Contoh Surat Gugatan Cerai Istri Kepada Suami Pdf

Contoh surat gugatan cerai istri kepada suami dalam bentuk tulisan dan file pdf yang bisa di download dan di pergunakan sebagaimana mestinya.

Dalam mahligai pernikahan, setiap orang tidak menginginkan adanya perceraian, karena perceraian akan mengakibatkan banyak sekali kerugian, kesusahan dan ke mudharatan.

Tapi adakalanya perceraian adalah jalan yang terpaksa harus di pilih karena pertimbangan dari maslahat dan mafsadatnya.

Jika suami yang menginginkan perceraian, maka secara Agama Islam, bisa jatuh talak atau perceraian hanya dengan mengucapkan kepada Istri kalimat talak.

Seperti, saya cerai kamu, atau saya talak 1 kamu atau ucapan yang semisal, yang maksud dan tujuannya adalah mencerai istrinya.

Untuk bahasan Suami yang mencerai istri, tahapan tahapannya (pengurusan ke pengadilan) nanti akan kami buatkan artikel tersendiri. Karena artikel ini kami khususkan untuk Istri yang menginginkan perceraian.

Lalu bagaimana dengan wanita atau istri yang menginginkan perceraian?

Tentu tidak semudah seperti suami, yang hanya tinggal ucapkan kalimat talak, Tapi Istri harus mempunyai alasan syar’i kenapa meminta cerai, dan prosesnya harus melalui pengadilan agama, dan yang pertama adalah dengan membuat surat gugatan cerai ke pengadilan agama setempat.

Lalu bagaimana cara membuat surat gugatan cerai istri kepada suami yang di tujukan kepada pengadilan agama?.

Surat Gugatan Cerai Istri Kepada Suami

contoh surat gugatan cerai istri kepada suami pdf

Sebelum membuat surat gugatan cerai, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, apa saja syarat dan kelengkapan dokumen yang di butuhkan juga bagian penting dari surat gugatan cerai tersebut, berikut uraiannya.

Syarat Mengajukan Gugatan Cerai

    1. Istri (penggugat) membuat surat gugatan cerai di tujukan kepada Pengadilan Agama setempat dimana Istri tinggal. Hal ini dibuktikan dengan KTP Istri, Misal Istri tinggal atau berktp di Cilegon dan suami berktp di jakarta, maka istri mengajukan gugatan ke pengadilan Agama Cilegon.
    2. Ada alasan kuat mengapa Istri ingin bercerai dengan Suami, alasan yang bisa di terima pengadilan Agama tersebut ada 6 point, diantaranya adalah:
      1. Suami berbuat zina atau menjadi pemabok, pemadat, penjudi, dan lain sebagainya yang sukar disembuhkan;
      2. Suami meninggalkan isteri selama 2 (dua) tahun berturut-turut tanpa izin isteri dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain diluar kemampuannya;
      3. Suami mendapat hukuman penjara 5 (lima) tahun atau hukuman yang lebih berat setelah perkawinan berlangsung;
      4. Suami melakukan kekejaman atau penganiayaan berat yang membahayakan Isterinya;
      5. Suami mendapat cacat badan atau penyakit dengan akibat tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami;
      6. Antara suami dan isteri terus-menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga.

Pilih salah satu alasan di atas, agar gugatan bisa di terima oleh pengadilan agama.

Tambahan Tuntutan

Dalam surat gugatan, istri juga bisa menambahkan beberapa tuntutan lain yang berhubungan dengan Hak asuh Anak, Nafkah dan harta gono gini (harta bersama), berikut rinciannya:

