, pada website Tech In Asia 21 Februari 2021. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Digital Marketing sebagai SEM Specialist di PT. Indah Ayu Cantik. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama                             : Abdurahman Sudais

Tempat, Tgl Lahir       : Pekalongan, 29 Desember 1988

Umur                             : 24 tahun

Pendidikan Terakhir  : Universitas Islam Madinah (S1)

Alamat                           : Jl. Lengkong Selatan Bandung Barat

Telepon                         : 0888 9999 7777

E-mail                           : abdurahman@gmail.com

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan lancar berbahasa Inggris secara lisan dan tulis. Predikat lulusan di disiplin ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan serta memiliki kemampuan copywriting yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan target dan telah memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun sebagai SEM Specialist.

Saat ini saya bekerja sebagai staff finance di PT. Gundik Ayu. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah S1 dan transkrip nilai.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.

Besar harapan Saya Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Abdurahman Sudais


Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Lulusan SMK

Lulusan SMK yang fresh graduate saat ini sangat banyak sekali, yang artinya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin berat.

Tapi jangan khawatir karena sejatinya urusan rezeki sudah Allah tentukan untuk setiap makhluknya, sebagai ikhtiar kita, maka kita harus tahu bagaimana cara membuat lamaran yang baik dan benar, berikut contoh surat lamaran pekerjaan bagi lulusan SMK.


Jakarta, 1 September 2021

Hal: Lamaran pekerjaan
Lampiran: 5 lembar

Kepada Yth, Manager Personalia
PT. Antik Sedaya
Di Jalan Kebangsaan No. 12 Surabaya

Berdasarkan iklan yang dimuat di situs jobsurabaya.com tanggal 13 Agustus 2021 yang isinya menyatakan bahwa perusahaan PT Antik Sedaya membutuhkan karyawan dalam bidang produksi maka saya yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama                            : Ari setiawan

Tempat tanggal lahir: surabaya, 18 Juni 1986

Alamat                          : Jalan melati merah no 2s surabaya

Pendidikan terakhir   : SMK Negeri I surabaya ( jurusan mesin industri )

Status                             : Lajang

No HP                            : 0867298876729

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yang bapak pimpin, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotokopi KTP yang masih berlaku
3. Fotokopi ljazah pendidikan terakhir
4. Fotokopi Surat pengalaman kerja
5. Pas foto 4×6

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Atas perhatian bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ari setiawan


Download contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan dalam file Word dan PDF dengan klik Download. setelah anda download, anda bisa edit dan sesuaikan dengan lowongan yang akan anda lamar.

Hal Penting Sebelum Melamar di PT

Sebelum kita membuat surat lamaran yang akan di tujukan kesebuah PT, kita harus memperhatikan beberapa hal agar tidak ada kesalahan yang tidak perlu yang dapat merugikan kita.

Baca dan perhatikan baik baik iklan lowongan pekerjaan yang kita dapatkan, apa yang perlu di perhatikan?.

Yang perlu diperhatikan adalah syarat dan ketentuan, diantaranya:

Spesialisasi, apakah perusahaan tersebut membutuhkan seseorang yang mempunyai keahlian tertentu, jika iya dan kita tidak memiliki bidang yang di maksud, maka alangkah baiknya kita tidak membuang energi untuk mengajukan lamaran.

Misal di dalam lowongan menjelaskan bahwa perusahaan membutuhkan seorang tukang las, dan kita tidak bisa mengelas, maka percuma saja kita melamar karena pasti akan di tolak.

Pendidikan, apakah ada batasan minimal dari pendidikan, misal di butuhkan tenaga kerja untuk bagian staff marketing dengan lulusan minimal S1 Ekonomi. Dan kita hanya seorang lulusan SLTA.

Jika kita tidak ada pengalaman di bidang Marketing, maka sebaiknya jangan melamar karena akan di tolak, tapi jika kita mempunyai pengalaman di bidang marketing, bisa kita ajukan dan tulis pengalaman kita, biasanya ini akan menjadi pertimbangan.

Pengalaman, apakah perusahaan tersebut mensyaratkan pelamar untuk mempunyai pengalaman di bidang tertentu?, jika iya dan kita tidak mempunyai pengalaman tersebut maka.

Jika kita mempunyai pendidikan yang sesuai dengan lowongan tersebut silahkan ajukan lamaran, karena ini akan menjadi pertimbangan, tapi kalau kita tidak penya pegalaman dan pendidikan kita tidak sesuai maka jangan melamar.

Yang terakhir, baca dengan seksama, perihal alamat, bagian yang menerima lamaran dan alamat, karena itu semua harus di tulis di dalam surat lamaran dan semuanya harus sesuai dengan yang ada di informasi lowongan yang kita dapatkan.

Misal di dalam informasi lowongan di sebutkan surat lamaran di kirimkan ke bagian Supervisor Manufakturing PT angin sepoi sepoi dengan alamat, Jl Rasuna Said No 21 Jakarta.

Maka kita tuliskan Kepada Yth, Supervisor Manufakturing PT Angin Sepoi Sepoi di Jl Rasuna Said No. 21 Jakarta, jangan anda menuliskan kepada Yth, HRD PT Angin Sepoi Sepoi.

Mengapa demikian, karena ini akan menggambarkan siapa kita, teliti dan profesional atau tidak, belum lagi apakah ada syarat khusus terkait lamaran, seperti lamaran harus tulis tangan, maka kita harus membuat lamaran dengan cara di tulis.

Baca contoh surat lamaran kerja tulis tangan, dan apa manfaatnya serta apa yang harus di perhatikan dalam membuat surat lamaran tulis tangan tersebut.

Demikian bahasan kali ini tentang contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan, semoga bermanfaat dan semoga kita bisa bekerja di suatu perusahaan yang tepat.

Yang berkaitan:
contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan tulis tangan
contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan 2022
contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan pabrik
contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan pdf

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Contoh CV Lamaran Kerja Menarik

Speak Your Mind

*