  1. Tuntutan Nafkah Terutang, penjelasan: jika selama waktu tertentu dalam pernikahan tersebut, Suami ternyata tidak memberikan nafkah kepada isteri, maka isteri bisa menuntut atau meminta agar Hakim memberikan hukuman kepada suami untuk membayar nafkah terutang kepada Istri.
  2. Tuntutan Hak Asuh Anak, Penjelasan: yaitu isteri berhak untuk meminta atau mendapatkan hak pengasuhan atas anak yang belum mumaziz  atau anak yang usianya dibawah 12 tahun.
  3. Tuntutan Nafkah Anak sampai dewasa (21 tahun), Penjelasan:  jika hak asuh anak nantinya anda dapatkan, maka hakim atas permintaan Istri dapat menentapkan agar mantan suami bisa memberikan nafkah kepada anak tersebut  sampai anak tersebut dewasa atau berumur 21 tahun.
  4. Tuntutan Nafkah Idah, Penjelasan: nafkah idah adalah nafkah yang di dapat Istri selama masa idah, yaitu selama 3 bulan lamanya.
  5. Tuntutan Nafkah Mut’ah, Penjelasan: nafkah idah adalah nafkah hadiah yang bisa diminta oleh isteri kepada hakim agar suami ditetapkan agar membayar nafkah Mut’ah (hadiah) kepada mantan isterinya.

Tuntutan tuntutan tersebut akan di putuskan hakim setelah melihat dari bukti dan fakta persidangan.

Bukti dan Syarat Dokumen yang Harus di Siapkan

Sebelum mengajukan gugatan, sebaiknya Istri menyiapkan beberapa bukti dokumen seperti di bawah ini, agar persidangan dan juga tuntutan di kabulkan oleh hakim, bukti atau dokumen yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Bukti Pernikahan yang sah yaitu berupa Buku Nikah yang dikeluarkan oleh KUA, tidak bisa menggunakan surat keterangan nikah siri (bagi yang menikah siri)
  • Bukti Domisili sebagai Penggugat berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Bukti kelahiran anak yang berupa Akta Lahir Anak dari Catatan Sipil.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Bukti-bukti dari alasan kenapa meminta perceraian.
  • Bukti Penghasilan suami, jika akan menuntut Nafkah kepada suami.
  • Bukti tentang Harta Bersama (harta gono gini), jika ingin mengajukan gugatan pembagian harta bersama.

Point Penting Membuat Surat Gugatan Cerai

Setelah mantap dan yakin bahwa perceraian adalah jalan terbaik, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat surat gugatan yang di tujukan kepada pemgadilan, berikut ini adalah hal penting yang harus ada di dalam surat tersebut.

  1. Perihal atau nama surat
  2. Waktu pembuatan surat
  3. Di tujukan kepada Pengadilan Agama Setempat
  4. Nama atau data diri penggugat (Istri) sesuai dengan KTP
  5. Isi atau keterangan bahwa penggugat mengajukan cerai kepada Suami
  6. Nama atau data diri Tergugat (Suami) sesuai dengan KTP
  7. Menyampaikan alasan kenapa Tergugat menginginkan perceraian
  8. Penutup, menyampaikan harapan agar gugatan di terima
  9. Bubuhkan tanda tangan penggugat di atas materai

Contoh Surat Gugatan Cerai Istri Kepada Suami

Berikut kami berikan contoh dan panduan bagaimana membuat permohonan surat gugatan cerai istri kepada suami yang di tujukan kepada pengadilan Agama.

Contoh


Perihal : Gugatan Perceraian                                             Cilegon, 21 Agustus 2020

Kepada

Yth. Ketua Pengadilan Agama Cilegon di-

Cilegon

Assalamu’alaikum wr. wb.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Cintia Bella Rahma, umur 35 tahun, agama Islam, pendidikan terakhir S1, pekerjaan wirausaha, bertempat tinggal di Kecamatan cilegon Kota cilegon, untuk selanjutnya mohon disebut sebagai Penggugat;

Dengan ini mengajukan gugatan cerai terhadap:

Nama: Arif Siga Cau, umur 37 tahun, agama Islam, pendidikan terakhir SD, pekerjaan kuli banguna, bertempat tinggal di Kecamatan cilegon Kota cilegon, untuk selanjutnya mohon disebut sebagai Tergugat;

Adapun alasan-alasan diajukannya gugatan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Bahwa Penggugat telah melangsungkan perkawinan dengan Tergugat pada tanggal 28 Januari 2000 sebagaimana terbukti dari bukti Kutipan Akta Nikah Nomor : 401/28/I/2000 tertanggal 28 Januari 2000 yang telah dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon;
  2. Bahwa setelah menikah, Penggugat dan Tergugat bertempat tinggal sebagai suami istri di rumah orangtua Penggugat selama 1 minggu, kemudian pindah di rumah Tergugat selama 9 tahun, telah berhubungan sebagaimana layaknya suami istri dan dikaruniai 3 orang anak bernama :
    1. Arif Siga Samangka, umur 13 tahun
    2. Adel Siga Peyem, umur 8 tahun
    3. Bayu Siga Terong, umur 4 tahun;
  3. Bahwa semula kehidupan rumah tangga Penggugat dan Tergugat harmonis dan bahagia, namun sejak bulan Mei 2007 keadaannya mulai tidak harmonis lagi dan sering terjadi perselisihan dan pertengkaran;
  4. Bahwa awal mula terjadinya perselisihan dan pertengkaran tersebut disebabkan Tergugat kerja di luar kota pulangnya 1 sampai 2 bulan sekali, dan tinggal di rumah hanya 2 hari, sikapnya berubah dingin atau tidak peduli dengan Penggugat bahkan tidak mau diajak berhubungan badan dan Uang belanjanya berkurang. Hal tersebut dilakukan setiap kali pulang dan jika ditanya tidak tidak menjawab;
  5. Bahwa melihat kondisi rumah tangga yang demikian itu, Penggugat masih tetap berusaha untuk memperbaiki, namun Tergugat sikapnya tetap tidak berubah;
  6. Bahwa terakhir terjadi pertengkaran dimana waktu itu Tergugat masih saja setiap pulang sikapnya cuek, lalu Penggugat bilang kalau memang berat pekerjaan dari pada keluarja tidak usah menjenguk keluarga, sejak saat itu Tergugat tidak pernah pulang ke rumah;
  7. Bahwa akibat perselisihan dan pertengkaran tersebut kini antara Penggugat dan Tergugat telah berpisah tempat tinggal selama kurang lebih 3 tahun dimana sekarang Penggugat tinggal di rumah adiknya sedang Tergugat tinggal di rumah sendiri;
  8. Bahwa selama berpisah Penggugat dan Tergugat sudah tidak ada komunikasi lagi sebagai suami istri;
  9. Bahwa melihat keadaan rumah tangga Penggugat yang demikian ini, Penggugat sudah tidak sanggup lagi untuk mempertahankannya dan jalan yang terbaik adalah bercerai dengan Tergugat;
  10. Penggugat sanggup membayar seluruh biaya yang timbul akibat perkara ini
  11. Bahwa berdasarkan alasan-alasan tersebut diatas, Penggugat mohon agar Ketua Pengadilan Agama Pasuruan cq Majelis Hakim Pengadilan Agama Pasuruan berkenan untuk memanggil para pihak, memeriksa, mengadili dan memutus perkara ini yang amarnya adalah sebagai berikut :

Primer :

  1. Mengabulkan gugatan Penggugat
  2. Menjatuhkan talak bain sughro Tergugat kepada Penggugat
  3. Menghukum Penggugat untuk membayar biaya perkara menurut hukum Subsider :

Mohon Putusan yang seadil-adilnya

Demikian surat gugatan ini Penggugat buat dan sudilah kiranya Ketua Pengadilan Agama Cilegon untuk mengabulkan gugatan tersebut;.

Wassalamu’alaikum wr. wb. Hormat Penggugat,

…(tanda tangan disini)…

Cintia Bella Rahma


Download Contoh Surat Gugatan Cerai Istri Kepada Suami Pdf dan Word

Jika dengan contoh atau panduang di atas, anda bisa membuatnya sendiri, maka silahkan anda sesuaikan isinya dengan keadaan anda, tapi kalau contoh tersebut ribet dan anda ingin praktis.

jangan khawatir, Kami sediakan contoh surat gugatan dalam bentuk pdf dan doc atau word yang bisa anda download, agar anda tinggal mengedit ulang dengan mudah.

Contoh surat gugatan file Pdf silahkan download.

Contoh surat gugatan file Doc atau word silahkan download.

Demikian contoh surat gugatan cerai istri kepada suami dalm bentuk pdf dan words atau doc, semoga bermanfaat, wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*